Bibimbap !

Bismillahirrahmanirrahim…

Kalo udah ngidam, apalagi soal makanan, kayak gini nih jadinya. Kudu dapet. Hahaha. Masalah enak, ga cocok, itu belakangan.

Jadi, tadi pulang dari RS, meski bengkeken, pegel, tak menyurutkan langkahku buat ke toko Aroma, salah satu (atau satu2nya?) toko bahan makanan & masakan terlengkap di kota ini. Niatku adalah cari sayur-sayuran (udah nitip ke warung tapi ga dapet) dan bumbu buat bikin kimchi & bibimbap. Cari resep bibimbap terrrmudah, karena kemaren nonton di Arirang tv juga nggak ribet. Poin terpenting adalah hot bean pasta.

Tadi aku beli sawi putih sama timun hijau, jamur kancing. Trus bumbunya malah beli kecap ikan, trus beli cabe bubuk dan mau beli minyak wijen nggak ada yg ber-halal. Trus pasta cabenya manaaa? Aku nanya kok katanya ga ada? Tapi tetep aku cari sampe kaya orang ilang. Eh ada, asli dari korea, harganya 48 ribu (kalo ga salah) sekotak, tapi egen, ga ada halal-nya (meski mungkin halal). Yaudah, aku cari pasta cabe yang kira-kira bisa menggantikan dengan ingredient serupa. Eh ada yang mirip-mirip, bukan saus cabe tomat gitu. Merknya 2 belibis, dia gak pake tomat, yaudah kusamber, murah juga.

Hot bean pasta

Trus aku pulang. Langsung bikin. Di TV Arirang kemaren, mereka bikin bibimbap simpel dan kayaknya udah disesuaikan sama lidah orang Spanyol. Jadi aku bikin mirip begituan. Kalo liat di TV, bahan-bahannya adalah : wortel parut, timun parut, tauge rebus, bayam rebus, jamur (kayaknya direbus juga) dan dadar putih telur, serta dadar kuning telur. Dengan cup besar, bagian bawah diberi nasi, lalu bahan-bahan tadi ditata di atasnya, lalu diberi hot bean pasta. Nantinya untuk dimakan diaduk dulu, khas nasi campur. Aslinya sih biasanya pake daging sapi tumis dan telor setengah mateng.

Ini resep simpel Dolsot Bibimbap …

Dolsot Bibimbap

Kalau resep modifikasi aku adalah… (karena bahan belum lengkap)

  • Timun hijau diserut
  • Bayam (metik di halaman) direbus terus dirajang,
  • Jamur kancing putih iris korek api, aku tumis pake bawang putih, minyak zaitun, dan soyu (soy sauce), kasi garem … wangi bangettt
  •  Telur ( putih dan kuning dipisah, lalu masing-masing di-dadar)
  • Wadahi nasi dengan mangkuk, lalu atur bahan di atas melingkar di atas nasi, beri pasta cabe, aduk, makan. ENAAK.

Lihat punyaku seperti apaa…

bibimbap

Stir it!

Thanks to  Bibimbap Backpacker 😀

Advertisements

21 thoughts on “Bibimbap !

  1. Pingback: Bibimbap-an :D « hellofathia

  2. Pingback: Cook – Tteokbokki by Me | étoile filante

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s