Eyang dan Lampu

Bismillahirrahmanirrahim…

Rumah Eyang, tempat aku tumbuh waktu kecil. Karena Bapak masih S2 di ITB, jadilah aku menghabiskan masa kecilku yang indah di sini. Nungging, lari-larian. Tiap kali liburan pokoknya langsung minta jemput, alasanku, udah kecium bau rumah Eyang. Yang aku maksud, bau lemari Eyang yang khas. Tau kan? Bau lemari? Gitu lah, pokoknya. Pokoknya tar kalo aku udah minta jemput, Eyang ama supirnya dateng pake jip kesayangan, aku udah siap. Bahkan pas besoknya udah mau masuk sekolah, aku sempet ngunci pintu kamar sampe Bapak-Ibu yang udah pasrah, pulang. Eyang cuma ketawa aja.

Tiap kali ke sini, Eyang selalu ngajak aku jalan di tepi sungai ke rumah tanteku yang sama kecilnya sama aku. Dijemput buat temen main. Tiap malem, sambil menatap langit-langit, tangan Eyang ndidisi (tau gak artinya? Gak tau bahasa Indonesianya euy) rambutku, beliau ndongengin kami. Sampe tidur. Pagi-pagi jalan ke pasar, suruh milih jajanan.

Semua sepupuku ngumpul. Mancing bareng, main rakit-rakitan pake ban dalem di kolam Eyang sampe kecemplung, sampe gantiin popok sepupuku, nemenin dia, gendongin kalo nangis. Yang paling penting, minuman wajib kalo lebaran. Dawet Banjarnegara. Asli punya Wa Dulah. Tapi sekarang sih udah nggak ada. Dawetnya kecil-kecil, pake santan mentah tapi airnya mateng, pake duren. Enaaaaaak banget. Nggak ada yang seenak itu. Sekarang ada sih, yang enak, tapi tetep masih enakan dawet Wa Dulah. Coba kalo rasa bisa diabadikan, hehehe.

Selain itu Eyang Kakung, almarhum, punya banyak kesukaan. Misalnya meja marmer, mesin diesel, ngutak-atik perabot, jip, dan… lampu aladin. Beberapa masih di rumah Eyang, beberapa nyebar di rumah anak-anaknya, termasuk di rumahku. Lampu yang tadinya harus pake minyak tanah, diutak-atik biar bisa pake lampu listrik. Jadi tiap meja punya lampu sendiri di atasnya. Ni, koleksi lampu Eyang, buka aja>>>>

NB: Selama nulis ini di rumah Eyang, Eyang putri bolak-balik nengokin aku, disangkanya aku lagi belajar… hihihi. Eyang, Eyang. I laff u. (Aaah, nangis daah)

Foto: Lampu dari Eyang yang ada di ruang tamu rumahku…

12 thoughts on “Eyang dan Lampu

  1. berry89 said: kalo ke rumahnya juga, dan kalo inget juga, jadi kujawab dulu aja… wa’alaikumussalam, mbak Diah cantiik ^____O

    huuu..wa’alaikumsalam warohmatulloh wabarokatuh,,Uphielkuh sayang..:D

  2. berry89 said: kalo ke rumahnya juga, dan kalo inget juga, jadi kujawab dulu aja… wa’alaikumussalam, mbak Diah cantiik ^____O

    bagus juga lampunya, klo yg dirumah kakekku lampu kuno yang bisa ditarik keatas-kebawah 🙂

Komen dong yuukkkzz :D

