Cover Buku-kah yang Paling Berpengaruh?

Bismillahirrahmanirrahim….Bisa dibilang, aku paling lemah kalo menghadapi buku dengan penampilan yang menarik hati. *Apaan sih? geje* Iya, kok, kalo disandingi 2 buku berjejer, yang pertama kali aku lihat adalah covernya. Bagus, atau enggak. Baru setelah itu ceritanya. Kalau nggak, sebaliknya, pernah baca resensinya, terus aku bingung beli antara 2 buku, mungkin aku ambil yang penampilannya menarik. Salah satu penerbit yang covernya keren-keren abis tu Gagasmedia, jadi harus hati-hati banget pilih buku, takut kecele dari cover, haha.

Penampilan menarik menurutku adalah: art.. cover yang aku suka adalah yang sisi seninya keluar banget. Bukan yang cuma foto gadis berjilbab yang diambil dari google, lantas dipajang. Kadang kalau cover jelek, bacanya pun agak kepayahan karena nggak ada trigger. Tapi, kalau penulisnya udah terpercaya banget, faktor ‘cover’ bisa hilang.

Selain cover, kertas. Aku suka kertas yang ringan, dan baunya kayak uang kertas baru. Catchy. Menarik. Kalau HVS yang gramnya berat, agak kurang suka sih, tapi karena kebanyakan pakai itu, mau nggak mau dibaca juga. Tapi kalau cium bau itu rasanya suka aja. Selain itu bau komik baru. Hehe.

Kalau soal judul…. Mungkin nggak terlalu pengaruh, selama ini. Meskipun lebih suka judul-judul yang simpel, tapi it’s okay.

Rekomendasi orang, kadang penting juga buat milih buku. Cuma kadang bisa kecele kalau ternyata genrenya nggak cocok, usahakan memang baca sebagian cerita, sekilas aja. Kalau di gramed atau toga mas biasanya disediakan 1 buku yang boleh dibuka kan?

Nah, setelah dibuka, kadang aku lihat tulisannya. Aku kurang suka yang ukuran font-nya terlalu kecil dan rengket, kurang nyaman, karena kalau baca novel aku nggak pernah pake kacamata, *bacanya sebelum tidur, jadi males, hehe*.

Kriteria itu kadang aku pakai kalau aku nggak punya uang cukup untuk beli, tapi banyak buku bertebaran yang minta dibeli. Kalau nggak pake kriteria itu, bisa banget aku kalap beli. Kayak tadi, di gramed. Lagi banyak buku baru dari penulis yang aku suka, tapi buat nahan hasrat itu, aku pake kriteria di atas. Nanti kalau pergi ke toko yang ada diskon, baru boleh nimbang-nimbang lagi. Hehe. Jalan-jalan di toko buku terlengkap tu penting buat nambah daftar buku to-read 😉

~happy reading~

Advertisements

18 thoughts on “Cover Buku-kah yang Paling Berpengaruh?

  1. dysisphiel said: nek buku sejarah kan sing penting isine, dudu sampuledadi jarang sing sampule menarik

    makane cover nomer 3. :pnek buku sejarah tetep pada baen pengarang/penulise disit terus judule nembe cover.

  2. ajengprimastiwi said: Ooi,beli buku baru y?judulnya apa?ah,bikin mupeng.eh,hr ni weekend.d toga ada diskon novel mpe 25% dan non novel 20%.lumayan tu.hehe.

    beli komik dr. koto, kamu ada pelmnya? aku mauuu.. komiknya lucu deh, hwhwmupeng novel di gramed, tapi belinya mau di toga aja lah.. hwhw

  3. rinurbad said: Salah satu penerbit yang covernya keren-keren abis tu Gagasmedia — setuju:)

    iya kaann…! aku ngiler karena sampulnya keren2.. ga ada gambar makhluk hidup tapi nyeni banget

  4. dysisphiel said: Selain cover, kertas. Aku suka kertas yang ringan, dan baunya kayak uang kertas baru. Catchy. Menarik. Kalau HVS yang gramnya berat, agak kurang suka sih, tapi karena kebanyakan pakai itu, mau nggak mau dibaca juga. Tapi kalau cium bau itu rasanya suka aja. Selain itu bau komik baru. Hehe.

    Akkhh sama kak. Kita penggemar bau buku ya 😀 :DHmm kalo kertas yg bagus aku juga suka yg ringan. Yg warna agak2 coklat gitu juga bagus, walau banyak yg harganya bikin kecele =_=

  5. 8onetwo said: Akkhh sama kak. Kita penggemar bau buku ya 😀 :DHmm kalo kertas yg bagus aku juga suka yg ringan. Yg warna agak2 coklat gitu juga bagus, walau banyak yg harganya bikin kecele =_=

    hihi, iya sekarang rata-rata buku gitu harganya sekitar 34 – 41 ribu.. cari diskon, kalo enggak nunggu harganya turun ;P

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s