Okuribito/Departures… Makes me cry hard..

Bismillahirrahmanirrahim..
A best foreign languange film OSCAR winner.
Aku nemu nggak sengaja waktu ngacak duasatu.com di film ASIA. Lagi suka film-film Jepang lagi, memang. Dan sebuah cerita unik ada di sana. Ternyata nggak cuma unik.
Daigo seorang pemain orkestra, pemegang cello yang tidak handal. Tiba-tiba orkestranya dibubarkan, dan ia punya hutang cello sebesar 18 juta yen. Wow. Akhirnya ia menyerah, ia menjual kembali cello barunya dan kembali ke rumah ibunya. Ibunya sudah meninggal, ayahnya sudah pergi entah ke mana sejak bercerai dengan sang ibu. Daigo melupakan wajah ayahnya.
Daigo menemukan pekerjaan di koran. Departures? Apa mungkin sejenis biro perjalanan? Gaji besar. Akhirnya ia pergi ke kantornya. Begitu ia masuk, kenapa ada 3 peti berjejer? Kantor apa ini? Ia bertanya pada bosnya. Ini kantor casketing. Daigo bertanya lagi, “Ini bukan kantor biro perjalanan? Departured, di koran.” “Ah, ini seharusnya departed.” Daigo melongo.
“Jadi, apa kamu orang yang gigih bekerja?” tanya Bos.
“Ehhh, ya!” jawab Daigo.
“Ya! Kamu diterima!”
“Eeeh? Tapi soal gaji? Dan aku bekerja apa?”
Bos mengangkat tangannya, membentuk 5.
“50.000?”
“500.000.”
Daigo bingung. Ia butuh uang, tapi ia tidak ingin bekerja dengan orang mati.
“Ini gaji pertamamu!” Bos menyisipkan uang 500.000 itu ke tangan Daigo.
Wah. Daigo pergi dengan bimbang. Ia juga tidak mengatakan yang sebenarnya pada istrinya. Esoknya ia akhirnya kembali lagi. Pertama ia diminta menjadi jenazah untuk pembuatan video ‘mempersiapkan jenazah ala Jepang’. Setelah itu ada klien pertamanya. Wanita tua yang meninggal di apartemennya. Sudah hampir membusuk! “Hmm ya, kasus ini sedikit terlalu berat untukmu yang baru pertama kali!” kata si Bos.
Aduuh… kok banyak sih jadinya yaa??? Hehehe… Pokoknya a must watch, menurutku. Aku nangis-nangis *jarang2 nih* karena berulang kali inget ‘kematian’. Sebuah film yang mengingatkan kita akan kematian. Nggak banyak film begini, apalagi ini film Jepang. Tapi tetep aja tuh, sedihnya ‘maut yang datang tiba-tiba’ kerasa.
Advertisements

28 thoughts on “Okuribito/Departures… Makes me cry hard..

  1. rifzahra said: huaaa…pengen nontooon…Ryoko Hirose itu favorit aku sejak dia maen di Yasuko to Kenji >.<ditambah Cello lagi…huaaa…

    hihi,,,, tontooonn :DYasuko to Kenji bagus mba? film jadul ga?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s