Memandikan yang Telah Tiada

Bismillahirrahmanirrahim…
Siang itu aku jadwal jaga, tadinya mau pulang dulu karena ada yang gantiin nunggu di VK *kamar bersalin* IGD. Tapi karena males, aku yang udah siap pulang naik motor, balik arah. Jam itu kebetulan sedang ada operasi SC (Sesar). Pasien ibu dengan pre eklampsi berat, atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Bisa menyebabkan IUFD, atau kematian janin, dan ibu itu mengalaminya.
Usianya sama denganku. Hamil kembar. Maka siang itu diadakan operasi cito *darurat* untuk mengambil janin dalam kandungan segera. Aku sampai tepat ketika 2 bayi mungil itu ada di box. Sedang dibersihkan, tadinya dari jauh kupikir mereka masih hidup, ternyata sudah tidak lagi. Kalau dilihat, bayi I *alias bayi yang pertama kali diangkat dari rahim* sudah tampak seperti bayi biasa, hanya pucat. Cantik, manis. Beda dengan bayi II, yang sudah mengalami maserasi. Silahkan cari artinya sendiri kalau ingin tahu seperti apa penampakannya.
Aku membantu memandikan *tepatnya mengelap*, mengikat tali pusat, mengikat kepala, tangan, kaki, dengan kassa. Lalu membungkusnya dengan kain bersih. Semua keluarga pasien menangis pilu… kehilangan 2 bayi sekaligus di usianya yang sudah cukup untuk lahir. Yang sudah lama ‘dikenal’ selama 9 bulan di perut ibu. Sampai aku berpikir, mungkin keguguran memiliki kadar kesedihan yang lebih rendah daripada IUFD.
Lalu eyang si bayi menggendong mereka, membawanya pulang untuk dikebumikan. Sementara sang ibu masih dirawat di ICU.
Sejujurnya aku lebih suka memandikan bayi yang aktif walaupun kesulitan memandikan, dari pada memandikan bayi lunglai tanpa nyawa.
Advertisements

20 thoughts on “Memandikan yang Telah Tiada

  1. berry89 said: Semua keluarga pasien menangis pilu… kehilangan 2 bayi sekaligus di usianya yang sudah cukup untuk lahir. Yang sudah lama ‘dikenal’ selama 9 bulan di perut ibu.

    Jadi inget kakak perempuanku.Anak keduanya juga meninggal karena IUFD.

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s