Simple Okonomiyaki w/ Onion Ring

Description:
Dapet resep ini dari
http://wicakz.multiply.com/journal/item/294/Okonomiyaki_ala_indonesia..hehe

makasih mas..

hehe, tadi kelaperan, terus nyobain, kebetulan lagi ada bahan-bahannya, meskipun terbatas… ^^, lumayan juga, mengenyangkan, baunya juga harum… resepnya kurubah sedikit karena keterbatasan bahan o__O

Selain itu bikin onion ring, yang suka ada di tempat2 fast food, dulu aku suka banget, sekarang coba bikin sendiri…

Ingredients:
Buat bikin okonomiyaki

1. Kol secukupnya (karena cuma ada dikit tadi), diiris halus

2. Telur 2 butir, kocok lama, sampai warna putih dan berbuih, biar lebih lembut

3. Daging yang mau dicampur seadanya, bisa daging sapi slice, atau ham atau seafood mix/ udang (aku pake daging has sapi, yang lembut dan empuk) secukupnya aja..

4. 1 buah kentang, diparut/blender…. seharusnya memakai yamaimo, sejenis singkong yang mengeluarkan lendir/ getah tapi pasti tidak
ada di Indonesia, jadi ane coba ganti dengan kentang. (Dan ternyata baunya lebih menggoda, *kali, belum pernah nyoba aslinya, tadi aku diparut, seperti biasa, parutan dialasi plastik biar mudah ngambilnya)

5. kaldu ayam secukupnya (paling bagus kalau ada dashi /kaldu ikan – bonito dari Jepang) (kaldu ayam pun aku gak ada, jadi aku kasih garem secukupnya, merica bubuk, bawang putih sedikit)

6. Tepung terigu tergantung kondisi telur. Adonan tidak boleh terlalu kental lebih bagus berair seperti kita membuat telur dadar. (aku nambagin cuman sedikiiit, banget, soalnya udah ada kentangnya yang bikin gak encer)

7. Bisa dimasukkan juga jagung manis, toge,dsb… (aku nggak ada bahan lagi, hehe, cuman ditambahin bawang bombai)

8. Kecap manis

9. Sambal/chili sauce

10. keju buat topping

Buat bikin onion ring

1. bawang bombay, potong2 melintang, pisahin masing2 lembarnya, jadi kayak lingkaran.

2. bikin adonan dari tepung terigu, tepung beras, garam, merica, bawang putih, telur sedikit

Directions:
Okonomiyaki

1. campur semua bahan….
2. goreng di atas api sedang, kalau bisa jangan terlalu tebel, karena susah kering… kalo mau mbalik, pake bantuan sorok (tau ga niih?)
3. udah kuning kecoklatan, angkat, taburi keju

Onion ring

1. celupin onion ke adonan
2. goreng tenggelam di minyak panas, cukup sampai kering, angkat

SAJIKAN pake saus… ^^

33 thoughts on “Simple Okonomiyaki w/ Onion Ring

  1. wicakz said: Ih..dia mah enak buatnya..Ane cuman okonomiyakiny doang.. 😦

    aku kan ga pernah ngerasain yang asli…..barusan adekku tereak2, okonomiyaki yg dia sisain dicubit ama bapak… hehehehhh

  2. berry89 said: hah? ummi udah bikinin buat bekel abiiiiiiii! dikasihin kakek2 lagi? he? besok ummi bikin 2 rantang kalo perlu

    umi baik sekali..*mata berkaca-kaca.. terharu*ummiiii…*berlari ke pelukan umi*JDAKKK!!!*nabrak tembok*umiii~

Komen dong yuukkkzz :D

