Cook – Serial Sehat 2

Bismillahirrahmanirrahim..

Menyambung serial sehat 1 di postingan sebelum ini ya. Hadeh, semoga istiqomah ini maaah.

Apa yang hari ini saya masak?

Ini menu buat si kecil yang doyannya sama goreng-gorengan. Ternyata salmon juga dia nggak begitu suka. -_- alamak..

Salmon Tepung

Salmon Tepung

Bahan :

  1. Salmon fillet (minta sama tukang ikannya, di-fillet)
  2. Jeruk nipis
  3. Tepung beras
  4. Telur kocok
  5. Garam+Merica

Cara:

  1. Kecrutin salmon pake jeruk nipis, kasi garam ama merica
  2. Cemplungin ke telur kocok
  3. Balurin ke tepung beras (enakan pake mangkok yang pinggiran tinggi, bisa dikocok dan lebih hemat tepung)
  4. Goreng di minyak panas sampe kecoklatan
  5. Angkat

Note: Lebih krispi pake campuran tepung terigu + tepung beras, atau bisa juga pake tepung maizena.

Menu Sehat SuperDad

Salmon Bumbu Kemiri

Salmon Bumbu Kemiri

Apa yang kamu lakukan untuk mendapatkan rasa seperti santan? Kemiri jawabannya. Bonusnya, kemiri ini bisa nurunin LDL alias kolesterol jahat.

Bahan:

  1. Salmon, off course. fillet
  2. Cabe merah + Bawang merah + Bawang putih + Garam + Kemiri : haluskan
  3. Jahe potong
  4. Laos
  5. Sereh
  6. Daun salam
  7. Gula

Cara:

  1. Tumis bumbu 2 dengan minyak sa’kecrut, atau dalam bahasa gaulnya sedikiiiit saja. Bisa juga tanpa minyak, pakai teflon.
  2. Tuangi air secukupnya.
  3. Masukkan jahe, laos, sereh keprek, daun salam, gula
  4. Masukkan ikan salmon
  5. Tunggu matang sambil diaduk
  6. Hasilnya? Enak, really.
Sup Oyong

Sup Oyong

Aduh, bosen amat sih sop mulu? Ya biaaarin dong, yang penting bahannya beda, hahaha.

Aduh, bosen juga nulis resep sopnyaaah.

Bahan:

  1. Oyong, potong
  2. Wortel, potong
  3. Tahu putih, potong
  4. Bihun
  5. Daun bawang + seledri (paketan nih, ga boleh lupa si sop)
  6. Pala halus (enakan kalo punya pala bubuk, ga usah ngulek)
  7. Bawang putih + merica + garam + gula (ini paketan sop, jangan lupaa)
  8. Mau gurih boleh tambah ebi (anti-msg cuy)

Cara:

  1. Tumis nomor bawang putih + ebi
  2. Tambah air secukupnya, tunggu mendidih
  3. Masukkan Oyong, wortel, tahu putih, bubuk pala, gula, garam. Tunggu matang.
  4. Yang nomer 3 udah mateng? Masukin daun bawang + seledri.
  5. Terakhir baru masukin bihun, gampang banget mateng, jadi cek konsistensinya.
  6. Angkat, sajikan. Masaknya bentar banget inih.
Tumis Buncis

Tumis Buncis

Aduh biasa banget ini makanan? Kali aja ada nubi yang pengen belajar masak buat suami ya. Aku pertama kali bisa masak itu sop. Tumis baru bisa setelah lama jadi ahli masak sop dan nasgor. Tenaang.

Bahan :

  1. Buncis, bisa dong cara ngebersihinnya? Potongin dah tuh kalo udah bersih dari serabut.
  2. Ayam fillet, potong panjang
  3. Bombay + Bawang merah + Bawang putih + Cabe (Paketan tumis simpel)
  4. Garam + gula (penyedap alami)
  5. Ebi (pengganti MSG)

Cara:

  1. Tumis nomer 3, pake minyak sayur sakecrut atau minyak zaitun/canola. Sekalian ebi kalo suka.
  2. Masukin ayam, tumis ampe warna putih
  3. Masukin garam ama gula
  4. Masukin buncisnya, aduk-aduk
  5. Tambahin air sedikit. Tutup. Biarin mateng.
  6. Mateng? Setengah mateng? Terserah mau seberapa tingkat kematangannya. Angkat, sajikan.

Pegel gak bacanya? Yang nulis lebih-lebih dah… Hehe.

Advertisements

10 thoughts on “Cook – Serial Sehat 2

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s