Demam Tifoid (Tipes)

bismillahirrahmanirrahim…

Smua pasti tau tentang penyakit yang satu ini, gejala-gejalanya juga pasti banyak tau. refresh aja, siapa tau, anak, adek, ponakan, ada yang lagi sakit…

Dulu, pas SD, kelas 6 kalo ga salah, lagi ulangan umum. Klentrak-klentruk, lemes, gak karuan rasanya. Pas pulang, laporan ama bapak, “Pak, pusing.” “Sana tidur.” Cuman gitu doang jawab si bapak. Akhirnya tidur aja. Ibu juga lagi sakit, lemes juga. Berlanjut dah tuh, muntah2, pandangan kabur, udah kayak mo digiles roda gede-gede. Temboknya miring2. Akhirnya dibawa ke Rumah Sakit. Cek suhu. Aku 40 derajat, ibu 39. Langsung pasang infus, mondok. Kebeneran ruang VIP lagi penuh, akhirnya masuk bangsal, sebelahan ama ibu. Ndilalah, bangsalku deket TK, tiaaapp hari nyanyi, huuhuhu, udah gitu sebelahan ama bangsal anak. Mantaplah penderitaanku kala itu. Tidur ditemenin majalah bobo, ama guling. Udah hari ke-berapa, pindah juga ke kamar VIP, satu kamar berdua, tapi tetep aja gak bisa ngeliat ibu, ketutupan. Satu minggu aku slese mondok, ibu ngikut pulang. Kayak biasa, kalo liburan sekolah kan aku ke Eyang, ehh… si ibu masuk RS lagi, nerusin sakitnya. Akhirnya aku ama adekku nginep tempat Eyang, Ibu di RS di Klampok, deket lah ama rumah Eyang. Lucu deh. Abis itu tipesku suka kambuh kalo mau ujian. heheh

Kuman penyebab demam tifoid adalah Salmonella typhi dan Salmonella parathypi, mereka masuk ke dalam tubuh manusia lewat makanan yang terkontaminasi kuman. Tuhh, biasanya anak kos, yang jajan sembarangan. Baiknya sih makanan dibungkus aja, dimakan di rumah/kosan, pake piring en gelas bersih, ga asal celup di air.

Gejalanya biasanya demam, nyeri kepala, pusing, nyeri otot, anoreksia, mual, muntah, diare ato obstipasi (susah BAB), perasaan tidak enak di perut, batuk, dan epistaksis (mimisan).

Sifat demamnya, meningkat perlahan-lahan, terutama sore dan malam hari. Bedanya sama demam DBD yang biasanya bifasik (hari I panas, hari ke-II turun, hari ke-III panas lagi), walaupun jaman sekarang tipe demam ini gak selalu khas. Terus, biasanya, lidah berselaput (kotor (kayak putih2 gitu) di tengah, tepi dan ujung merah, trus tremor (gemeteran)).

Perawatannya, salah satunya adalah tirah baring. Jadi makan, minum, mandi, BAK, BAB, di tempat tidur aja, bisa mempercepat penyembuhan. Makanya pas di RS dulu, ga boleh banyak gerak, akhirnya pas pulang hampir lupa caranya jalan sendiri, hihi.

Nah, biasanya, DT atau demam tifoid ini kalo pada orang dewasa lebih parah daripada anak-anak. Www… jadi, jagalah kesehatan. Cuci tangan sebelum makan. Sebaiknya jangan pake alat makan barengan. ^________^

15 Oktober 2009
Hari cuci tangan sedunia.

Advertisements

14 thoughts on “Demam Tifoid (Tipes)

  1. fajrihelmi said: makasih ya..sy pilek dah lama bnget ga smbuh2…knpa ya? sejak pulang kampung k daerah dingin ini sih

    mungkin alergi.. pake jaket aja, usahakan tetap hangat, tidurnya barengan ayam juga gpp, sambil ikut ngerem

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s