Perpanjangan SIM C

Bismillahirrahmanirrahim…

Aku baru pulang dari kantor polisi. Ngapain? Perpanjangan SIM C, udah habis sejak 25 Juli kemarin. Tadinya udah serem, harus ujian lagi karena telat. Terus aku nanya-nanya ke temen-temen, katanya sih enggak. Trus ada temen yang ngantri dari jam 10 baru kelar jam 4, what a daaayy?!

Akhirnya karena Babeh abis masa SIMnya September ini, kuajakin bareng. Dipilihlah sabtu ini karena babeh libur dan aku kebetulan (yg direncanakan) juga libur. Dari parkiran keliatan ramai, pada calo mulai menjajakan dagangan tapi aku tetep melaju penuh percaya diri (pret). Dan nyasar-nyasar karena lokasinya udah ga sama kayak dulu.

Jadi, buat yang di Purwokerto (dan tempat lainnya).

Pertama, kamu nggak usah dateng bawa apa-apa. Yang penting ada KTP dan SIM. Karena di sana ada fotokopian. Kalau mau motokopi dari luar, fotokopi dalam bentuk selembar hvs, nggak dipotong, ya. Fotokopi KTP dan SIM. Dan siapkan map.

Kedua, buat surat sehat. Kalo di Purwokerto, kamu ke samping kanan kantor polisi, ada rumah dengan atap biru. Di sana kamu kasih KTP, timbang badan dan tinggi, periksa mata, bayar 20.000 dan dapet surat sehat.

Ketiga, ke loket 1 &2 yaitu Bank. Bayar 75.000 untuk perpanjangan SIM C. Untuk SIM A kalau nggak salah 80.000. Kita akan dapet slip.

Keempat, ke loket pendaftaran. Di sana kita akan dapet formulir. Isi di tempat yang disediakan, lalu kembali lagi ke sana untuk menyerahkan berkas kita. Kalau sudah lengkap, kita akan diminta menunggu panggilan foto.

Kelima, ttd, cap jempol, foto, JADI.

Nah kalau tadi, aku foto bukan di tempat yang sudah disediakan, tapi aku foto di mobil SIM keliling. Yee, akhirnya aku dapet kesempatan. Jadi, kamu taro aja berkas dalam map tadi di meja yang sudah disediakan di dalam mobil (tumpuk di bawah aja biar cepet dipanggil) trus nunggu panggilan, di dalam kita ditanya identitas lagi, dengerin bener-bener biar kita bisa koreksi kalau salah. Sesudahnya, kita tandatangan, cap jempol, foto. Langsung jadi.

Semua itu kira-kira butuh waktu 1 jam. Karena hari sabtu ternyata lengang. Aku datang sekitar jam 9, jam 10 udah selesai. Alhamdulillah.  Untungnya nggak ujian, ujian motor susah deh. Hwhw.

Advertisements

6 thoughts on “Perpanjangan SIM C

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s