Cure and Care

Bismillahirrahmanirrahim…
Kepada siapa saja yang mengalami ketidakenakbadanan, saya ucapkan cepat sembuh, dan cepat pulih seperti sedia kala.
Ritme hidup yang monoton, dan kesibukan yang kadang bikin lupa jaga kesehatan bisa jadi bumerang buat kita nih. Alhamdulillah semalam cuma dikasih serangan migrain, mungkin karena hujan-hujanan tempo hari dan kecapekan ngurus operasi gawat darurat. Badan serasa sedikit ancur.
Siang itu, ada konsulan pasien Bedah Saraf, kecelakaan, dengan perdarahan cukup banyak di daerah Epidural. Biasa disebut EDH. Aku yang kebagian matrix, jaga pagi itu meluncur ke IGD, untuk periksa tingkat kesadaran dan pupil mata. Wah. Tingkat kesadaran paling rendah, 3. Begitu kusampein ke residen, beliau dari HCU langsung ke IGD dengan langkah panjang-panjang, sampe ngos-ngosan dibuatnya.
Biasanya GCS seperti itu sudah nggak ada yang mau operasi, tapi pengecualian untuk EDH, bisa. Tapi tindakan anestesi biasanya tidak dilakukan karena resiko yang besar, artinya: tanpa bius total. Tidak ada harapan hidup, tapi tetap ditawarkan pada keluarga. Anak itu 20 tahun usianya. Awalnya keluarga menolak, tapi di saat-saat terakhir setuju operasi.
Langsung saja disiapkan untuk masuk kamar operasi. Secepat kilat. Di dalam pun kerja cepat, berpacu dengan waktu, hanya dengan anestesi lokal. Kalau di tengah operasi pasien bangun kesakitan, kami harus menahannya. Tapi tidak. Namun saturasi oksigen menurun, tekanan darah pun menurun meski di angka tak rendah. Setelah diselesaikan dengan cepat, pasien dibawa ke HCU, tidak lama pasien apneu, tidak bisa bernafas spontan, lalu meninggal.
Besoknya, aku kebagian follow up ICU dan HCU. Tepat saat aku datang, sedang terjadi sakaratul maut pasien tumor otak. Lalu setelah memeriksa pasien post pemasangan VP shunt yang mengalami kecelakaan dalam kondisi yang drop dan buruk, siangnya anak perempuan usia 12 tahun itu meninggal. Seminggu ini bertubi-tubi kematian sedang mendera dan mengingatkanku. Allah, ampunilah dosaku.
Jadi kalau semalam itu di tengah tumpukan tugas aku belum bisa bangun karena gabungan Low back pain dan migrain, dan malam harus ngasuh sepupu kecil yang asik mainan keyboard sambil minum kopi. Lalu bangun jam 12 malam dengan rasa segar bugar dan sakit hilang. Lalu bisa mengerjakan tugas tepat waktu, itu… maha suci Allah, segala puji bagi Allah… Kalau mengeluh, malu sendiri nanti. La tahla. Bandingkan dengan orang-orang dengan tumor otak di bangsal tadi. Bandingkan dengan pasien yang meninggal tadi siang di bangsal. Seperti apakah nikmat? Ya seperti yang kau rasakan setiap hari…
Advertisements

18 thoughts on “Cure and Care

  1. آمِيـنَ ya اَللّهَ Sembuhakn mrk yg sakitPiliiiii huggggssssAku jg lg kena sakit kepala mendadak nihButuh istirahat lebih tampaknyaPili juga istirahat dan maem yang banyakBtw abis tilawah sakitnya berkurang… Bnyk dzikrullah yuks… اَلْحَمْدُلِلّهُِ abisnya berkurang banyak sakitnya:*

  2. yup.. selalu diingatkan ya haya agar tetap bersyukur..lagi bedah saraf haya? di sini aku ngalami sistem baru yang udah g dibagi2 per subbagian gitu bedahnya.. hiks… *bingung belajarnya.. gambryang jdinya..

  3. Jadi kangen masa2 di bedah dulu. Tralu sederhana sepertiny jika hanya untuk di kenang saja. Semoga banyak hikmah dan pelajaran tentang hidup yg bisa kita peroleh..:DUdah bedah anak?

  4. cinderellazty said: آمِيـنَ ya اَللّهَ Sembuhakn mrk yg sakitPiliiiii huggggssssAku jg lg kena sakit kepala mendadak nihButuh istirahat lebih tampaknyaPili juga istirahat dan maem yang banyakBtw abis tilawah sakitnya berkurang… Bnyk dzikrullah yuks… اَلْحَمْدُلِلّهُِ abisnya berkurang banyak sakitnya:*

    aamiincepet sembuh mba anttt, smg ga kambuh lagi yaaa! 😀

  5. imadr said: yup.. selalu diingatkan ya haya agar tetap bersyukur..lagi bedah saraf haya? di sini aku ngalami sistem baru yang udah g dibagi2 per subbagian gitu bedahnya.. hiks… *bingung belajarnya.. gambryang jdinya..

    iya maa…iya 2 minggu kemaren, terus jadinya gimana tuh ma? follow up bangsal apa jadinya?

  6. myshant said: aduh gak kebayang begitu dekat dengan kematian di sekeliling namanya juga dokter yaaa….jangan kecapekan juga ya 🙂

    nggak di RS, nggak di deket rumah, lagi banyak diingetin mba hehecapek sih wajar, ibu rumah tangga juga begitu kan, apalagi yang pengusaha juga 😀

  7. aya06fkuh said: Jadi kangen masa2 di bedah dulu. Tralu sederhana sepertiny jika hanya untuk di kenang saja. Semoga banyak hikmah dan pelajaran tentang hidup yg bisa kita peroleh..:DUdah bedah anak?

    iya mayga ada may, digabung sama bedah umum

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s