udang ala saya [alah]

Sore kemaren bapak pulang bawa 2 kilo udang…
“Ayo ayo pada makan lagi… bapak bawa udang tuh….”
“Abis darimana emang Pak?”
“Jetis.”
“Emang di Jetis ada yang jual udang?” Pikiranku tertuju pada pantai jetis yang sepi dan tidak ada penjual satu pun, hanya ada tanaman semangka bergoyang2.
“Ada.”
“Di deket kebon semangka yah?”
“Bukan, yang ada TPInya [bukan Televisi Pendidikan Indonesia, tapi Tempat Pelelangan Ikan]”
“HAH? Emang ada yahh?”
“Yang deket Logending…!”
“Ooooh, yang itu toooohhhh, kirain….”
Aku berjalan menuju udang…
“Hah? Kok udangnya kecil? Kok bukan disaos?”
“Kalo dipake saus tiram sekilo bayar 15 rebo, kalo bumbu biasa cuma 6000, yauwdah, biasa aja.”
Aku manyun, tapi tetep ambil semangkok…. Kukupas, kumakan….
Ahhh, kurang berasa!!
Akhirnya seperti biasa, dengan bumbu andalan yang dicampur2, aku berkreasi….

  • Tumis bawang putih ama bawang merah di minyak zaitun panas
  • Tambahin cabe rawit merah ama garem
  • Taro deh udang2 kecil ituu
  • Masukin saus tiram sisa oseng kemaren plus aer
  • oseng-oseng, tambah saos cabe
  • Angkat, makan…

“Cobain deh Zel [adekku], enak gak?”
“Nggak kayak yang asli [udang saus tiram bikinan rumah makan seafood]”
“Aku kan nanya enak apa enggak!” *sewot
“Lebih enak yang asli.” Dengan wajah lempeng.
“Heuuhhh, biasa banget deehh.”

Aku melihat sesosok Bapak di pinggir kolam ikan.
“Eh, Bapak di situ toh.” Lagi ngasih makan ikan. “Nih, aku bikin udang saus tiram.”
Bapak mangap. Aku kupasin, masukin ke mulut Bapak. Trus aku kupas sendiri, makan sendiri. Kupas lagi, masukin ke mulut Bapak.
Adekku komentar, “Ih, kenapa sih nggak makan sendiri?”
“Kotor, abis megang pelet.”
“Ihh… kayakkk….”
“Singa laut…” Bapakku meneruskan sendiri kata-kataku….
“Ada kumisnya….” lanjutku.
Hehehe, ketawa bareng dehh. Udangnya trus abis, udah gitu aku cuci tangan. Si Bapak masuk, ke ruang TV. Pas aku balik…
“Loh, Bapak udah cuci tangan apa belom?”
Aku mendapati beliau lagi makan tape goreng…. pake tangan…
“EH! Oiayaya… hahaha…”
“Yeehhh, maunya disuapinnn!”

Tadi siang, pengen macem2 lageee… bosenn! Mumpung udang masi banyak, minta si embak beli tusuk sate deh…

  • kupas udang
  • tusuk2in di tusukan sate
  • olesin blueband
  • panggang jangan ampe angus
  • bikin saus pake kecap plus cabe rawit en bawang merah
  • santap

MAK NYUUUZZ

Advertisements

22 thoughts on “udang ala saya [alah]

  1. berry89 said: “Ihh… kayakkk….””Singa laut…” Bapakku meneruskan sendiri kata-kataku….”Ada kumisnya….” lanjutku.

    eh,.. yang nulis ni berarti anaknya singa laut ada kumisnya???pinter ya singa lautnya*peace*hehehehehehehhe

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s