Cook – Sup Krim Kentang

Bismillahirrahmanirrahim

Ini kesukaan adekku (dan aku juga sih, apa sih yang aku ga suka?). Berhubung punya kentang, terbersitlah niatan buat bikin sup krim kentang. Tapi bahan-bahan belum lengkap, yang ada nanti cuma kaya pure kentang buat MPASI lagi, hihi. Padahal sih memang mirip dan bisa dipake buat MPASI.

Jadi pagi tadi pas ke pasar di cuaca mendung, beli pelengkapnya. Beli ayam fillet, brokoli, pala, bombay. Yang kelupaan beli di warung aja : seledri, susu dancow fullcream.

Pada dasarnya resep ini udah banyak di internet, tinggal pilih lagi punya bahan apa di rumah.

SONY DSC

Bahan :

  1. Kentang, rebus.
  2. Ayam fillet
  3. Brokoli
  4. Pala
  5. Bawang bombay
  6. Bawang putih
  7. Seledri
  8. Susu fullcream/skim > pengennya sih skim, tapi adanya di warung aja
  9. Merica + Garam
  10. Keju
  11. Mentega
  12. Telur, kocok
  13. Maizena

Nah, berhubung aku pake bahan perkedel yang siap goreng, jadi aku tulis aja di sini ya.

Cara bikin perkedel :

  1. Kentang rebus dihaluskan
  2. Campur dengan bumbu garam + merica + bawang putih
  3. Campur dengan telur kocok
  4. Siap digoreng deh. Enak lagi kalo dikasih campuran kornet, seledri, dan/atau bawang merah goreng

Cara bikin Krim Sup:

  1. Rebus ayam fillet dengan tambahan garam + merica sedikit saja (kan sudah ada di adonan perkedel). Air secukupnya saja, gampang kalau nanti mau ditambah.
  2. Tumis bawang bombay cincang dan bawang putih cincang di mentega, sampai harum, sisihkan.
  3. Angkat ayam dari rebusan, kalau sudah matang, lalu sisihkan.
  4. Lalu masukkan adonan perkedel ke dalam air rebusan ayam. Aduk-aduk.
  5. Masukkan tumisan bawang ke dalamnya.
  6. Blender bubur perkedel di atas sampai halus, pure.
  7. Masukkan lagi ke dalam panci. Tambahkan susu yang sudah diencerkan, aduk.
  8. Tambahkan ayam rebus yang sudah dicincang halus, cincangan brokoli, dan seledri cincang
  9. Tambahkan juga parutan keju. Lalu bubuk pala sedikit.
  10. Sesaat sebelum diangkat, diberi maizena encer untuk mengentalkan (ini belum kulakukan karena nunggu pas mau dimakan nanti sore)
  11. Voila, c’est fini.
Advertisements

10 thoughts on “Cook – Sup Krim Kentang

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s