Awas Akhwat Galak! (PMS)

Bismillahirrahmanirrahim….

Hari ini hujan terus-menerus. Harusnya, berdasarkan jaringan komunikasi dari koordinator kecamatan pas KKN kemaren, jam 9 pagi kumpul di kampus buat silaturahmi ke tempat KKN. Ternyata, udah pagi2 dingin2 ke kampus, ternyata ga jadi jam 9, diundur jam 1 dan aku gak dikabarin.

Normalnya, hal kayak gitu cuma angin lalu, kesel2 dikit, trus ilang. Tapi berhubung PMS, api kecil aja bisa kebakaran…
Semua hal enteng, yang gak harus dibikin emosi, jadi emosi. Istilahnya, ada batu di depan kaki aja dimarahin, “Ni batu ngapain di sini sih! Bikin senewen aja!” Padahal emang dasar batu lagi nongkrong di situh..

Sindroma Premenstruasi /PMS=Pre Menstruasi Syndrome (Kelainan Disforik Premenstruasi) merupakan suatu keadaan dimana sejumlah gejala terjadi secara rutin dan berhubungan dengan siklus menstruasi; gejala biasanya timbul 7-10 hari sebelum menstruasi dan menghilang ketika menstruasi dimulai.
Sindroma premenstruasi mungkin berhubungan dengan naik-turunnya kadar estrogen dan progesteron yang terjadi selama siklus menstruasi.

Jenis dan beratnya gejala bervariasi pada setiap wanita dan bervariasi pada setiap bulan.
Wanita yang menderita epilepsi mungkin akan lebih sering mengalami kejang. Wanita yang menderita penyakit jaringan ikat (misalnya lupus atau artritis rematoid) bisa mengalami kekambuhan.

Gejala-gejala yang mungkin ditemukan adalah:

  1. Perubahan fisik
    – Sakit punggung
    – Perut kembung
    – Payudara terasa penuh dan nyeri
    – Perubahan nafsu makan
    – Sembelit
    – Pusing
    – Pingsan
    – Sakit kepala
    – Daerah panggul terasa berat atau tertekan
    Hot flashes (kulit wajah, leher, dada tampak merah dan teraba hangat)
    – Susah tidur
    – Tidak bertenaga
    – Mual dan muntah
    – Kelelahan yang luar biasa
    – Kelainan kulit (misalnya jerawat dan neurodermatitis)
    – Pembengkakan jaringan atau nyeri persendian
    – Penambahan berat badan
  2. Perubahan suasana hati
    – Mudah marah
    – Cemas
    – Depresi
    – Mudah tersinggung
    – Gelisah
    – Sebentar sedih, sebentar gembira
  3. Perubahan mental
    – Kalut
    – Sulit berkonsentrasi
    – Pelupa.

Cara ngatasinnya, selain pake obat hormon nih…

   * Batasi kosumsi makanan tinggi gula, tinggi garam, daging merah(sapi dan kambing), 
alkohol, kopi, teh, coklat, serta minuman bersoda. (gimanaa dong? orang lagi ujan pengennya nyruput yang anget-anget laah)
* Kurangi rokok atau berhenti merokok (untung kaga ngrokok).
* Batasi konsumsi protein (sebaiknya sebanyak 1,5 gr/kg berat badan per orang)
(oops.. telor bebekkk).
* Meningkatkan konsumsi ikan, ayam, kacang-kacangan, dan biji-biji-bijian sebagai
sumber protein (ikaaan... ayaamm (lagi pengen bebek goreng banget lagi).
* Batasi konsumsi makanan produk susu dan olahannya (keju, es krim, dan lainnya) dan
gunakan kedelai sebagai penggantinya (susu lo fat bole kaan?).
* Batasi konsumsi lemak dari bahan hewani dan lemak dari makanan yang digoreng (hmmm, dingin beginii).
* Meningkatkan konsumsi sayuran hijau (cuma ini yang aku setujuiiii?? tapi kulkas
kosoooong!).
* Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat
seperti minyak bunga matahari, minyak sayuran (darimana??).
* Konsumsi vitamin B kompleks terutama vitamin B6, vitamin E, kalsium, magnesium
juga omega-6 (asam linolenat gamma GLA) (siapa yang mo beliin?).

Di samping diet, perhatikan pula hal-hal berikut ini untuk mencegah munculnya PMS:
* Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur.
* Menghindari dan mengatasi stres.
* Menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko menderita
PMS.
* Catat jadwal siklus haid Anda serta kenali gejala PMS-nya.
* Perhatikan pula apakah Anda sudah dapat mengatasi PMS pada siklus-siklus datang
bulan berikutnya.

Weelll, ada yang mo nambahin saran? Jangan deket2 orang PMS mungkin? hwhwhw

sumber: INI dan INI


Advertisements

26 thoughts on “Awas Akhwat Galak! (PMS)

  1. hmm.. keknya sih enggakklo aku looosoalnya kerasa banget, auranya bedaaa hwahaha apa aja pengen ditendangklo sehari2 mah, apa aja pengen dielus.. hihitapi bisa aja sih… mba kiki.. 😛

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s