Cook – Cilok Isi Keju Ayam

Bismillahirrahmanirrahim…

Ceritanya lagi pengen bikin cilok, mumpung sisa tepung sagu tani yang dulu masih ada, bikinlahh bareng temenku. Pake ukuran ngirit, karena palingan dimakan dikit doaang.

DSC_0031

Ini resepnya:

Bahan:

  1. 100 gr tepung sagu tani
  2. 100 gr tepung terigu
  3. bawang putih 2 siung
  4. daun bawang cincang
  5. merica
  6. garam
  7. kaldu ayam
  8. air 400 cc
  9. keju
  10. ayam goreng
  11. cabe rawit merah
  12. bumbu pecel instan
  13. saus kecap

Cara:

  1. Pertama campur tepung sagu tani + terigu + ulekan bawang putih
  2. Rebus air, campur merica, garam, kaldu ayam bubuk non msg, kira-kira aja ya hehe. Tunggu mendidih
  3. Tuang air panas sedikit2 ke campuran tepung sambil segera di aduk pake spatula kayu, lalu kalau sekiranya cukup, ga perlu nuang air semuanya. Yang penting kelihatannya sudah kalis, uleni pake tangan juga.
  4. Buat bulatan kecil2, sesuai selera, isi pakai isian sesuka hati. Aku sih pake keju, potongan ayam, sama cabe rawit, hihi.. beberapa aja yang dikasih cabe buat kejutan. Abis itu celup ke air mendidih, tunggu mengambang.
  5. Angkat, tiriskan. Biar enak, simpan di magicjar.
  6. Berhubung males bikin bumbu, jadi pake bumbu pecel instan, atau kalau engga beli bumbu gado2 instan.. tambah saus bangkok dan kecap
  7. Selamat menyolok! 😀

Kendari dan Cook – Cilok

Bismillahirrahmanirrahim

Postingan ini bukan membicarakan hubungan antara kendari dan cilok sih, karena memang nggak ada hubungannya. Tapi karena aku akan menceritakan tentang kedua itu.

Kendari.

Kiriman langsung dari Kendari tiba di rumah kemarin. Hadiah ini sebagai bukti cinta mbak Pia, hehe, karena aku ikutan Giveaway duo celebes. Senangnyaa.. Terima kasih mbaak.

Semua tentang Kendari

Sementara Cilok. Yang setauku artinya Aci yang dicolok. Adalah makanan sejuta umat. Meski nilai gizinya gajebo alias kebanyakan karbo, tapi mungkin nantinya bakal aku modif nih. Mungkin cilok isi keju, cilok isi salmon, begitu ya.. Sementara ini yang aku bikin adalah cilok isi bakso.

Resep yang aku temukan (minta bapak nyariin, dan aku lupa link-nya) sangat simpel. Resep bikinnya macem-macem banget, ini aku tulis yang bahkan aku hafal resepnya.

Caranya dengan mencampurkan 200 gr tepung kanji (aku pakai tapioka) dengan 4 sdm tepung terigu (berhubung aku punyanya tepung protein sedang, aku pakai itu, mungkin ini yang bikin agak berat). Tambahkan bumbu yaitu 2 siung bawang putih + merica bubuk 1/2 sdm + garam 1 sdm. Buat hejo-hejo, kasih potongan seledri, cakep. Karena tadi aku habis beli tengiri, maka aku kasih tengiri halus ke dalamnya, tapi kurang banyak jadi ga berasa :D. Lantaass, adonan itu diuleni dengan cara menambahkan air PANAS sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk. Teorinya sih airnya 250 ml, tapi ga perlu diabisin juga daripada lembek. Setelah itu, dibuat bulatan-bulatan, diberi isian kalo mau (aku kasih bakso) dan cemplungkan ke air mendidih. Angkat kalo bulatan cilok sudah mengambang.

Penyajian : Pake bumbu pecel (kalo bisa yang tanpa daun jeruk), kecap, saos. Semaumu lahh.. 😀 Setelah jadi, colok deh 😀 Bisa jadi pilihan jajanan bersih menyenangkan buat anak-anak kan? Tapi berhubung yang suka cilok cuman aku doang, adonan sebegitu aku bagi dua deh hehe.

Berhubung cilok penampilannya kurang oke kalau digabung-gabung, hihi, aku kasi sebutir cilok aja ya. Lagian makannya sedikit-sedikit sih.

Ciloook ciloook

Cilok sendiri baru aku kenal setelah SMP, karena pas SD seingetku mah jajannya di kantin kecil di bawah tangga. Jajananku dulu tu macam anak mas, kerupuk aroma jengkol, mi minel, dan kadang beli tahu di mbok-mbok jualan sayur. Ga oke banget ya, jajanannya 😀

Oiyaa, makasih buat Mizz Suzie (bukan artis korea) yang udah nelepon. Suaranya sunda tea, ngangenin 😀