kematian itu datang..

Beberapa waktu lalu, teman lama saya datang. Dulu saya dan dia sangat akrab. Bahkan saya pernah menangis waktu dia akrab dengan teman barunya (malu nih).
Sudah lama, bertahun-tahun saya dan dia tidak bertemu. Karena kesibukan masing-masing juga. Hanya kadang dia telepon, karena saya tidak tahu harus menelepon ke mana untuk tahu kabarnya.
Saya kaget dan girang. Tentu saja. Dia sedikit lebih kurus dan lebih dewasa. Datang sendiri dan jalan kaki dari tempat berhenti angkot.
Saya merasa ada yang beda dengan dia. Biasanya kami saling melemparkan guyonan dan balas-balasan tertawa. Tapi tawanya kali ini sepi. Dan cenderung sedih.
Ternyata belum 1 minggu yang lalu ayahnya meninggal. Apa ini? Kenapa saya tidak tahu? Kenapa dia tidak memberitahu? Kenapa saya tidak mencari tahu?
Terlepas dari siapa yang salah. Saya sadar bahwa kematian tidak ada yang tahu kapan akan datang. Siapa pun itu.


“Tiap-tiap umat mempunyai ajal, maka apabila telah datang ajalnya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) mencepatkannya.” (QS Al-A’raf: 34)

Sebuah hadis Nabi s.a.w yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas r.a, bahwa Rasulullah s.a.w bersabda yang artinya:
“malaikat maut memerhati wajah setiap manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari.Ketika Izrail datang merenung wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak tawa. Maka berkata Izrail: Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah Taala untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih saja bersenang-senang dan bergelak tawa.”

Betapa kadang manusia tidak sadar bahwa setiap saat kematian dapat menghampiri kita dengan cara apa pun. Dan kita tidak mampu menolaknya.

Komen dong yuukkkzz :D

