Idul Adha Anak Rantau

Bismillahirrahmanirrahim..
Hari selasa kemarin, aku mutusin buat Idul Adha lebih awal sesuai ama yang di Arab sonoh. Dari kelompokku, cuma 3 yang shalat hari selasa, begitu juga ibu kos dan keluarga.
Pagi itu sepulang jaga, langsung aja mandi dan siap-siap. Berangkat ke masjid deket situ. Wah, cuma 3 shaf seluruhnya. Pagi yang diguyur hujan makin bikin dingin aja.
Mau tau yang kurasakan malam sebelumnya? Sepi, sesepi-sepinya. Di desaku, tampaknya memang jarang yang bertakbir, ada juga desa sebelah-sebelahnya. Akhirnya aku di puskesmas dalam kesepian. Berasa kayak malam minggu aja. Tidur pun bangun-bangun melulu. Jam 3 pagi melek, pas terjadi keributan khas pasien baru datang. Percobaan bunuh diri. Hmm…
Kembali ke masjid. Hanun, cucu ibu kos yang cantik dan lincah nggak berhenti bolak-balik di depan shaf terakhir, shaf wanita, bikin mataku nggak lepas. Pake acara bawa-bawa kotak amal segala, bikin ketar-ketir kalo sampe jatuh ke kakinya.
Selesai shalat? Lapar semakin menjadi, kan nggak sarapan dulu. Tapi nggak sempet yang namanya sarapan, kami ke puskesmas, kerja. Siangnya udah gak tahan, beli rames juga. Belum juga turun isi perutnya, diundang makan ke rumah salah satu perawat yang jadi panitia kurban. Alhamdulillah, ngerasain daging juga, hehehe. Malamnya, ibu kos udah nyiapin gule sapi buat dimakan.
Dan takbir pun baru berkumandang bersahut-sahutan.
Pagi hari rabu, aku merasakan rasanya jadi anak kosan di saat idul adha tiba dan nggak mudik. Lapar. Tukang nasi kuning yang biasanya datang udah mendeklarasikan, mulai rabu dan beberapa hari berikutnya mau libur dulu, banyak daging. Akhirnya aku sama kakak kelasku yang tugas jaga full day hari itu, turun ke ajibarang cari makanan.
Bisa ditebak, hampir semua toko tutup. Ujung-ujungnya malah kami nyampe ke Sikakak, tempat masjid saka tunggal berdiri. Abis puas ngasih makan monyet yang gendut-gendut, kami pulang berharap menemukan warung buka. Akhirnya tetep aja di warteg deket sana yang alhamdulillah memutuskan tetap buka di hari libur besar begini. Horee… Dan hari itu kuhabiskan di puskesmas, dengan makan siang dari bu dokter, oseng daging sapi cabe hijau. Alhamdulillah… 😀
Advertisements

16 thoughts on “Idul Adha Anak Rantau

  1. mylathief said: hay, koasnya di daerah mana, sih, itu?

    aku juga sholat hari selasa, pil.sepi pisan di sekitar kosan.pas sampe kampus,,,, takbir bersahut-sahutan. subhanalloh…dan masjid al hurriyyah tetap ramaii.. penuh.:D

  2. susie89 said: aku juga sholat hari selasa, pil.sepi pisan di sekitar kosan.pas sampe kampus,,,, takbir bersahut-sahutan. subhanalloh…dan masjid al hurriyyah tetap ramaii.. penuh.:D

    baguslah kalo gitu, hoohoho…ga dipotong kamu cus?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s