Cook – Bebek Goreng Sambal Kosek

Bismillahirrahmanirrahim

Semalam, jaga malam kan, jam 3 bangun sekadar nenggak air sebotol sama shake. Udah beli roti tawar isi keju tapi males makannya. Abis itu tidur lagi, haha.

Paginya pas pulang bareng bapak, aku bilang kalo pengen bebek. Akhirnya kami pergi ke pasar cari bebek. Ternyata nggak bisa di tukang potong. Dia cuma jualan ayam doang. Kalo bebek harus di bakulan yang ada di pinggiran pasar itu yang berderet jual ayam, kelinci, bebek, entog.

Satu ekor 46 ribu udah sama cuci potong, murah gak sih? Setauku sih kalo beli seekor bebek mateng di Haji Slamet udah di atas 60 ribu. Apapun dah, yang jelas bapak beli 2 ekor, hahaha.

Pilih yang genduut

Pilih yang genduut

Sampe rumah, minta dibersihin sama khadimat. Terus aku kasi lemon direndem 30 menit. Bebek lebih amis dari ayam kataku sih. Makanya butuh penanganan khusus. Ini pertama kalinya kami masak bebek. Serem juga kalo nggak berhasil.

Setelah direndem lemon, abis itu direndem pake bumbu, dibanyakin jahe. Aku nyontek aja deh di sini, walaupun sebenernya kami punya bumbu yang udah jadi (bumbu ikan dan ayam di toples) jadi tinggal nambahin serai, jahe, lengkuas lagi. Lihat resep ini yah. 

Tadinya pengen bikin sambal matah juga, tapi bahannya nggak memadai, akhirnya kembali ke sambal andalan: sambal kosek.

Cabenya metik di halaman. Cabe rawit hijau sama cabe hijau. Diulek pake bawang putih dan garam. Abis itu kasi minyak panas bekas goreng bebek.

Lalapannya pake leunca, kemangi, timun, daun pepaya rebus (metik di halaman), kobis goreng (biar pedes cepet ilang).

Alhamdulillah, ifthar yang nikmat… masyaAllah..

bebek1 bebek 2

Advertisements

5 thoughts on “Cook – Bebek Goreng Sambal Kosek

  1. Pingback: Bebek Goreng Presto ala Hj. Slamet | Our Cosmic

Komen dong yuukkkzz :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s