Simpan Saja Perhatianmu, Bang!

Bismillahirrahmanirrahim….

Sepulang poli, kepala Achie cenat-cenut nggak karuan, ia memutuskan pulang segera. Di perjalanan pulang tak lupa ia mampir untuk membeli dua bungkus es campur, untuk buka nanti sore.

“Ugh, begini nih kalau nggak sahur.” Selesai shalat, ia ambruk di kasur. Alarm ponselnya ia setel waktu ashar.

Treleleletttuittttuuiittt. Tangan Achie menggapai-gapai ponsel, mematikannya. Perlahan ia bangun. Cleeeng. Sakiiittttt. Kumat lagi kepalanya. Setelah wudhu, ia balurkan banyak balsem di sekujur kepala dan lehernya. Lumayan, mengurangi sakit di kepalanya saat bersujud dan rukuk.

Menunggu adzan, ia memutuskan membaca Buku Penyakit Kulit FKUI, stabilo dan kertas post it warna-warni bertebaran di kasur. Bolak-balik ia mengoleskan lagi balsem di kepalanya. Menjelang adzan, ia beraksi di dapur, memasak lauk untuknya dan beberapa adik kosnya. Cleng, cleng. Si kepala berulah tiap ia bergerak.

Yap adzan! Alhamdulillah, Achie meluncur ke dapur, membuka es campurnya dan mengisi piringnya dengan nasi secukupnya. Es, pantangan berbuka itu ia sambar saja karena tak tahan warna-warninya yang menggiurkan. Hanya berharap setelah berbuka, sakit kepalanya hilang, malam ini ia jaga, meski dalam arti sebenarnya hanya follow up malam.

Jam 7 malam. Meriang. Berkali-kali ingin muntah.

SMS
Achie : Bang! Berangkat sekarang aja yuk, nggak enak badan ni. Kalau kemalaman takut tepar!
Fatur : Ok, aku mandi dulu ye!

Yaah, pake mandi segala!

Achie membungkus badannya dengan jaket tebal, aroma minyak kayu putih menguar tajam. Bodo ah, yang penting berangkat! Dipacunya scoopy putih itu cepat.

Achie menelungkupkan kepalanya di meja, status sudah ia isi, tinggal menuju ke kamar pasien. Ia junior, belum tahu harus berbuat apa di depan pasien. Mana katanya ada menyuntik segala! Mana bisa ia menyuntik metil prednisolon? Bagaimana caranya? Dasar koass baru!

Achie : Bang! Aku udah sampe.

Meriang meraja. Mual Achie tahan-tahan di hawa dingin malam ini.

Fatur datang tergesa, jas putihnya melambai. Duduk di depan Achie dengan muka polos. “Lemes amat Non?”

Achie nyengir.

Fatur mengeluarkan hapenya, membaca sms Achie. “Bang, aku udah sampe. Iya, aku juga udah! Hehe,” katanya, melucu, as always.

“Ayo Bang, buruan!”

“Iye, yuk.” Fatur mencatat resep pasien di telapak tangannya, lalu berjalan beriringan Achie menuju kamar pasien. “Kalo nggak kuat, aku sendiri juga bisa kok. Aku mah udah biasa. Pasien satu-dua mah keciil. Sante aja.”

“Nggak enak lah Bang.” Junior gitu loh!

“Nggak enak gimana sih?”

Di kamar pasien, Achie hanya membantu memeriksa vital sign dan menyuntikkan metil prednisolon yang sudah diramu Fatur, juga menyuntik ranitidin dan gentamisin. Mengoles salep ke sekujur tubuh pasien dilakukan berdua dengan Fatur. Ia hanya ingin cepat pulang dan tidur.

“Sus, ini infusnya habis,” ujar seorang penjaga pasien di samping pasien Achie.

Achie yang tak konsen, melongo saja. “Suster? Suster, siapa yang suster?” katanya dalam hati, sedikit kesal. Fatur yang menyahut, “Oh iya Bu, nanti saya lihat obatnya dulu ya.”

Achie keluar. Kembali ke ruang perawat, lalu mengisi status pasien. “Udah Bang, aku laporin ke dr. Yesi yah, aku ke bangsal Amarilis ya, ada pasien 1 lagi.”

“Ya ntar aku nyusul, mo ganti infus dulu.”

Bang Fatur, pasien bukan tanggung jawabnya tetep aja dipegang, baik bener. Achie memijat keningnya sambil mencari status pasien konsul di bangsal Amarilis. SMS.

Fatur : Non, kalo ga kuat pulang aja, aku aja yang beresin, tenang. Sante aja Non!

Mau tak mau, hati Achie berdesir. Ia tak biasa dengan perhatian seperti itu. Dibalasnya sms itu.

Achie : Udh buruan sni!

Ternyata pasien Amarilis sudah dihandle perawat. Beres. Achie merapikan tasnya, bersiap pulang. Fatur berjalan mendekat.

“Udah beres Bang. Pulang yak.”

Fatur mengangguk, menjejeri langkah Achie yang cepat-cepat. “Naek apa? Pulang ke rumah atau kos?”

“Maaf Mas, ini ada infusan habis.” Penjaga pasien, lagi.

Dengan baik hati, Fatur lagi yang menjawab, “Oh iya Bu, sebentar ya.” Ia masuk ke ruang perawat.

“Bang! Aku pulang ya!” Achie sudah nggak kuat menunggu Fatur yang demikian baik pada siapa saja. Ia harus pulang dan tidur!

Menggigil, ia menembus udara malam itu. Usai shalat isya, ia meringkuk, di gelapnya kamar kosan. Tak lupa, ia menghapus sms Fatur tadi, sms perhatian yang sebenarnya biasa, tapi ia khawatir menjadi tak biasa untuk seseorang seperti Achie. Allah, jagalah hati hambamu yang lemah ini, selalu.

Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku tidak pernah melihat ada dua orang yang saling mengasihi selain melalui jalur pernikahan
tulisan geje lagi…

Advertisements

91 thoughts on “Simpan Saja Perhatianmu, Bang!

  1. liesemargaretha said: nensa buka kursus juga kayaknya 😀

    @haya ma lieseokai okai..gitu yaaa ngejekin niy critanyaaa..Harusnya kan dcariin gitu kek,,Sejak ta’arufku ditolak ma siti nurhaliza, aq jadi kehilangan semangat bwt ta’aruf lagi tauk,,burbp

  2. berry89 said: hahaha.. saya belum mudeeenggg… =..=

    uuummkadang karena ingin menjaga hati, ikhwan-akhwat jadi menjaga “jarak aman”, tapi jarak aman yang dibuat sedemikian jauhnya sehingga ukhuwah menjadi renggang..

  3. cepaka said: uuummkadang karena ingin menjaga hati, ikhwan-akhwat jadi menjaga “jarak aman”, tapi jarak aman yang dibuat sedemikian jauhnya sehingga ukhuwah menjadi renggang..

    iya betul mbak, masalah hati memang pelik 😀

  4. liesemargaretha said: tergantung mau kelas apa? Kelas reguler 1x seminggu, tapi kalo ekstensif setiap hari *haha, lama-lama jadi mb asistennya si mas nensa 😀

    oo, kebalik kali mbaaak, masa reguler cuma 1 x seminggu?saya ambil ekstensi aja, siangnya buat kerja, nanti hari sabtu minggu kursus 😛

  5. alvast said: @haya ma lieseokai okai..gitu yaaa ngejekin niy critanyaaa..Harusnya kan dcariin gitu kek,,Sejak ta’arufku ditolak ma siti nurhaliza, aq jadi kehilangan semangat bwt ta’aruf lagi tauk,,burbp

    *guling2ooh, minta dicariin? bilang doong, mo yang kayak manohara dijilbabin atau paris hilton? katanya paris hilton masuk islam, bener ga ya? hwhw

  6. alvast said: @haya ma lieseokai okai..gitu yaaa ngejekin niy critanyaaa..Harusnya kan dcariin gitu kek,,Sejak ta’arufku ditolak ma siti nurhaliza, aq jadi kehilangan semangat bwt ta’aruf lagi tauk,,burbp

    Katanya seh gitu..denger2 sih artis holiwud pd brbondong2 masuk Islam,,katane mw bikin film saingannya KCB hahaha*bayangin furqon diperanin ama arnold swasanaseger trus anna althafunnisa diperanin ma pamela anderson*

  7. alvast said: Katanya seh gitu..denger2 sih artis holiwud pd brbondong2 masuk Islam,,katane mw bikin film saingannya KCB hahaha*bayangin furqon diperanin ama arnold swasanaseger trus anna althafunnisa diperanin ma pamela anderson*

    aku jadi serem…. ya Allah.. smoga kalau itu benar ya semoga istiqomah dan belajar islam dengan baik.. T_T wow, magic…

  8. alvast said: Katanya seh gitu..denger2 sih artis holiwud pd brbondong2 masuk Islam,,katane mw bikin film saingannya KCB hahaha*bayangin furqon diperanin ama arnold swasanaseger trus anna althafunnisa diperanin ma pamela anderson*

    iya jg yah kl dibilang achie gampang ge-er.. kyknya ku jg bnyk nemuin cew2 macm gini jg….

  9. liesemargaretha said: ya ampun, tuh si Novi aja Nens :Dhay, gak hay, kelas ekstensif setiap hari tapi cuma 2 minggu aja, tapi kalo reguler 1x seminggu selama 1 tahun, 😀 *ya gak Nens, kedipkedipmatakeNensa, 😀

    ihiii… Nopiiiiii… Nopiiiiiidiih, di sini mah kagaaak looo hahaha

  10. liesemargaretha said: ihh, aku ngundurin diri ah jadi ‘asisten kursus mu’ *haha, kapan diangkatnya ini :Dinikan pengecualian buat kelas kamu Nens,..

    janjinya sih dikirim tiket liburan ke bali, tapi pasrah deh, kayaknya diitung gratis aja :D*dengan ini sy memutuskan dari pekerjaan ini, melengospergi ((‘_’)))))!!

  11. suararaa said: hmm, harus tega sih sebenarnya utk mengatakan yg sebenarnya..*yah maklumlah klo saya orngnya tegaan jdi sudah biasa..

    ya ttg apa yg sebenarnya. ya intinya biar gak ke-ge-er-an ats sikap2 pria yg perhatian…

  12. liesemargaretha said: janjinya sih dikirim tiket liburan ke bali, tapi pasrah deh, kayaknya diitung gratis aja 😀

    YA Allaaahh!!!!!BARUSAN kemaren tak kasi tiket liburan ke hawai….sekarang minta liburan lagi KE BALIIIIII….LIESEEEEEE….KAMU DIPECAT wkwkwkwk

  13. alvast said: YA Allaaahh!!!!!BARUSAN kemaren tak kasi tiket liburan ke hawai….sekarang minta liburan lagi KE BALIIIIII….LIESEEEEEE….KAMU DIPECAT wkwkwkwk

    maaf mas, saya kan udah ngundurin diri, tak usahlah pake acara pecat-pecatan *melengossombong*

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s