Mie Aceh Kepiting

DSC01207

Description:
Bismillahirrahmanirrahim…

Berhubung kemaren abis beli kepiting+rajungan yang begitu murah… 25 ribu = 1 kepiting 3 rajungan, murah kaan? Jadi kepingin bikin Mie Aceh. Pernah makan sekali, mie aceh goreng, pengen yang berkuah. Setelah 1 kali ampe kebawa mimpi, akhirnya aku mendapatkan bahan terpentingnya… Harus ke supermarket, gara2 di warung sayur deket rumah ga ada 😦 . Btw aku ambil resep dari sini, kuganti jadi kepiting doang : http://resepmasakanindonesia.info/resep-masakan-mie-aceh/ Sebenernya aku nggak terlalu suka masak mie… suka ribet, tapi ternyata masak ini ga ribet, selain mie-nya gak gampang benyek, pake jepitan buat nyampur mie ama kuahnya… Dan inget, yang ALERGI jangan coba2… Aku lupa misahin kepitingnya, jadi ibu ga bisa ikut makan deh.. hehe

Ingredients:
# kepiting > kepiting yang kupake udah dimasak dulu..
# mie basah besar, berhubung ga punya, pake mie telor : rebus secukupnya, buang air, bilas pake air dingin, rendam di air es, buang air, lumuri pake minyak biar ga lengket
# 4 siung bawang putih
# 3 butir bawang merah
# 1 buah tomat, dipotong-potong
# kaldu sapi bubuk sedikit aja, campur air 1 gelas
# taoge
# kol, diiris
# 1 1/2 sendok makan kecap manis
# 1/2 sendok makan garam
# 1 sendok teh gula pasir
# 3 sendok makan minyak untuk menumis
# 1/2 sendok teh cuka
# 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm

Bumbu yang dihaluskan:

* 6 butir bawang merah
* 1 butir kapulaga
* 4 siung bawang putih
* 4 buah cabai merah besar, dibuang biji
* 2 cm kunyit, dibakar
* 1/4 sendok teh jinten
* 1/2 sendok teh merica

Bahan acar:

* 1 buah mentimun buang biji, wortel, bawang merah, cabe rawit dipotong-potong dadu
* 1 sendok teh gula pasir
* 1-2 sendok teh cuka
* 1/2 sendok teh garam

Directions:
Acar:
1. Sayur agak diremas
2. Tambah gula pasir, cuka, garam, aduk, simpan di wadah plastik
3. Masukkan kulkas, tunggu sekitar 1 jam
Mie Aceh

1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu yang telah dihaluskan sampai beraroma harum. Tambahkan kepiting. Aduk sampai rata.
2. Tambahkan tomat, taoge, dan kol. Aduk hingga layu.
3. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, kaldu sapi, dan cuka. Masak sampai meresap.
4. Masukkan mie. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, taburkan daun bawang. Aduk sampai rata.
5. Sajikan mi aceh dengan acar mentimun dan emping goreng.

Segerrrr rasanya 😉
Happy Cooking

Advertisements

46 thoughts on “Mie Aceh Kepiting

  1. berry89 said: hihihi… kalo mie acehnya mah di jogja ada kali ya?

    adasatu,, rumah aceh.. dkt rumah pohon yg di JJ Plasadua,, mie aceh yg di asrama acehtiga,, yang digodeanempat,, ga tau 😀

  2. ademataho said: adasatu,, rumah aceh.. dkt rumah pohon yg di JJ Plasadua,, mie aceh yg di asrama acehtiga,, yang digodeanempat,, ga tau 😀

    banyaaaakkk… di sini mah ga tau…dulu ada tapi sekarang enggak.. minta masakin tetanggaku aja kali ya? *orang aceh*

  3. griyabukuq said: dibungkus ya… ga pake sambel, karetnya dua.. sama wedang uwuh.. dingin2 hujan gini enak 😀

    idihhh… namanya mie aceh mah kudu pedes mbaaahhh.. sshhahh shhhaahh, gituu.. ;Paku belum pernah minum wedang uwuhh… enak mbah?

  4. berry89 said: idihhh… namanya mie aceh mah kudu pedes mbaaahhh.. sshhahh shhhaahh, gituu.. ;Paku belum pernah minum wedang uwuhh… enak mbah?

    wah, kalau pedes nggak jadi..enak…campuran secang, cengkeh, dan beberapa rempah-rempah lain.. warna dominan secangnya. seperti sirup tapi anget de badan.. siplah pokoknya

  5. griyabukuq said: wah, kalau pedes nggak jadi..enak…campuran secang, cengkeh, dan beberapa rempah-rempah lain.. warna dominan secangnya. seperti sirup tapi anget de badan.. siplah pokoknya

    wedang sampah kan ya bahasa indonesianya? hwhw

  6. berry89 said: wedang sampah kan ya bahasa indonesianya? hwhw

    he..he.. iya..kalau yang wedang sampah tinggal nyari uwuh di jogangan trus diseduh pake air panas ditambah gula secukupnya…*wetenge trus muleg-muleg

  7. griyabukuq said: he..he.. iya..kalau yang wedang sampah tinggal nyari uwuh di jogangan trus diseduh pake air panas ditambah gula secukupnya…*wetenge trus muleg-muleg

    giiiiiga mau lah, hwhw

  8. katerinas said: ada mie aceh, ada ikhwan acehnya juga ga ya? Hidung saya meler kalo denger kata aceh :))

    ga ada lah mba rien… hidung saya meler kalo mienya kepedesan, hihi

  9. Pingback: Cook – Another Mi Aceh Kepiting | étoile filante

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s