Betapa Berartinya Ia

Bismillahirrahmanirrahim..
Setelah semalam jaga kamar bersalin, paginya meluncur ke kamar bersalin IGD. Ada pasien baru, gawat, sudah syok. Berhubung belum pernah lewat stase anestesi, bersinggungan langsung dengan pasien gawat jarang terjadi. Waktu di penyakit dalam, beberapa kali memang, tapi sensasinya lumayan berbeda.
Si ibu perdarahan. Sudah anemia gravis. Akral *tangan kaki* dingin. Sesak nafas. Wah, kalau lihat mungkin trenyuh. Seakan antara hidup dan mati *ya nggak segawat itu, tapi ini masuk kegawatan juga* Akhirnya masukkan darah. Golongan darahnya A. Di Bank Darah RS, golongan darah itu tinggal 2 kantong, jadi keluarga harus ke PMI buat cari darah atau donor sekalian.
Setelah diinfus 2 jalur, diguyur, lalu masuk 2 kantong darah, pasien yang tadinya payah dan mulai gelisah bisa ketawa. Si ibu ketawa aja, sesek aja belum sembuh. Meski akral masih dingin, insyaAllah mas kritisnya bakal lewat.
Lalu ketika dulu di stase Interna atau penyakit dalam. Namanya Mas Kuat, namanya memang Kuat, tapi penampakannya tak sekuat itu, karena ia menderita penyakit anemia aplastik. Hanya dalam waktu berapa bulan atau bahkan minggu, ia harus dirawat di bangsal kelas III untuk transfusi. Ketika mulai berak darah, dll. Seperti vampir. Begitu juga pasien kelainan darah lain yang ternyata cukup banyak.
Mikir-mikir juga, bahwa donor darah setiap 3 bulan itu ya ITU. Menolong nyawa seseorang hanya dengan tindakan kecil, mengalahkan rasa takut, rasanya nggak sebanding dengan bahagia dan insyaAllah pahalanya. Dan, darah selalu dibutuhkan setiap hari. Titik. Itulah untuk apa orang PMI rela keliling-keliling buat nyari pendonor. Masih ada yang nggak berani?
Advertisements

17 thoughts on “Betapa Berartinya Ia

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s