Cook – Salmon Kukus & Sup Bakso Tahu

Bismillahirrahmanirrahim…

Since hasil lab. si bapak tinggi di kolesterol dan LDL, aku memutuskan jadi chef pribadi. Lumayan repot juga karena bikin menu ternyata nggak gampang. Apalagi si adek sukanya goreng-gorengan, jadi diusahakan ada 2 menu. Bikin makanan rendah kolesterol yang rasanya bisa diterima di lidah juga agak riweuh. Tapi masih mending karena nggak perlu ngurangi garam. Nggak yakin bisa bikin makanan enak tanpa garam dan gula, hiks.

Kalo orangnya mau sih gampang banget tinggal kasih rebus-rebusan. Tapi si bapak juga agak milih makanan ternyata 😮 Wortel aja suka ditinggal di mangkok -_-””’ Jadi aku beli buku resep rendah kolesterol, selain searching di internet dan eksperimen seperti biasa.

Menu kemarin, ini:

Salmon Kukus

Salmon Kukus

Tampilannya aneh deh, nggak kayak yang aku contek. Soalnya salmon ini bukan jenis salmon yang dagingnya merah muda, dagingnya merah tua. Beli di pasar. Salmon mengandung Omega 3, bagus banget buat orang dengan kolesterol tinggi. Aku rada nggak percaya sama rasanya, jadi cuma buat sedikit. Ngukusnya pake wadah tupperware. Ambil resepnya DI SINI.

Sup Bakso Tahu

Sup Bakso Tahu

Sup ini aku ambil resepnya di buku. Tapi dengan modifikasi. Agak ragu masukin garam dan gula karena nggak pengen terlalu banyak, tapi justru rasanya jadi agak hambar.

Bahan:

  1. Minyak zaitun extra light
  2. Wortel (potong)
  3. Tahu sutra
  4. Putih telur
  5. Brokoli (potong)
  6. Lobak (potong dadu)
  7. Daun bawang
  8. Seledri
  9. Bawang putih + bawang bombay + merica + garam + gula

Cara :

  1. Buat bakso tahu : haluskan tahu putih sutra, campur dengan putih telur, beri garam merica sedikit. Goreng sebentar.
  2. Panaskan air.
  3. Tumis bawang putih, bawang bombay, dengan minyak zaitun extra light sedikit saja di panci
  4. Masukkan air secukupnya, tunggu mendidih, beri garam dan merica
  5. Masukkan bakso tahu, wortel dan lobak, tunggu matang
  6. Masukkan brokoli, daun bawang, seledri, beri gula
  7. Angkat
  8. Untuk menambah rasa sedap, bisa ditambahkan ebi pada tahapan 3

Minyak zaitun  jadi kunci sekarang. Minyak ini mengandung campuran antioksidan yang menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar HDL (kolesterol baik). Paling baik mengonsumsi minyak zaitun extra virgin, sebanyak 2 sendok makan (dianjurkan oleh FDA-Badan Pengawas Makanan AS). Minyak zaitun jangan digunakan untuk menggoreng, karena bisa merubah zat yang terkandung menjadi berbahaya. Menumis, boleh. Minyak zaitun Ekstra Light ini yang paling murah namun tidak maksimal dalam khasiatnya. Aku pilih ini karena mau dipakai untuk menumis. Extra virgin bisa juga untuk menumis namun pada kadar panas yang tidak terlalu tinggi.

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiallahu’anha, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda: “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

Advertisements

6 thoughts on “Cook – Salmon Kukus & Sup Bakso Tahu

    • Yap. Ini yang aku agak bingung sebetulnya, tapi di buku resep nutrisi/sajiannya kolesterol 0,1 mg. tentunya pakai minyak sawit yang betul2 baru. minyak sawit nggak mengandung kolesterol, tapi fitosterol. Mungkin bisa juga pakai minyak canola, yang sedang in karena khasiatnya juga baik. Iyalah, pasti bosen deh. Kalo tahu sama tempe, dibacem saja, nanti tiap kali mau makan tinggal dikukus. Paling engga ada rasanya, hehehe.

    • di supermarket, yang aku liat, tiap potong ikan salmon daging pink kalo nggak salah sekitar 20 ribu apa ya. Aku beli di pasar, sekilo sekitar segitu. Mungkin jenis salmonnya beda. Dapet separo bagian salmon yang besar. Di sana tapi kan banyak ikan ya mbak?

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s