Remembrall

Bismillahirrahmanirrahim

Backsound

Pagi tadi telepon berbunyi nyaring. Aku angkat. Ibu ternyata.

“F, temen ibu tensinya 240. Sekarang di RS HI, perlu ke Margono nggak?”

Margono itu RS Provinsi, letaknya di Purwokerto. Sedang HI letaknya di Purbalingga.

“Nggak perlu, di sana juga bisa nurunin tensi.” Tekanan darah, sistole > 210 sudah masuk krisis hipertensi, nantinya akan dibagi lagi menjadi hipertensi emergency atau urgency. Namun dengan pengobatan cenderung bisa turun.

“Nggak sadar, dari semalam.”

Aku diam. Ternyata nggak sadar.

“Bisa sembuh nggak ya?”

“.. Nggak tahu.”

Kasus tersering penurunan kesadaran dengan tekanan darah tinggi, ya stroke. Kalau GCS (skala kesadaran) 3, yaitu seperti pingsan, tidak ada kegelisahan dll, itu skala kesadaran terendah. Prognosis (kemungkinan sembuh) ad malam (buruk).

Sekitar jam 1 siang, temen ibu yang rencananya pasang penyaring air, datang. Beliau ini sama-sama kerja di tempat yang sama dengan ibu, tapi lebih ke petugas lapangan sepertinya jadi jam kerja tidak terikat.

Setelah tanya-tanya posisi ledeng. Beliaunya nanya, “Kira-kira ibu pulang gasik nggak ya?”

Desh.

“Memangnya ada apa Pak?”

“Takziah.”

“Siapa Pak?” Sudah menebak-nebak.

“Itu Bu .. meninggal tadi jam 10.”

Aku ber istirja. Meski nggak kenal. Sesuatu yang menyedihkan ini sangat kukenal. Baru saja ditanyakan tadi pagi, siangnya sudah dipundut Gusti Allah.

Setelah Ibu pulang, cerita. Almarhumah memang punya riwayat hipertensi. Nyaris semua keluarganya memiliki riwayat hipertensi. Belakangan sedang mengeluh nyeri dada dan sakit kepala tapi tidak dihiraukan. Periksa tensi jarang sekali karena khawatir (hal ini sering sekali ditemukan pada penderita hipertensi). Kalau sudah begitu, konsumsi obat pun sudah pasti tidak dilaksanakan (sering ditemui pasien dengan tensi tinggi yang mengkonsumsi obat hanya bila ada keluhan, padahal tekanan darah tinggi tidak selalu menimbulkan keluhan).

Di luar semua itu. Hal ini adalah sebuah remembrall. Kematian adalah remembrall. Pembaca Harry Potter pasti paham. Remembrall itu bola milik Neville Longbottom, berfungsi untuk mengingatkan Neville atas sesuatu yang dia lupa. Seperti burung lupa milik Doraemon.

Kadang kala dalam hidup kita seringkali melupakannya. Suatu hal yang penting yang akan kita lalui di depan. Yang senantiasa harus selalu kita ingat. Kematian.

Allahummaghfirlaha, warhamha, wa’afiha, wa’fu’anha… 

 

 

Advertisements

18 thoughts on “Remembrall

  1. Allahummaghfirlaha, warhamha, wa’afiha, wa’fu’anha…

    Tadi siang aku, Ncus dan dua auditor ketawa2, eh beberapa saat kemudian salah satu auditor ditelpon, katanya adiknya meninggal. Berasa jleb banget, tadi ketawa tetiba menangis 😦

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s