Pengen Lulus ko susah yahh?

Bismillahirrahmanirrahim…

Baru kemaren-kemaren pengumuman kelulusan UAN. Jadi keinget deh, udah 2 kali ngerasain hal mendebarkan itu.

Pertama waktu SMP. Sebelum masanya ujian, dibagiin formulir tuh, pengen nerusin SMA mana. Mantepnya aku di SMAN 2, bukan SMAN 1. Gak tau kenapa, yang jelas bukan karena lapangan bolanya yang gede, hehe. Aku taro di pilihan pertama. Pilihan kedua… lupa SMA mana. Entah kenapa, mungkin emang karena keinginan yang kuat bikin kita bener-bener mencapai keinginan kita.

Pagi itu aku lupa suasananya. Tapi yang jelas kayak biasa aku naik sepeda ke sekolah. Ketemu ustadz/ah yang di pandanganku mukanya kok muram smua. Jangan-jangan ada yang gak beres neh! Aku nggak lulus misalnya? Huks… Dag, dig, dug…

Agak siangan kami digiring ke masjid depan sekolah. Duduk ngiter. Senyap. Kami dibagiin amplop satu-satu. Suruh buka bareng-bareng. Weeewww!! Seneng buanget! Lulus smuahh. Abis itu foto-foto deh… Belum kepikiran gimana ribetnya cari SMA.

Waktu liburan buat cari SMA. Berbekal buku catetan kami—aku n friends—ngiterin 4 SMA Negeri yang di kota walaupun letaknya cukup jauh. Jalan. Nyatetin syarat-syarat masuk SMA, apa yang mesti disiapin.

Mulailah hari melelahkan. Sejak masukin syarat-syarat ke SMAN 2, rajin ngeliat grafik nilai, siapa tahu kegusur? Karena yang kalo di SMAN harus pake STTB asli, dan khawatir gak kebawa, daftar ke sekolah swasta cadangan. Sampe ngerengek-rengek sendiri di kamar, nggak pengen sekolah swasta. Kalo bagus sih mending…. Dulu kan belom ada SMA Al-Irsyad di Pwt.

Hari ketiga kalo gak salah. Bweehh…. Nungguin hasil akhir nilai. Udah mikirin strategi pindah SMA kalo kira2 gak lolos. Walaupun ambang bawahnya masih lumayan jauh. Mantengin layar yang masih kosong, nunggu hasil. Dan… waaaa.. kebawa! Seneng, akhirnya keinginanku tercapai. Hwhw.

Lulus SMA lebih heboh lagi. Batas bawah yang baru diberlakuin bikin ketar-ketir. Pokoknya hari pengumuman berasa mendung. Gak bisa napas dengan enak. Denger kabar kalo yang gak lulus udah dikasi surat dulu, jadi gak mungkin masuk. Tapi tetep aja deg-degan. Mana sohibku gak dateng-dateng lagi. Makin jadi dah!! Ehh! Ternyata dia telaat. Udah bikin deg-degan juga. Wali kelas masuk. Bawa surat. Buka bareng2. Breeeengg!! Langsung rame sekelas. Nangis-nangis. Sujud syukur karena kelas kami lulus smua. Subhanallah banget. Awan mendung udah ilang. Abis itu tinggal sibuk cari kampus…

Advertisements

33 thoughts on “Pengen Lulus ko susah yahh?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s