Tindihan/Reprepan, emang karena setan?

Bismillahirrahmanirrahim

Malem yang dingin… saat aku berada di balik buku… Kudengar suara ibu, mengerang kecil. Beberapa saat kemudian ia sudah berpindah ke kamarku, menyatakan perasaannya. Reprepan/tindihan. Seperti ditindih oleh sesosok makhluk, ada bayangan hitam di sebelah kiri. Tidak kuasa untuk melakukan apapun. Takut kalau-kalau tidak dapat bangun lagi. Membaca doa pun tidak kuasa. Apa memang benar demikian? Ada makhluk halus yang mengganggu? Apa kalian pernah mengalaminya? Ini jawabnya:

Yang kamu rasain itu namanya Sleep paralysis atau paralysis nokturnus. Menurut medis, sleep paralysis alias tidur lumpuh adalah keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak.

Sleep paralysis itu bisa terjadi pada siapa aja, cowok atau cewek. Usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini tuh 14-17 tahun. Sleep paralysis ni bisa berlangsung dalam hitungan detik maupun menit. Nah, saat tindihan ini terjadi, kita bisa ngalamin halusinasi, kayak ngeliat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur.

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Univ. Waterloo Kanada, sleep paralysis ini adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap Rapid Eye Movement (REM).

Jadi, berdasar gelombang otak, tidur terbagi jadi 4 tahapan. Pertama, tahapan tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), trus tahap tidur yang lebih dalem, tidur paling dalem, trus taham REM ini. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Kalo tubuh kita terlalu capek, atau kurang tidur, gelombang otak gak ngikutin tahapan tidur yang seharusnya. Jadi dari keadaan sadar ke tahap tidur paling ringan, langsung lompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM, tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar tapi tubuh gak bisa gerak.

Sleep paralysis ini juga bisa merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jadi, kalo kayaknya kalian ngalamin ini pas abis kelelahan, istirahatlah yang cukup. Kalo kayaknya kurang tidur, tidur yang cukup, 8-10 jam.

Oia, sleep paralysis ini biasanya terjadi pada orang yang posisi tidurnya terlentang. Nahh, makanya tidurnya hadep kanan aja yaa…

Ini termasuk fenomena fisiologik kok, normal-normal aja. Nggak butuh ngobat ;p

Dinukil dengan perubahan dari I-Med magazine ed. Syawal dari www.kompas.com dan Neurologi Klinis dalam Praktek Umum Priguna Sidharta, M.D.,Ph.D.

Advertisements

22 thoughts on “Tindihan/Reprepan, emang karena setan?

  1. terima kasih atas ulasan dari segi kedokterannya. hal ini dulu pernah saya tanyakan. :)tapi saya juga yakin bahwa itu ada hubungannya dengan ‘gangguan jin’. :)walloohu a’lam.memang sebaiknya sebelum, sedang, dan sesudah tidur mengikuti sunnah Rasulullah. :)terima kasih telah mengingatkan saya kembali.

  2. 8onetwo said: Baca do’a sebelum tidur, lalu tidurlah sesuai sunnah Rasul.SIP!TFS mba e ^_^

    ditndihin sama adeknya yaa?wah.. saya sering tuh.. apalagi kalo si bungsu mulai kambuh manjanya.. hehehehe 😛

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s