Kelembutanmu, Mengalihkan Duniaku…

Bismillahirrahmanirrahim

Tadi siang abis nangis berdarah-darah setelah nonton INI dan ngobrol sambil mata berkaca bareng emak, tentang beliau…. Subhanallah….

Dan ini tentang beliau, tentang kelembutannya….

“Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla menyukai sifat lemah lembut dalam seluruh perkara”. HR Bukhari Muslim

Seorang lelaki, ketika dia begitu lembut, hatinya begitu murni, ia pun tak malu menangis…. Meski air mata lebih banyak dimiliki oleh wanita. Tidak salah, karena lelaki tak sepenuhnya harus bersikap ksatria. Terkadang kelembutan justru menjadi daya tariknya.

“Menangislah ! Apabila kamu tidak bisa menangis maka buat-buatlah untuk dapat menangis!” H.R. Ibnu majah

Apakah saat saudara kita berbuat kesalahan, kita pantas membentaknya, memarahinya meski kita benar? Padahal Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam begitu baiknya, pada orang jahil ini, beliau tidak sedikitpun menunjukkan kekesalan…

“Dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallohuanhu, ia berkata: “Ketika kami berada di dalam masjid bersama Rasulullah, tiba-tiba datang seorang badui. Lalu, ia (badui) kencing di dalam masjid. Para sahabat Rasululah berseru: “Tahan! Tahan!” Kemudian Rasulullah berkata: “Janganlah kalian ganggu . Biarkanlah dia.” maka para sahabat membiarkannya sampai ia selesai kencing. Selanjutnya Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam memanggilnya seraya berkata : “Sesungguhnya masjid-masjid ini tidak pantas dikenai sesuatu dari air kencing dan kotoran. masjid adalah untuk dzikrullah, shalat, dan membaca Al Qur’an.” HR Bukhari Muslim.


“Biarkanlah dia ! Tuangkanlah saja setimba atau seember air. Sesungguhnya kalian diutus untuk mempermudah, bukan untuk mempersulit”


Dalam riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majah, terdapat keterangan, bahwa saking terkesannya, setelah paham agama, orang badui itu berkata : “Ayah dan Ibuku menjadi tebusan beliau. Beliau tidak mencela, tidak mencaci maki dan tidak memukulku”

Allah Ta’ala berfirman, “Dengan sebab rahmat Allah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauh dari sekelilingmu” [Ali Imran : 159]

Dan ini juga sebagian kisah kelembutannya, yang ia persembahkan untuk umatnya…

Ketika waktu untuk Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam berada di dunia berada dalam batas ambang, ketika beliau sakit hingga tak kuasa lagi mengimami di masjid, kala itu. Ia berkata, “Suruh Abu Bakr memimpin orang-orang sembahyang.”

Aisyah ingin sekali Nabi sendiri yang melaksanakan shalat, mengingat bahwa tampaknya Nabi sudah berangsur sembuh. “Tapi Abu Bakr orang yang lembut hati, suaranya lemah dan suka menangis kalau sedang membaca Qur’an,” kata Aisyah.

Aisyah pun mengulangi kata-katanya itu. Tetapi dengan suara lebih keras Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata lagi, dengan sakit yang masih dirasakannya: “Sebenarnya kamu ini seperti perempuan-perempuan yang di sekeliling Yusuf. Suruhlah dia memimpin orang-orang bersembahyang!”
Kemudian Abu Bakr datang memimpin sembahyang seperti diperintahkan oleh Nabi.

Pada suatu hari karena Abu Bakr tidak ada di tempat ketika oleh Bilal dipanggil hendak bersembahyang, maka Umarlah yang dipanggil untuk memimpin orang-orang bersembahyang sebagai pengganti Abu Bakr. Oleh karena Umar punya suara lantang, maka ketika mengucapkan takbir di masjid, suaranya terdengar oleh Nabi dari rumah Aisyah.

Nabi bertanya, “Mana Abu Bakr? Allah dan kaum muslimin tidak menghendaki yang demikian.”

wallahu a’lam

Advertisements

24 thoughts on “Kelembutanmu, Mengalihkan Duniaku…

  1. ikhwatiislam said: saya pernah di cintai oleh org yg sgt lembut hatinya, dan sngking lmbutnya malah jd gak cocok hahahaha,,*tuinkkkkkk,,,, LOL

    masa mba? alesan ngga cocoknya gara2 terlalu lembut? hwahaww…

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s