Kue Kamir

Description:
Bismillahirrahmanirrahim…

Semalem si ibu pengen kue kamir. Emang udah lama nggak makan, aku juga nggak tahu ternyata di perempatan kebondalem ada yang jual. Berhubung bapak pas pulang dari jakarta kemaren bawa peuyeum, yang udah agak menape alias menjadi tape walau ga mirip-mirip amat *amat aja mirip* akhirnya dengan segenap bahan yang ada, aku bikin lah. Lagipula kan harus nunggu ngembang lebih dari 9 jam, bikin besoknya kan bisa.

Tapi eh tapi, aku kan ga punya cetakannya, akhirnya tadi pagi pergi ke Hero buat cari cetakan. Ga paham banget cetakan kamir kayak apa, katanya sih bisa pake cetakan kue mangkok, tapi ga ada, akhirnya aku beli cetakan kue carabikang. Huwah, ternyata muahal juga. Yang ukuran tanggung harganya 51 rebu, yang besar 63 rebuan. Nah kalo teflon, antara 200 rebu sama 400 rebu tuh *ngiler*. Yaudah, padahal cuman bawa 50 rebu, kirain 20rebuan, haha. Beli deh.

Kue kamir ini asalnya arab, konon dibawa orang arab ke pemalang. Nah, ni yang bikin di pemalang bertebaran kue kamir. Waktu nginep di tegal, aku jalan-jalan trus nemu yang jual. Pas pulang dari pekalongan dulu banget juga, mampir di pemalang beli kue kamir. Hahaw. Penasaran? Check it out!

Ingredients:
Bahannya aku modif, biar gak kebanyakan… Tapi as usual, aku ga pake2in timbangan, haha, males..

1/2 kg terigu
1/4 kg gula
1/4 kg tape (ga usah kebanyakan deh, buat rasa doang)
1/4 sdt fermipan
1 gls susu
1 gls santan
1 butir telur
mieses coklat buat isi kalo mau

Directions:
1. Tape diremas bareng gula pake mangkok sendiri
2. Campur bahan yang lain jadi satu, jangan diremas, tapi diteken-teken pake tangan terbuka… sampe kalis
3. Campur 2 adonan di atas
4. Tutup pake lap basah, tunggu 9-15 jam-an ampe ngembang tuh
5. Siapkan wajan cetakan kue, mo pake cetakan serabi juga gapapa sih kayaknya, mo pake wajan biasa versi mini juga boleh, oles margarin (semua bagian loh, biar ga lengket dan hasilnya buagus)
6. Api sedang cenderung kecil aja
7. Tuang adonan di cetakan, kalo mau kasi mieses, taro di tengah trus tutup adonan lagi, balik, angkat… ga perlu lama-lama kok

Advertisements

9 thoughts on “Kue Kamir

  1. wennyrad said: rasanya asem manis ya? blum pernah makanbahkan br denger ada nama kue ini.. heuheu 😛

    iya, banyak yang ga ngerti..kayak apem rasa tape gitu deh mba, hwhw

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s