Enaknya *blood donor*

bismillahirrahmanirrahim

Slurrpphh.. eh, loh kok bgini intronya?
Siapa yang udah pernah donor darah?? CUNG!
Bagus, bagus.

Tadi pas kuliah, dosenku bilang, katanya persediaan darah di PMI Purwokerto gak sebanding dengan kebutuhannya. Ya ampuun, aku baru sadar, RS di Pwt lumayan banyak. Kupikir dengan penduduk yang cuma segini, cukup2 aja yahh?? Apalagi di kota besar…

Ada yang belum pernah donor?? Humm, pengen tau rasanya?
Pertama kali aku donor darah pas di kampus, karena syarat minimal kan usia 17 taun.
Rasanya gimana yahh? Lupa-lupa kuncinya siih… ehh, lupa-lupa ingat…

Urut-urutannya gini nihh..
Pertama, ngisi formulir donor dulu, di dalemnya ada identitas, lagi/pernah menderita sakit atau enggak (banyak penyakit yang ditulis di sono), persetujuan macem2, trus tandatangan dehh.
Tar pemeriksaan tahap pertama. Ngambil sampel darah sedikit, nggak sakit kok. Periksa Hb, Golongan darah, tekanan darah, BB…
Hb harus lebih dari 12,5; Tekanan darah 110 – 160 mmHg (sistolik) 70 – 100 mmHg (diastolik) ; BB minimal 45 [jadi buat yang kurus… naikin berat badan dulu yeehh]
Trus tidurnya harus lebih dari 5 jam, udah sarapan, nggak lagi halangan, kalo lagi puasa boleh sih kalo ngerasa kuat, rentang donor sebelumnya paling enggak 3 bulan.

Udah gitu, kalo lolos, formulir ditandatanganin, kita bawa ke tempat donornya… Tiduran dehh… Terserah mo tangan kiri atau tangan kanan. Kalo yang venanya kecil en dalem, biasanya susah [kayak aku], relain deh tangan ditusuk2 sampe ketemu, huwehehe… nakut-nakutin ajehh… Kalo yang vena di lipatan lengannya jelas mahh, enak tuhh, nyamnyam. Tapi gak usah khawatir, insya Allah perawatnya terampil.

Jarum yang buat donor emang gede, gak kayak yang buat nyuntik biasa [5 cc]. Kira2 kayak… jarum tinta printer, heheheh… Tapi nggak usah merindiing, sekali cubles beress..
Kalo nusuknya pas, alirannya bisa lancar, cepet selese, seneng dehh…

Kalo foto ini, diambil pas donor terakhir. Wah, ini donor terparah… Eh, nggak juga sih, sebelum ini sempet dua kali tusuk karena gak masuk vena. Yang ini, susah juga, aku biasa pake tangan kiri, dalem juga. Pas udah lagi diplester, perawatnya mo ambil plester lagi, tapi malah nggeser… Alhasil begitulah, liat gak ada gelembung2 udara? Sakiit… karena gak lancar… lamaaa.. huhuhu.. Jadi sebelum terfiksir dengan baik, ada baiknya jarum kamu pegangin, biar gak mlorot, hehehehh

Abis donor. Pastikan kamu gak pusing. Atau lemes. Duduk dulu aja sebentar. Kalo ngerasa pusing ato lemes. Tiduran dulu, pastikan sampe bener2 ilang rasa itu. Tangan yang abis dibuat donor, angkat ke atas. Udah gitu, jalan pelan2 ke tempat makan. Nikmati mie rebus, telor, dan susu coklat [kok brasa jualan darah?? haha]

Udah selese. Ambil kartu donor. Tiap mau donor, jangan lupa dibawa.

Rasanya seneng kalo abis donor [kalo gak lolos, rasanya senep]…
Seger… Buger… Soalnya sebagian darah itu bisa berguna buat orang-orang. Kita kan sehat, jadi bisa produksi lagi yang lebih bagus.
Kalo yang nggak bisa donor, biasanya karena Hb rendah. Gak usah kecil hati, banyak cara buat bantu sesama…

Oiya, tar darah kita kan di-screening, kalo ada ‘keanehan’ tar kita dikasi tau kok…

Tapi beneran yahh… Kalo abis begadang, mendingan jangan… resiko lemes, hwhw, bener dehh…

Maha Benar firman Allah : ” Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik
bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi
dirimu sendiri ( QS Al Isra ayat 7 )

HA_NA, 2009





Advertisements

26 thoughts on “Enaknya *blood donor*

  1. ngeces said: dulu pernah diambil, tapi gak donor seh.. pas mau operasi.. sakit niaaancomment by Flippy

    operasi apaan ces? dikit BEEE…. huauhalagian kamu udah sering donor kan?? mimisan, hehe

  2. lathiyfah said: cuma sukses sekali doang! yang lain pasti diusir gara2 tekanannya rendah T_T

    hehehe… diusir… bukan karena mukanya emang muka buat diusir?? >.<bisa sukses sekali lumayan ituuhh.. lemes gak?

  3. yuniezalabella said: Ngacung jg..Tp kenapa y,tiap kali donor berat badan selalu naik : />> aduh cerita donorny kok agak horor: jarum segede jarum tinta printer,,, he3x.

    Napsu makan naek kali, soalnya darahnya baru diambil…gak ada hubungannya siihh… kalo jarum yang di rumah sih segitu, diameternya, hehehhh

  4. berry89 said: hehehe… diusir… bukan karena mukanya emang muka buat diusir?? >.<bisa sukses sekali lumayan ituuhh.. lemes gak?

    Sekarang alhamdulillah udah rutin donor 3 bulan sekali. Gak lemes tuh.. tapi agak lama, soalnya pembuluh darah saya letaknya agak tersembunyi.

  5. berry89 said: hehehe… diusir… bukan karena mukanya emang muka buat diusir?? >.<bisa sukses sekali lumayan ituuhh.. lemes gak?

    sama euy, aku juga harus diambil sama perawat senior, soalnya susah nemunya… harus rela ditusuk bolak2… hwhwhw

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s