Jamu Kunyit Asam, buat si Bulan…

bismillahirrahmanirrahim…

sebenernya pas baru bikin ni jamu, uda pengen posting, tapi berhubung masih dismenore, kaga jadi deh… poto juga enggak… mo bikin lagi skarang… gak mungkiiin, ada asemnya…

biasanya, kalo lagi datang bulan, ada beberapa orang yang hari pertama ngalamin dismenore atawa nyeri haid. begitupun aku. biasanya gitu. kalo dari tips2 yang aku denger, biar nyerinya berkurang tuh olahraga ringan, diangetin, atau diusap2.

pas KKN, temen sekamarku pas mau datang bulan itu minum Ki*****. karena belum pernah minum, aku nyobain, oalaaahhh…. jebule kunir aseeemm.

nah, pas kena kemaren, pengen bikin lah, soalnya pas bulan sebelumnya minum kok emang bikin nyeri haid berkurang.

bahannya gampang bangeettt. cuman kunyit/kunir, asam, ama gula jawa
pertama, parut dulu kunyitnya, kamu boleh lapisin parutan pake plastik, biar kunyitnya gak kebuang sia2, en parutnya juga gak susah dibersihin. biar tangannya ga terlalu kuning, pake plastik ajah

kedua, parutan kunyit diperes, tambah air anget, peres lagi, gitu deh, sampe dapet segelas minuman warna kuning

ketiga, cemplungin asem ( yang biasa buat sayur asem)

keempat, masukin serutan gula jawa…

kalo buat nyeri haid, enak anget2. kalo buat minuman ringan (ceilah) pake es juga mantabh..
gampang kan? daripada beli mahal2 en pake pengawet pula… ^____^

Advertisements

12 thoughts on “Jamu Kunyit Asam, buat si Bulan…

  1. yuniezalabella said: Iya sih gmpang, dlu aku d blender.Tapi malesnya, tangan jd kuning2 gitu 😦

    Nenekku emang gemar bikin segelas kuning2 ini, makanya usia beliau 90 an saat meninggal! Hebat euy! Dan saya mau pingsan waktu disuruh minum itu hehehe *abis kayanya mentah gitu, ga beliau masak*Sekarang daku udah 30 an, harus mulai mau kali ya..*mudah2an beneran enak hehe*

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s