Cook – Sup Krim Kentang

Bismillahirrahmanirrahim

Ini kesukaan adekku (dan aku juga sih, apa sih yang aku ga suka?). Berhubung punya kentang, terbersitlah niatan buat bikin sup krim kentang. Tapi bahan-bahan belum lengkap, yang ada nanti cuma kaya pure kentang buat MPASI lagi, hihi. Padahal sih memang mirip dan bisa dipake buat MPASI.

Jadi pagi tadi pas ke pasar di cuaca mendung, beli pelengkapnya. Beli ayam fillet, brokoli, pala, bombay. Yang kelupaan beli di warung aja : seledri, susu dancow fullcream.

Pada dasarnya resep ini udah banyak di internet, tinggal pilih lagi punya bahan apa di rumah.

SONY DSC

Bahan :

  1. Kentang, rebus.
  2. Ayam fillet
  3. Brokoli
  4. Pala
  5. Bawang bombay
  6. Bawang putih
  7. Seledri
  8. Susu fullcream/skim > pengennya sih skim, tapi adanya di warung aja
  9. Merica + Garam
  10. Keju
  11. Mentega
  12. Telur, kocok
  13. Maizena

Nah, berhubung aku pake bahan perkedel yang siap goreng, jadi aku tulis aja di sini ya.

Cara bikin perkedel :

  1. Kentang rebus dihaluskan
  2. Campur dengan bumbu garam + merica + bawang putih
  3. Campur dengan telur kocok
  4. Siap digoreng deh. Enak lagi kalo dikasih campuran kornet, seledri, dan/atau bawang merah goreng

Cara bikin Krim Sup:

  1. Rebus ayam fillet dengan tambahan garam + merica sedikit saja (kan sudah ada di adonan perkedel). Air secukupnya saja, gampang kalau nanti mau ditambah.
  2. Tumis bawang bombay cincang dan bawang putih cincang di mentega, sampai harum, sisihkan.
  3. Angkat ayam dari rebusan, kalau sudah matang, lalu sisihkan.
  4. Lalu masukkan adonan perkedel ke dalam air rebusan ayam. Aduk-aduk.
  5. Masukkan tumisan bawang ke dalamnya.
  6. Blender bubur perkedel di atas sampai halus, pure.
  7. Masukkan lagi ke dalam panci. Tambahkan susu yang sudah diencerkan, aduk.
  8. Tambahkan ayam rebus yang sudah dicincang halus, cincangan brokoli, dan seledri cincang
  9. Tambahkan juga parutan keju. Lalu bubuk pala sedikit.
  10. Sesaat sebelum diangkat, diberi maizena encer untuk mengentalkan (ini belum kulakukan karena nunggu pas mau dimakan nanti sore)
  11. Voila, c’est fini.

Cook – Daging Sapi Brokoli Nanas

Bismillahirrahmanirrahim..

Well, pagi ini dimulai dengan pergi ke GOR sama teman buat makan bubur ayam dan menjelajahi sunmor. Apa yang aku beli? Kentang ulir kepengenan si adek, tanaman bunga mawar putih, bros, kaos kaki 10ribu 3, kacamata baca. Sebenernya kalau aku pinter ngerawat hewan, bisa kubawa pulang juga ikan dan kura-kura, tapi engga, hehe.

Alhasil, jam 10 baru sampai rumah, dan baru berangkat ke pasar jam segitu. Aku pergi ke pasar kecil, yang lebih enak buat beli bahan makanan seminggu ke depan. Dan aku kesiangan. Cuma beli ayam dan daging. Ikan habis, tapi nggak papa, aku emang lagi males bersihin ikan atau cumi atau udang, lama bok.

Sampai rumah, masak salah satu makanan simpel ini. Dan baru kali ini melewatkan bawang putih sebagai bumbu masak, karena habis! Lupa ngecek bahan yang habis di rumah.

How to cook?

  1. Potong bawang bombay(separo saja, potong jadi 4)
  2. Potong daging (boleh dipresto dulu biar empuk), nanas, brokoli, wortel, dengan ukuran sesukanya.
  3. Tumis bombay dengan sedikit minyak di wajan anti lengket
  4. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna
  5. Masukkan garam, lada hitam, gula, aduk
  6. Masukkan kecap dan saus tomat
  7. Masukkan sayuran dan nanas
  8. Tumis hingga sayuran sedikit layu, angkat, sajikan
Daging Sapi Brokoli Nanas

Daging Sapi Brokoli Nanas

Oya, daging sapi benar-benar sedang mahal. Sekilonya 100 ribu. Jadi tadi aku cuma beli setengah, huuu… mahalnya. Dan katanya mau naik lagi.. Pantes aja ikan udah habis, laris manis..