Tidak Bisa sebelum BISA

Bismillahirrahmanirrahim…

Udah bawaan kali ya. Segala sesuatu yang belum kucoba, aku anggap pasti susah. Waktu mau masuk SMP, takut gak punya temen. Masuk SMA juga. Kuliah, degdegan OSPEK. Wahh… selalu… aja…. Yang aku belum sadari saat itu adalah, kita emang nggak akan bisa sebelum nantinya bisa. Awalnya kita perlu adaptasi, sebelum akhirnya bisa melalui semuanya dengan baik, atau tidak baik.

Kegagalan itu lumrah. Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Aku percaya.

Aku pengen bikin nasi goreng. Aku belum bisa. Tapi aku coba. Aku tuang minyak, kayak buat goreng tempe. Otomatis, nasi gorengku berlumur minyak, yeuk. Udah gitu, telor, aku ceplokin abis naroh nasi, alhasil, nasiku nempel-nempel sama orak-arik telor. Itu semua terjadi. Sebelum aku dinyatakan cukup ahli bikin nasgor. Sebelum aku tahu kalau cukup pake minyak sedikit buat tumis bumbu dan pelumas nasi. Sebelum aku tahu kalau telor diorak-arik pertama sebelum tumis bumbu. Yah, kegagalan itu mengawali kesuksesanku.

Pasti masih banyak dalam kehidupan kita. Ketidakbisaan, menjadi kebisaan.

Jalan. Mungkinkah dari lahir kita bisa berjalan?

Dulu, karena sering sakit, sering ke lab., sering disuntik. Tangan besar bapak selalu nutupin mataku, biar gak liat, biar gak sakit. Sekarang, jarum donor yang gede itu hampir rutin tiap 3 bulan nyedot darahku. Aku nggak takut lagi.

Dulu, aku nggak bisa tidur dengan lampu mati. Suara-suara kemeresek jadi pemicu adrenalinku. Sekarang? Hampir nggak bisa tidur dengan lampu menyala. Suara-suara aneh selalu jadi suara kucing atau ekor cicak di telingaku.

Mungkin masih banyak ketidakbisaanku sekarang. Tapi aku berharap, nantinya aku jadi BISA….

07 aku bisa – AFI Junior

Advertisements

8 thoughts on “Tidak Bisa sebelum BISA

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s