Donor? Siapa Tatut?

Bismillahirrahmanirrahim

Tulisan ini ditujukan kepada yang belum pernah berdonor yang sebenarnya mampu berdonor.. hehe

Aku baru selesai baca Buku barunya Teh Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar, di sana aku inget lagi, bahwa kebutuhan darah penting banget untuk kelanjutan hajat hidup orang banyak. Mungkin kita yang belum merasa butuh, nggak akan menyadari seberapa pentingnya darah itu bagi mereka yang membutuhkan. Aku ngebayangin Zhi bolak-balik PMI buat dapetin darah buat transfusi Teh Pipiet aja ikut nelangsa.

PMI, butuh banyak sekali darah. Sejauh ini sebagian besar darah diperoleh dari Donor Darah Sukarela sebanyak 83 %, sedangkan sisanya 17 % diperoleh dari Donor Darah Pengganti. Presentase ini menunjukkan betapa pentingnya peran Donor Darah Sukarela dalam kelangsungan pengadaan darah.

”Idealnya stok kantong darah yang diperlukan secara nasional adalah 2 persen dari jumlah penduduk yaitu 4,8 juta kantong darah. Sejauh ini PMI baru bisa mengumpulkan 1,9 juta kantong darah. Jadi masih kurang sekitar 3 juta kantong,” jelas Jusuf Kalla di situs PMI.

Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan, kemungkinan stok bakal menurun kan? Ayolah, ini kan juga salah satu bentuk shadaqah kita. Bukannya hampir sama dengan jihad? Darah kita berguna buat orang banyak looh! Malahan di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang dibuka gerai unit donor darah buat memudahkan pendonor.

Nyumbang 250-350 cc nggak akan bikin kamu kekurangan darah, trust me. Justru makin sehat… Apalagi yang anak kos, bisa menghemat makan 1 kali. Haha. Jadi, segera donorkan darahmu, rutin lebih baik lagi. Cuma 3 bulan sekali kok. Bahagialah yang punya syarat baik sebagai pendonor, banyak yang kecewa, nggak bisa membantu saudaranya dengan tetes darah mereka loh!


POSTINGAN TERKAIT



Advertisements

36 thoughts on “Donor? Siapa Tatut?

  1. betul, harusnya lebih banyak lagi point pengumpulan darah di tempat2 strategis, biar mudah… lha kemarin pas di rs fatmawati aku pingin donor malah petugasnya bingung, soale petugas lain ndak ada di counter, piye tha…wkwkwkwk

  2. Sudah berkali-kali mencoba untuk donor, tapi selalu di TOLAK oleh suster T_T… Entah yg alesannya berat badan kuranglah, darah rendah lah dsb. Katanya kasian pasien yang nerima darahku klo aku juga gak sehat,hiks… Pdhl dah mupeng sangad mo donor.

  3. amatullahnella said: Sudah berkali-kali mencoba untuk donor, tapi selalu di TOLAK oleh suster

    Tantangan untuk hidup lebih sehat..ya. Memang, jangan sampai niat untuk menolong orang malah membuat dirinya yang harus ditolong. Yuk…tingkatkan BB dan kadar Hb (biasanya 2 syarat ini yang jadi kendala)

  4. drprita said: Tantangan untuk hidup lebih sehat..ya. Memang, jangan sampai niat untuk menolong orang malah membuat dirinya yang harus ditolong. Yuk…tingkatkan BB dan kadar Hb (biasanya 2 syarat ini yang jadi kendala)

    Nah itu dy,mba…Susah bgt tuk ningkatinnya. Apalagi nella langganan masuk RS,hahaha… (kayaknya malah nella yg perlu di donor nie)

  5. drprita said: Tantangan untuk hidup lebih sehat..ya. Memang, jangan sampai niat untuk menolong orang malah membuat dirinya yang harus ditolong. Yuk…tingkatkan BB dan kadar Hb (biasanya 2 syarat ini yang jadi kendala)

    jadi inget kalau lama nggak donor…

  6. drprita said: Tantangan untuk hidup lebih sehat..ya. Memang, jangan sampai niat untuk menolong orang malah membuat dirinya yang harus ditolong. Yuk…tingkatkan BB dan kadar Hb (biasanya 2 syarat ini yang jadi kendala)

    mba nel,, die juga samaan sama mba.. tiap mau donor ditolak mulu,, padahal pengen..

  7. srisariningdiyah said: betul, harusnya lebih banyak lagi point pengumpulan darah di tempat2 strategis, biar mudah… lha kemarin pas di rs fatmawati aku pingin donor malah petugasnya bingung, soale petugas lain ndak ada di counter, piye tha…wkwkwkwk

    hwhw, iyap, aku sendiri kalau ke PMI males, jadi nunggu jadwal ke kampus ;p

  8. amatullahnella said: Nah itu dy,mba…Susah bgt tuk ningkatinnya. Apalagi nella langganan masuk RS,hahaha… (kayaknya malah nella yg perlu di donor nie)

    hihi, betul tuh kata dokter prita.. itu kunci syarat donor.. haha.. kamu masuk RS mau ngebantuin perawat atau ngerepotin? sehat selalu ya neng 😉

  9. urohpatrick said: iya cuma bisa liatin org donor trus mintain kue dan pop mienya. hahaha

    iih, dasar..emang di sana dikasihnya itu ya? kue ama popmie?aku mah mie rebus, telor rebus, ama susu cokelat, kenyaangkalo lagi promo ama pocari sweat

  10. berry89 said: iih, dasar..emang di sana dikasihnya itu ya? kue ama popmie?aku mah mie rebus, telor rebus, ama susu cokelat, kenyaangkalo lagi promo ama pocari sweat

    biasanya kue mari yg kecil, popmie, kadang susu kadang fruit tea, sama vitamin. heuheu..jangan2 kamu ngincer makanannya ya hay. hahaha (ketawa setan suudzon) wakakak

  11. urohpatrick said: biasanya kue mari yg kecil, popmie, kadang susu kadang fruit tea, sama vitamin. heuheu..jangan2 kamu ngincer makanannya ya hay. hahaha (ketawa setan suudzon) wakakak

    waw, enak..hahaha.. iya dong.. kalo bisa malah 2 porsi *plak

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s