al ‘iLmu.. siapa yang tidak anggap ia penting?

Assalamu’alaikum…

“Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” [Az-Zumar:9].

“Allah meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” [Al-Mujadillah:11].

“Sesungguhnya orang yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” [Fathir: 28]

“Barangsiapa yang Allah menghendaki suatu kebaikan pada dirinya maka Dia memberinya pemahaman dalam masalah dien.” [HR. Bukhori Muslim]

“Kelebihan orang yang berilmu atas ahli ibadah ialah seperti kelebihan rembulan pada malam purnama atas seluruh bintang gemintang. Sesungguhnya orang-orang yang berilmu itu adalah para pewaris para nabi. Para nabi tidaklah mewariskan dinar dan dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barang siapa mengambil ilmu itu, berarti dia telah mengambil bagian yang banyak.” [HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban]

“Barang siapa meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah memudahkan jalan baginya ke surga.” [HR. Muslim]

Aku inget, dulu, waktu kelas 1 SMP, anak2 giliran setor hafalan juz Amma ke ustadz Agus, yang lagi ngapalin ada yang sambil jongkok di belakang kelas, ada yang duduk di pojok, di bangku, hadep2an. Pokoknya berisik kayak tawon. Yang udah setor, ngobrol, mainan.
Ustadz Agus baik banget setengah mati. Nggak pernah marah. Marahnya cuma negur sambil senyum. Makanya waktu Ustadz Agus pergi ke Jakarta abis nikah, pada sedih banget. Bahkan aku nggak ikut kondangan ke pernikahannya [kalo ga salah di Purbalingga] karena aku nggak kuat kalo naik mobil yg blum akrab.

Terus ada setor hafalan hadits sama ustadz Yunan yang cakep, trus sama Ustadz Muhibbin yang suka ngbanyol, ya sama lah, cuma lebih serius ini. Soalnya panjang juga, hehehe. Walaupun surat di juz amma juga panjang2….
Baru sadar, kalau semua itu sangat menyenangkan. Kenangan itu. Dan harusnya semua ilmu itu akan berharga di kemudian hari…
Masalahnya, ingatanku hampir kayak short term memory gitu, meski nggak separah Dory ‘Finding Nemo’. Dan aku nyesel nggak pinter bahasa Arab, cuma tahu dikit2. Jadi suka susah ngartiin kitab kuning. Lagipula, klo arab gundul, aku nol besar. Seandainya waktu bisa diputar..

Dari Abdullah bin Umar bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya permisalan orang yang menghafal Al-Qur’an semacam pemilik unta yang ditambatkan, kalau dia menjaganya (mengikatnya), maka dia tidak akan pergi, namun jika dilepas, maka dia akan pergi.” (HR Bukhari, Muslim, dan Malik dalam Al-Muwaththa’).

Mulai sekarang, jangan lupa catat semua iLmu yang kita dapat dan dengar, ingatan manusia dapat berkurang dalam hitungan detik. Kalo lupa, gimana mau ngamaLinnyah, ya kan? Ya dong?

Advertisements

4 thoughts on “al ‘iLmu.. siapa yang tidak anggap ia penting?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s