[Ramadhan Giveaways] Rangkaian Kisah Ramadhan

Bismillanirrahmanirrahim…
Tadinya aku mau buat nanti-nanti aja pas deadline, tapi minggu depan harus nongkrong di VK alias kamar bersalin lagi, jadi daripada nggak sempat. Makasi buat mba Rifi, karena jujur di Ramadhan ini kreatifitasku menulis menurun, hehe.
Banyak kesan di Ramadhan-Ramadhan sebelumnya, semua berkesan, karena ada ‘Aroma’ yang berbeda.
Ramadhan waktu SD. Tiap kali libur, aku selalu ke rumah Eyang. Sampe lupa ngisi buku kegiatan Ramadhan, bahkan pernah sampe jatuh ke bawah tempat tidur nggak ketahuan. Eyang selalu nggak tegaan, suatu kali aku digiring ke kamar beras, trus dikasih cendol warna-warni. “Udah, buka aja, nanti puasa lagi.” Tapi aku lupa waktu itu aku terima atau enggak, hehe.
Ramadhan waktu SMP. Mabit pertama, karena sebelumnya nggak pernah siswi diizinkan mabit. Kamar kami di perpustakaan, di bagian bawah ustadz-nya yang jaga-jaga. Kalau nggak salah, itu tarawih terlama yang pernah kurasain. Hehe. Ustadznya doanya panjaaang bener. Waktu sahur kami makan di perpus, trus paginya gantian mandi di masjid. Pas di kelas, malah aku ngantuk ;p

Ramadhan waktu SMA. Ada jadwal untuk shalat tarawih bersama di SMA, di Aula yang besar bekas Belanda itu kami akan shalat bersama di-imami guru agama. Daripada terburu-buru abis buka langsung berangkat, mendingan kami *aku dan sahabat-sahabatku* buka bersama di kelas. Jadi sore itu, aku dan Popo bersepeda, dengan sepeda listriknya yang berwarna hijau, mengambil pesanan dus ayam bakar berjumlah 9 buah. Pegel juga aku ngebonceng sambil bawa dus-dusan itu. Hehe.
Ramadhan waktu Kuliah. Sering diadain buka bersama. Salah satu yang menunya wah, ada es krim dan sayur keong kesukaanku. Biasanya lanjut tarawih bersama. Pulang malam-malam dari kampus kadang asyik, apalagi kalau habis melakukan hal menyenangkan, hati bungah tak terkira.
Ramadhan waktu KKN. 10 hari awal puasa di bulan Agustus 2009, puasa pertama tanpa keluarga. Subhanallah, Yunge *Mbah di tempat KKN* selalu nyiapin sahur buat kami. Hari-hari terakhir KKN itu penuh tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kadang kami kru satu kecamatan berkumpul di posko kami, malamnya masak sahur sendiri, semua chef masing-masing desa turun tangan. Sampai nggak enak sama empunya rumah, nasinya habis dimakan kami ber-20. Untung, juragan beras, hehe. Udah gitu, di sini aku merasakan tarawih tercepat, sampe mbah-mbah yang udah sepuh itu suka ketinggalan berdiri sementara kami udah hampir rukuk lagi. Di bulan puasa, kami ngajar sore hari, tapi yang minta diajar habis tarawih juga ada, jadi jam malam kami terpaksa memanjang. Tiap sore juga bikin makanan pembuka yang bejibun. Kadang diajakin Bu Lurah buka bareng, sampe pernah kami buka puasa di dua rumah.
Ni pas masak nasgor, sahur. Lucunya, piyama yang kupake, persis sama kayak yang kupake di foto pas SMP, yang makan sahur itu. Hihi.


Ramadhan dengan oven. Lupa di SD, SMP, atau SMA. Waktu libur Ramadhan 2 minggu sebelum Lebaran, waktu itu lagi giat-giatnya bikin kue lebaran sendiri. Kue bawang, kue kacang mete, dll. Belepotan tepung sana-sini, tapi senang, karena begitu kue kering matang, dan enak, semua lelah mencuci perabot masak hilang, hihi.
Tulisan ini buat meramaikan lomba dari mba Rifi yang INI. Yok, pada ikutan.
Kalau diizinkan Allah menang sih, pengennya buku nyang eni :The Journal of A Muslim Traveler – Heru Susetyo, Catatan Perjalanan
Advertisements

38 thoughts on “[Ramadhan Giveaways] Rangkaian Kisah Ramadhan

  1. akuai said: aku belum buaaat… ntar ah dicoba. :pyg paling menarik adl ramadhan dgn oven. Hehe… *pengen nyoba sayur keong, terakhir makan waktu SD.

    haha, kok bisa mba? secuil begitu, hwhw..itu makanan wajib kalo ramadhan 😀 di sini ada yang laris banget, terkenal

  2. berry89 said: biasane sing ngomonge kraca mbak, tapi berhubung yang dipake bukan kraca tapi keong, jadi aku bilang sayur keong, hehe

    durung menjelaskan, bagiku. koq sih bingung yo? sayur keong? kraca? ki opo to??btw, kisah2nya menyenangkan, ceriaaaaaaaa… uhuy….*jd minder, mundur teratur. eh, selama Rifi belum memutuskan, msh ada harapan ding…hehe….

  3. nafi12 said: durung menjelaskan, bagiku. koq sih bingung yo? sayur keong? kraca? ki opo to??btw, kisah2nya menyenangkan, ceriaaaaaaaa… uhuy….*jd minder, mundur teratur. eh, selama Rifi belum memutuskan, msh ada harapan ding…hehe….

    hehe, susah menjelaskannya mba, kraca itu sejenis keong tapi kecil2 dan agak lonjong, disayur pedas mirip gulai tapi tanpa santan, berhubung kraca itu jarang, jadi yang dibuat sayur ini adalah keong, sama-sama di sawah siih 😀 kayak ini nih mbaa http://lintangz.wordpress.com/2010/09/03/keong-racun/iya, nggak ada yang palingggeits, betul tuh mbaa… nggak ada yang tau 😀

  4. nafi12 said: durung menjelaskan, bagiku. koq sih bingung yo? sayur keong? kraca? ki opo to??btw, kisah2nya menyenangkan, ceriaaaaaaaa… uhuy….*jd minder, mundur teratur. eh, selama Rifi belum memutuskan, msh ada harapan ding…hehe….

    oooo…ky gitu to… aku belum pernah liat langsung, apalagi makan…. 😀

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s