Hayooo.. Tahu nggak sama seafood ini…. ?

Bismillahirrahmanirrahim…

Barusan, paklikku dateng dari Cilacap, bawa pesenan mbakku, yaitu yutuk… Biasanya sih aku belinya yang udah mateng, udah dibungkus, kalo gak udah dipeyek. Warnanya kuning, kayak kepiting yang udah mateng. Yutuk tu ternyata nama lainnya undur-undur laut. Aku pernah masak, ni DI SINI.


Mau liat lebih deket?

Ada telornya yeee… hwhw..

Aku awam banget soal ini, jadi aku ngintip lapak orang.. katanya ni binatang tu ..

Berbagai hasil penelitian menunjukkan undur-undur laut mengandung lemak total yang cukup tinggi, berkisar antara 17,22 – 21,56 persen. Kandungan asam lemak omega 3 total (EPA dan DHA) juga cukup tinggi, berkisar antara 7,75 – 14,48 persen dibandingkan dengan beberapa jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting.

Sedangkan kandungan EPA (6,41 – 8,43 persen) lebih tinggi dibandingkan kandungan DHA (1,34 – 6,57 persen). Dengan adanya kandungan asam lemak omega 3 yang dimiliki undur-undur laut diyakini dapat menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula bagi penderita penyakit diabetes. (dari sini)

Tapi jangan makan kebanyakan, tar bisa pusing loow.. kalo aku sii 😛 Mau coba? Di pesisir tuh, biasanya… Cilacap Kebumen deh 😀

Cara masak kalo masih mentah? rebus aja dulu, nanti dibumbuin pake bumbu ikan, terus digoreng, mo dimasak kayak kepiting bisa juga.. dibikin rempeyek juga bisa 😀

Advertisements

34 thoughts on “Hayooo.. Tahu nggak sama seafood ini…. ?

  1. azizrizki said: sampang ya adoh lahlewih cedhek ming pwt

    oh ini saya tauuu dulu diaceh banyak nie carinya juga dipinggir laut dipasir yang ada ombaknya…. kalo surut airnya nah kita korek deh tuh pasir pasti dapet kayanya musim2an ini…. saya kita yg diresep itu sejenis udang kulitnya tebal dan keras kalo ini sepertinya kulitnya g keras2 banget kan? saya lupa udah lama banget…. rasanya ya ky kepiting or udang gt kan? duh jadi pengen

  2. liyaza said: oh ini saya tauuu dulu diaceh banyak nie carinya juga dipinggir laut dipasir yang ada ombaknya…. kalo surut airnya nah kita korek deh tuh pasir pasti dapet kayanya musim2an ini…. saya kita yg diresep itu sejenis udang kulitnya tebal dan keras kalo ini sepertinya kulitnya g keras2 banget kan? saya lupa udah lama banget…. rasanya ya ky kepiting or udang gt kan? duh jadi pengen

    iiiiiiiiiyaaaaaaaaa, hwhwhwhw… ke sini aja bun

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s