Sop Buntut – Bukan Sekadar Sop

Description:
Tadi ke pasar, ngeliat ada buntut, tumben kaan… Beli dah, seperempat, 12.500 kalo ga salah inget, segituan lah… Uda deh, beli bahan sop…

Tragedi pas masak ini adalah, karena kepedean masak sop buntut, kukira kayak masak sop biasa ajaa… lah dalahhh… hasilnya amburadul… “kok ga kayak sop buntut yee??” udah ga berasa sop buntut, buntutnya masih alot, sayurnya kematengan, bau sapi, akhirnya browsing juga dehh… nanana…

ternyata di resep yang aku temuin, air rebusan buntut yang pertama, dibuang… pantesaaann… uda gitu, normalnya buntut direbus 3 JAM…. dodolipret, aku mana ada 1 jam? akhirnya, aku ngulaaaannggg! remed! bumbu belum lengkap, aku ngacir ke supermarket terdekat, demi merombak ulang tu buntut satu-satunye….

nah, resep di bawah adalah resep normal,

Ingredients:
1. Buntut sapi, uda dipotong seruas-seruas yak! + jahe
2. Sayuran SOP : wortel (australia), kubis, seledri, daun bawang, kentang, kembang kol
3. Bumbu: bawang putih 3 siung keprek, bawang bombay iris, merica bubuk, kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, garam, gula
4. Mentega

Directions:
1. Bahan pertama, direbus, air rebusan pertama dibuang sebelum mendidih, ulang rebusan… kalo kuat tenaga, waktu, ama gas, rebus 3 jam, kalo pengen cepet, pake panci presto (tekanan tinggi) sekitar 30-45 menit + JAHE 1 ruas, kalo udah empuk, pindah deh ke panci biasa

2. Tumis pake mentega, bawang putih ama bawang bombay, masukin ke air daging yang di atas noh… ampe mendidih

3. Masukin merica bubuk, kayu manis dikiiit, cengkeh dikiit, garam, gula

3. Masukin sayuran, pertama wortel, kentang, tunggu mendidih masukin kembang kol, sekitar 10 menit kemudian masukin daun bawang, seledri, kobis… ga usah lama-lama, angkat

3. Taro mangkok, taburin bawang goreng

Yatta! Jadiii deh… uda kayak yang di restoraaan… ga banyak lemak juga 😉
HAPPY COOKING ^^

Advertisements

8 thoughts on “Sop Buntut – Bukan Sekadar Sop

  1. ikhwatiislam said: ada sop buntut yg nendang baed di jkt fillain kali kl km jd maen ke kontrakanku, ku ajak ke sana deh :-p

    akeh lemake kiye mesti…asikasiiikk… ajak en bayarin dooong..

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s