DBD (Demam Berdarah Dengue), Jus Jambu = Trombosit naik?

Bismillahirrahmanirrahim….

Widiiih, penyakit ini banyaak banget di Indonesia. Soalnya Indonesia tuh wilayah endemis, nyebarnya merata pula.

Pas KKN kemaren, aku di-sms, katanya adekku saspek DBD, weeww… Langsung aja aku nanya2, udah ini belom, udah itu belom. Maklum, beberapa hari sebelumnya, abis takziah warga situ anak SMA meninggal karena DBD. Dan alhamdulillah si Zee enggak, cuman radang. Gak enak emang, kalo lagi jauh-jauhan ada yang sakit, walopun kalo deket juga berantem terus, heheh.

Semua pasti udah tau, kalo penularan virus dengue ini dibantuin ama vektor nyamuk genus Aedes, terutama Aedes aegypti dan A. albopictus. Dan semua pasti udah tau kalo 3M (Menutup, Menguras, Mengubur) itu mesti dilaksanain. Soalnya tuh nyamuk siklus hidupnya semingguan lebih dikit, nah, biar gak sempet jadi nyamuk, kita mesti udah nguras bak mandi kita. Soalnya, nyamuk ini seneng di air yang jernih, gak suka yang jorok, hehe. Udah gitu, gantungan-gantungan baju baiknya dikurangin. Ni nyamuk cuma bisa terbang sekitar 50 ampe 200 meter, gak jauh-jauh. Capek kali. Ni nyamuk juga sifatnya diurnal, aktifnya kalo pagi sampe siang, sore juga. Nyamuknya belang2 tuuh, warnanya item bintik putih.

Gejala awalan biasanya nyeri kepala, nyeri tulang belakang, perasaan lelah.
Nah, kalo menurut WHO, kriteria diagnosis DBD itu adalah:
– demam antara 2-7 hari, biasanya bifasik (naik-turun-naik)
– bintik-bintik merah pada kulit (petekie), kalo diregangkan gak ilang
– kadang mimisan, batuk darah, berak darah, gusi berdarah
– nyeri ulu hati
– kalo udah parah (derajat III) kulit dingin, lembab, gelisah

Biasanya, pemeriksaan laboratorium baru bisa dilakukan pada hari ke-3 (pemeriksaan Hb, Ht, dan trombosit) dan ke-4 (IgG dan IgM) soalnya baru muncul tuhh… jadi gak bisa, baru 2 hari demam langsung periksa lab.

Kalo masih awal, kasih minum 1-2 liter per hari atau 1 sendok makan tiap 5 menit. Jenis minumannya bisa air putih, teh manis, sirup, jus buah, susu, oralit.

Aku suka denger, kalo ada yang kena DBD tuh suruh dibikinin jus jambu terus. Sebenernya nggak ada korelasinya tuh. Trombosit itu udah ada grafiknya sendiri, sekitar hari ke-4, 5 an bakal turun, terus nanti hari ke 6-7 naik lagi. Jadi, dianjurkan buat kasih banyak cairan di hari ke-7, air putih, jus jambu juga bisa. Nah kalo hari ke-3 dikasih jus jambunya, tetep aja ga akan naek, kan belom waktunya.

Biasanya di komplek-komplek perumahan udah ada tuh, jadwal PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) tapi suka males2 gitu lama-lama. Pas ada kasus lagi, baru aktip lagi dehhh.

Smoga bermanfaat ^^

Advertisements

7 thoughts on “DBD (Demam Berdarah Dengue), Jus Jambu = Trombosit naik?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s