Kyaaa! Aku memecahkannyaa!

Bismillahirrahmanirrahim

Pembicaraan ini adalah pembicaraan antara ibu dan anak aneh.
Ibu lagi nyiapin bumbu ikan, aku lagi nyuci telor-telor bebek yang baru dibeli dari mbah2 langganan. Sambil ngulek, ibu berkata, “Yahhh, kenapa waktu itu nggak beli yang banyak yah di Magelang? Muthu-nya. Kan bisa buat kamu ama adekmu nanti. Sepasang-sepasang. Disimpen dulu.”

Ini soal alat memasak turun-temurun. Sebenarnya nggak pas juga sih, jadi, ibu tuh waktu dulu baru nikah, ngerampok alat-alat masak punya Eyang. Yang tereak-tereak malah si Nini, khadimat Eyang, hihi, barang-barangnya menghabis. Jadi, ibu pengen nyiapin alat masak buat ‘kuminta’ besok hari.

“Apa bedanya? Beli di pasar juga banyak.” Ngapain jauh-jauh ke magelang?? pikirku.
“Beda lah, ini batu.” Ibu yang lagi nguleg nyodorin muthu-nya. Muthu yang kemaren2 dibeli di Borobudur.
“Lah, emang ini apa? Batu juga kan?” tanyaku sambil nunjuk muthu yang buntutnya udah ilang alias pecah.
“Itu campuran, sama semen, nih liat, nggak ada pori-porinya, alus. Kalo yang ini kan ada pori-porinya.”
“Pantesaaann… kok enak banget ngulek pake yang baru.”
“Iya, ini ciri-nya juga dari batu. Beli di borobudur juga, dulu. Ini minta Eyang.” Ciri yang lagi buat ngulek tuh, guede… dan berat.”

Udah selese, mo beres-beres dapur, abis nyuci ciri langsung kutaro di tempat biasa dengan cara biasa. PLOK! Hahhh! jatooohhh…. langsung patah jadi dua… huhuhu… Aku nyengir di depan ibu, ciri gede satu-satunya pecaaahhhh… Yah, kudu beli lagi deeehhhh….. Biasanya kan kalo mecak lele atau mecak jantung pisang pake itu…. enak bangett…

Bentuknya kaya itu tuh, di atas… lebih gede, bayangin aja, pecah jadi dua…. Suruh dibuang ama ibu, tapi masih kusimpen…. Kan masih bisa buat ngulek, cuma berubah jadi kecil aja… hwhw… Oiya, biasanya orang bilang cobek. Ciri itu alasnya, muthu itu yang buat nguleknya..

Advertisements

18 thoughts on “Kyaaa! Aku memecahkannyaa!

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s