Pola Asuh Anak-Anak

Bismillahirrahmanirrahim

Huhuhu, udah lama ya, ga posting di MP. Sok sibuk lah. Mo ngomongin apa ya? Aku mo ngomongin tentang 3 anak kecil dalam kehidupanku.

Safira. Waktu aku SD, dia lahir. Bayinya dia diabisin di rumah Eyang, di Tapen. Rumah keduaku. Tiap liburan, langsung aku minta jemput buat pergi ke Eyang. Karena bayiku juga di sana. Bau lemari eyang pun aku hafal. Ada aja permainan yang aku kerjain di sana. Ibunya Fira, Tanteku, gawe di Bank. Bapaknya di Jakarta. Otomatis, sehari2, dia sama Yu Mimah, yang jagain dia. Kalo liburan, dia jadi bahan mainanku. Ngompol, aku yang ganti popok. Nangis aku yang gendong. Haus aku yang bikinin susu botol. BAB, aku panggilin Yu-ne, haha. Dari dia di dalem perut, emang aku yang ngusap2in perut ibunya, jadilah dia imut dan ngegemesin kayak aku. So… kami klop.

Hanan. Anak om-ku. Anak ketiga. Kakaknya persis meninggal karena meningitis. Otomatis dia hidup di bawah kata, “Jangann!” Cukup protektif. Dia jadi agak hiperaktif. Pasir di depan rumah embah pun bisa jadi mainan sama dia. Aku udah besar pas dia lahir, rumah juga jauh, jadi ketemu sebentar2. Perlu waktu agak lama buat adaptasi sama dia. Baru dia mau jadi buntutku. Sekali ngajarin permainan, dia bakal mainin itu terus. Terakhir kali aku ketemu, aku ajarin bikin bintang kertas. Dia minta bikin itu terus sampe gak mau diajak pulang. Well, mungkin ada sepupu atau ponakan yang hiperaktif? Ajarin origami, hehe.

Ayun. Anak Pakdeku. Anak pertama, di usia yang cukup matang, jadi lebih kecil dari aku. Ibunya perawat yang 2 tahun di Belanda. Perhatiaaan banget. Lemah lembut. Itulah kalo punya istri perawat, tahu kesehatan. Karena pernah punya masalah pencernaan, sangu-nya pasti buah-buahan sekotak. Sama kayak Hanan. Aku sama dia jarang ketemu. Harus ada trik-trik khusus biar pas liat mukaku nggak kayak liat setan, kabur. Kalo dia sih, diajakin main kereta2an sambil makan juga lulut. Diajakin ngobrol juga pinter. Ya, udah agak gedean dia bakal hapal sama aku. Dia nggak suka dikitikin, walau tiap dikitikin dia ngakak.

Berhubung ada kuliah tumbuh kembang anak, aku tulis di bawah tentang pola pengasuhan atau parenting style:

  1. Otoritatif (demokratik)
    1. Penuh kasih sayang, kehangatan, kegembiraan
    2. Ciptakan rasa aman, nyaman, dilindungi
    3. Peka pada isyarat bayi/anak (minat, keinginan, pendapat)
    4. Beri contoh (bukan dipaksa)
    5. Dibantu, didorong, dihargai
    6. Koreksi (bukan ancaman/hukuman)

Nantinya si anak akan lebih percaya diri, mandiri, dan kreatif.

  1. Otoriter (diktator)

Melarang, membatasi, tidak didengar minat/pendapat, sering menghukum

  1. Permisive

Serba boleh, kurang kendali diri/tanggung jawab

  1. Tidak dipedulikan

Ditelantarkan, kemampuan anak rendah

Nah, udah tau dong, gimana cara ngerawat anak? Masalahnya, kepribadian si anak bakal tercermin dari sikap dan pola asuhan orang tuanya. Aku yakin sih, pola pengasuhan berbasis Islam pasti keren hasilnya. Well, slamat mencoba… Mungkin dikit, tapi… ilmu sesedikit apapun tetep ilmu kan? ^^

2 thoughts on “Pola Asuh Anak-Anak

Komen dong yuukkkzz :D

