Kendari dan Cook – Cilok

Bismillahirrahmanirrahim

Postingan ini bukan membicarakan hubungan antara kendari dan cilok sih, karena memang nggak ada hubungannya. Tapi karena aku akan menceritakan tentang kedua itu.

Kendari.

Kiriman langsung dari Kendari tiba di rumah kemarin. Hadiah ini sebagai bukti cinta mbak Pia, hehe, karena aku ikutan Giveaway duo celebes. Senangnyaa.. Terima kasih mbaak.

Semua tentang Kendari

Sementara Cilok. Yang setauku artinya Aci yang dicolok. Adalah makanan sejuta umat. Meski nilai gizinya gajebo alias kebanyakan karbo, tapi mungkin nantinya bakal aku modif nih. Mungkin cilok isi keju, cilok isi salmon, begitu ya.. Sementara ini yang aku bikin adalah cilok isi bakso.

Resep yang aku temukan (minta bapak nyariin, dan aku lupa link-nya) sangat simpel. Resep bikinnya macem-macem banget, ini aku tulis yang bahkan aku hafal resepnya.

Caranya dengan mencampurkan 200 gr tepung kanji (aku pakai tapioka) dengan 4 sdm tepung terigu (berhubung aku punyanya tepung protein sedang, aku pakai itu, mungkin ini yang bikin agak berat). Tambahkan bumbu yaitu 2 siung bawang putih + merica bubuk 1/2 sdm + garam 1 sdm. Buat hejo-hejo, kasih potongan seledri, cakep. Karena tadi aku habis beli tengiri, maka aku kasih tengiri halus ke dalamnya, tapi kurang banyak jadi ga berasa :D. Lantaass, adonan itu diuleni dengan cara menambahkan air PANAS sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk. Teorinya sih airnya 250 ml, tapi ga perlu diabisin juga daripada lembek. Setelah itu, dibuat bulatan-bulatan, diberi isian kalo mau (aku kasih bakso) dan cemplungkan ke air mendidih. Angkat kalo bulatan cilok sudah mengambang.

Penyajian : Pake bumbu pecel (kalo bisa yang tanpa daun jeruk), kecap, saos. Semaumu lahh.. 😀 Setelah jadi, colok deh 😀 Bisa jadi pilihan jajanan bersih menyenangkan buat anak-anak kan? Tapi berhubung yang suka cilok cuman aku doang, adonan sebegitu aku bagi dua deh hehe.

Berhubung cilok penampilannya kurang oke kalau digabung-gabung, hihi, aku kasi sebutir cilok aja ya. Lagian makannya sedikit-sedikit sih.

Ciloook ciloook

Cilok sendiri baru aku kenal setelah SMP, karena pas SD seingetku mah jajannya di kantin kecil di bawah tangga. Jajananku dulu tu macam anak mas, kerupuk aroma jengkol, mi minel, dan kadang beli tahu di mbok-mbok jualan sayur. Ga oke banget ya, jajanannya 😀

Oiyaa, makasih buat Mizz Suzie (bukan artis korea) yang udah nelepon. Suaranya sunda tea, ngangenin 😀

Advertisements

4 thoughts on “Kendari dan Cook – Cilok

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s