Suamiku hebat, bisa masak…

Bismillahirrahmanirrahim…

Tadi nonton acara Suamiku Hebat di Trans7, setengah 8. Lucu. Anaknya perempuan, lucu, masih 1th lebih. Tapi yang lebih lucu, bapaknya. Kurang tahu kalau itu beneran atau enggak, tapi di acara itu, sang bapak nggak bisa masak. Goreng tempe, bawang putih ga dikupas. Mungkin nggak sih ada yang sampe segitunya ga bisa masak? Yang mau dibahas di sini sih, sebaiknya laki-laki pun bisa masak sedikit-sedikit. Kan ada kalanya dia harus masak.

Masak nasi? Cuci beras, bersihin kalo ada batu atau kulit padi, airnya sekitar 1 ruas jari di atas permukaan, sebenernya tergantung lama beras, jenis beras, dan pengen dimasak lembek atau pera sih.

Bumbu tempe/tahu? Bawang putih, ketumbar/kemiri, garam, haluskan, kasih air sedikit, balurkan ke tempe, diamkan sebentar biar meresap. Enaknya, sayat2 tipis tempe, biar kering. Kalo mau pake tepung, pakailah tepung terigu, bumbu yang tadi tuang ke tepung, tambahkan air, celupkan tempe, goreng. Pakai potongan daun bawang lebih enak.

Bumbu ikan/ayam? Banyak variasi sih, ini yang biasa kupake aja ya? Bumbunya: bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit (bakar dulu), garam. Kasih air, oles ke ikan atau ayam yang mau digoreng, diamkan beberapa saat sebelum digoreng. Enak lagi, ikan disayat, biar krispi. Ayamnya kalo mau disimpen, ungkep dulu, pake bumbu tadi, direbus, mau lebih enak, pake air kelapa. Ikan sama ayam ini, kalo ditaro di tupperware, simpen di freezer/kulkas, tinggal goreng kalo mau masak.

Bumbu sapu jagad adalah…. bawang merah, bawang putih, cabai, garem. Iris tipis. Abis itu, tinggal mau pake kacang panjang, buncis, kangkung, pakis, dan sayuran lain. Oseng bumbu itu, sampe wangi, masukin air sampe mendidih, masukin sayur, kasih gula. Tutup biar lebih empuk. Nasi goreng? sama.

Apa beda ketumbar sama merica? Kan sama2 bulet tuh? Ketumbar LEBIH KECIL dari merica. Soalnya bapakku pernah keliru nih, hehe. Kalo udah biasa sih, dari suaranya kalo dikocok udah ketauan.

Aduh, banyak je lama-lama. Yang penting2 dulu aja deh, kalo masalah masak, tinggal liat resep sih bisa…. Hehehe… Semoga jadi bapak yang bisa masak….

Advertisements

31 thoughts on “Suamiku hebat, bisa masak…

  1. berry89 said: Apa beda ketumbar sama merica? Kan sama2 bulet tuh? Ketumbar LEBIH KECIL dari merica. Soalnya bapakku pernah keliru nih, hehe. Kalo udah biasa sih, dari suaranya kalo dikocok udah ketauan.

    hehe.. kadang masih bingung antara keduanya.. haduh..haduh.

  2. berry89 said: Apa beda ketumbar sama merica? Kan sama2 bulet tuh? Ketumbar LEBIH KECIL dari merica. Soalnya bapakku pernah keliru nih, hehe. Kalo udah biasa sih, dari suaranya kalo dikocok udah ketauan.

    abi nisa jg bs masak, walopun tiap bis masak dapur kya kapal pecah.. (kya ayahnya uda fajri)kekekeke..mbedain merica ma ketumbar? dicium aja. merica punya aroma yg khas, menghangatkan, agak pedas dan bikin pengen bersin..

  3. berry89 said: Apa beda ketumbar sama merica? Kan sama2 bulet tuh? Ketumbar LEBIH KECIL dari merica. Soalnya bapakku pernah keliru nih, hehe. Kalo udah biasa sih, dari suaranya kalo dikocok udah ketauan.

    Hi3…

  4. fajrihelmi said: wuiiih…tapi kalo papa masak, dapur jadi belepotan…giliran mam yg marah2…hehe, tp masakannya wenak

    tampaknya kekurangan beberapa laki2 gitu.. bapakku kalo abis masak juga berantakaan… aku yg ngomel2… hehe

  5. nisachem05 said: abi nisa jg bs masak, walopun tiap bis masak dapur kya kapal pecah.. (kya ayahnya uda fajri)kekekeke..mbedain merica ma ketumbar? dicium aja. merica punya aroma yg khas, menghangatkan, agak pedas dan bikin pengen bersin..

    aw, makin banyak aja yang punya kebiasaan sama.. tapi jangan bersin di mericanya yaahh.. hahaha

  6. nisachem05 said: abi nisa jg bs masak, walopun tiap bis masak dapur kya kapal pecah.. (kya ayahnya uda fajri)kekekeke..mbedain merica ma ketumbar? dicium aja. merica punya aroma yg khas, menghangatkan, agak pedas dan bikin pengen bersin..

    saya koq nggak bingung ketumbar ama merica…

  7. nisachem05 said: abi nisa jg bs masak, walopun tiap bis masak dapur kya kapal pecah.. (kya ayahnya uda fajri)kekekeke..mbedain merica ma ketumbar? dicium aja. merica punya aroma yg khas, menghangatkan, agak pedas dan bikin pengen bersin..

    Dulu pertama kali belajar bedain ketumbar dan lada tuh gini :ketumbar:bulat dan bergaris2.Lada : bulat tanpa garis 2

  8. violeisyh said: waduh mesti dilihat dulu ya gitu satu2 … kapan mau selese masaknya kalo gitu.

    coba bandingin suaranya, kalo dikocok, merica lebih mantep. Tapi kalo aku sekarang lebih praktis pake merica bubuk, nguleknya gak repot, hehehe.

  9. berry89 said: coba bandingin suaranya, kalo dikocok, merica lebih mantep. Tapi kalo aku sekarang lebih praktis pake merica bubuk, nguleknya gak repot, hehehe.

    yaudah deh ngikut,. yang praktis2 ajah. 🙂

  10. berry89 said: coba bandingin suaranya, kalo dikocok, merica lebih mantep. Tapi kalo aku sekarang lebih praktis pake merica bubuk, nguleknya gak repot, hehehe.

    membangkitkan semangat buat belajar masak nih…tengkyu ya non 😉

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s