zakat membuka kematian?

Pasti udah pada denger ya brita ini?
Bagi2 zakat sebesar 30 rbu, tanpa amil zakat, 5000 orang berdesakan, 21 orang meninggal..

Aku meringis2, ngeliat rekaman bagaimana mereka berjejalan, menjual nyawa demi 30rb..
Nggak bisa disalahkan sih, ini yg namanya niat benar caranya salah bukan y?
Mungkin kurang terorganisir ya, harusnya ada panitia, pake kartu, izin polisi…

beberapa waktu lalu, HMMK di kampusku ngadain Safari Ramadhan, intinya, bagi2 sembako buat tukang2 becak. Eh, ada sebuah paguyuban tukang becak, ngajuin proposal disertai perkataan “pokoknya harus kebagian semuanya, nggak boleh nggak adil” semacam itulah..

Whoaaa.. panitia gugup, padahal nggak sebanyak itu sembako yg dipunya..
Tapi Allah maha penolong, niat baik bisa diatasi…
Gimanapun juga, untuk mengiringi niat baik, harus ada suatu perhitungan cermat dan rasionalitas tinggi…

Seseorang dg pendapatan minim, tidak akan menyiakan kesempatan ini, meskipun harus berpeluhh..

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” QS. Al Baqarah :110

Advertisements

13 thoughts on “zakat membuka kematian?

  1. setuju niihhhwaktu saya liat di tv juga langsung sedih prihatin karena tiba-tiba terpikir separah itukah keadaan rakyat Indonesia?sehingga untuk mendapatkan 30 ribu harus berdesak-desakkan seperti itu?well ini pelajaran untuk kita semua agar berhati-hati dan memperhitungkan segala kemungkinan dengan cermat sehingga zakat atau shadaqah yang kita berikan sempuran tersalurkanoia saya juga lihat di metro tv katanya kejadian ini bukan yang sekalitahun-tahun sebelumnya juga ada jatuh korban hanya tidak terekspos mediawalahualam benar atau tidakmudah2an tidak terulang lagi deh

  2. saya sepakat..memang niat baik, cara juga harus baik…kurang diantisipasi yaaaa….di daerah psr. minggu setiap hari Jumat juga ada saudagar yg bagi2 sedekah dan selalu berdesak2an, kalau tdk salah ingat, di tempat itu pernah jatuh korban juga.satu hal lagi…berdesak2an sebenarnya cerminan kebiasaan org Indonesia yg tidak suka antri..jangankan yg kekurangan dan memang butuh banget uang, org2 berduit di supermarket/loket saja suka tidak mau antri.

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s