[Fiksi] Syaratmu Terlalu Tinggi, Ukhti..

Bismillahirrahmanirrahim….

“Terlalu berat, syaratnya.” Hafid meletakkan CV ke mejaku.

“Nggak mampu, Akh.” Kali ini Syafiq.

“Wah, sudah cukup sampai di sini Stadz, saya belum bisa.” Badrun, barusan.

Dan 15 ikhwan lain, melakukan hal yang sama, dengan penolakan yang berbeda, dalam kurun waktu 2 bulan saja.

“Uuum, gimana nih? Kamu nggak bisa apa bilang ke Ifah supaya menurunkan syaratnya?” kataku, sambil menggendong Habil.

Mulut istriku menyong. “Berkali-kaliii Abii…” Ia mengingat-ingat jawaban Ifah setiap ditanya tentang syaratnya: persis seperti Abah, simpel kan? cuma satu.

____________

“Fah, kenapa abah liat, ikhwan yang mau ta’aruf sama kamu selalu mundur?”
Ifah berjengit, “Ih, biarin dong Bah, kan belum nemu yang cocok.”
“Masa sebanyak itu nggak cocok?”
“Aku cari yang kayak Abah.”
“Emang Abah kenapa?”
“Abah tuh agamanya pinter, dan bisa semua hal.”

Ifah mengagumi Abahnya, sangat. Seorang kyai yang zuhud, namun modernisasi juga masuk ke otaknya yang bisa dibilang jadul. Pandai dalam segala hal. Pandai dalam segala ilmu. Ifah betul-betul mengaguminya.

“Fah, usia Abah sekarang berapa ya?”
Ifah mengerut, Abahnya tak mungkin lupa. “65 Bah….”
“Selama itulah Abah belajar Nduk. Abah belum banyak belajar saat muda, tapi setelah menikah, Abah makin giat belajar.”

Ifah mendengarkan baik-baik.

“Kamu pikir Pesantren milik Abah berdiri kapan? Setelah masmu berusia 6 tahun. Abah mulai mengajar di universitas, ketika kamu 3 tahun. Abah belajar pemrograman komputer waktu kamu 7 tahun. Itu proses Nduk.”

Ifah tergugu.

“Abah tahu tentang perbengkelan, sejak Abah punya mobil, saat kamu berusia 12 tahun. Pro-ses. Semua orang punya kelebihan masing-masing Fah, jangan samakan mereka dengan Abah. Abah juga punya kekurangan.”

Ifah mengangguk paham. Ia tersenyum, dan menghapus syarat yang diajukannya sebelumnya menjadi :pembelajar sejati.

Advertisements

26 thoughts on “[Fiksi] Syaratmu Terlalu Tinggi, Ukhti..

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s