Cook – Es Cendol Hungkue

Bismillahirrahmanirrahim…

Berhubung saya terngilerisasi  dari postingan Ka Bebe tentang es cendol yang cakep itu, dan kebetulan punya hungkue, tercetuslah rencana bikin ini buat buka puasa tadi.

Nitip minta dibeliin parutan kelapa, gula jawa, di warung. Hungkue yang kupunya original gitu, jadi karena nggak punya pewarna, niatnya pake daun pandan yang bertebaran di halaman itu.

Nakalnya aku nggak sesuai resep. Mengacu ke resep hungkue : air itu pake 1 : 8 biar nggak ngukur-ngukur malah jadi petaka. Apa saja kesalahan yang kuperbuat?

  1. Ternyata hungkue ku berwarna kemerahan. Alhasil ga jadi ijo keren malah jadi cokelat gimana gitu.
  2. Masak hungkue-nya kurang kentel. Begitu kutambahin lagi tepung hungkue-nya, aku lupa prinsip tepung harus diencerin dulu sebelum dimasukin ke adonan panas. Alhasil MRUNTUL sodarah! Ga bisa diapa-apain, lanjut weh.
  3. Ketiadaan cetakan cendol. Apa yang bolong-bolong kumanfaatkan. Pake serok yang buat nirisin gorengan itu dong -_- Ga berhasil. Akhirnya pake sarangan kukusan gitu. Haha. Meski kecil yang penting bisa ngebentuk deh.
  4. Santan yang sengaja kubuat mentah (resep es dawet enak Banjarnegara, pakai santan yang nggak dimasak tapi pake air matang kok) kumasukin kulkas biar dingin. Malah jadi beku -_- dan jadi kepala gitu.. hiks ga mulus lagi.

Dengan begitu kusimpulkan. Pengetahuan dasar tentang memasak masih belum ku kuasai penuh. Hasyim. Tapi ini pengalaman, niscaya kalau bikin cendol lagi sudah jago. Etapi cendol ini laris manis lhoo, meski kacau, tapi segeerrr.

SONY DSC

SONY DSC

Advertisements

14 thoughts on “Cook – Es Cendol Hungkue

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s