Cook – Martabak Garing

Bismillahirrahmanirrahim…

Listening to this

Tadi aku pengen makan yang asin-asin. Daripada makanin ikan asin di meja, aku bikin martabak. Sebenernya ini kulit lumpia udah lama di kulkas, dari kemaren-kemaren. Makanya mau dipake supaya gak mubazir. Kalo yang pernah bikin martabak pake kulit lumpia mungkin pernah ngerasain kulit lumpia jadi kaku setelah masuk kulkas. Kalau dipaksa malah jadi sobek. Selain dikukus dulu, barusan aku mencoba cara baru. Biasa.. tukang eksperimen gajelas.

Selain males makan makanan yang berminyak banget, ya biar simpel aja sih. Jadi aku buat isiannya dulu.

  1. Telur ayam 1 butir
  2. Sate ayam 2 tusuk (memanfaatkan yang ada :D)
  3. Daun bawang 2 lembar
  4. Garam

Caranya…

  1. Kocok semua bahan di atas.
  2. Buka sebagian dari kulit lumpia yang menumpuk dan mengering hingga membentuk kantong. Jadi tepiannya masih merekat dengan lembaran kulit yang lain gitu deh..
  3. Masukkan adonan tadi ke dalam ‘kantong’ kulit lumpia.
  4. Cemplungin ke teflon dengan minyak 1 sendok saja.
  5. Bolak-balik sampe adonan matang dan tepian kulit lumpia menjadi garing
  6. Nikmatii..

SONY DSC

SONY DSC

Martabak makanan sejuta umat. Agree?

Advertisements

Cook – Cireng Ayam Keju

Bismillahirrahmanirrahim

 

Tiba-tiba JEGEEERR, pengen bikin cireng. Perasaan punya tepung kanji. Pas dilihat, udah semangat-semangat, abis masak tadi, ternyata yang dipunyai tepung ketan -_-” Eniwei, ternyata setelah diliat ada tepung sagu yang tadinya mau dibikin pearl buat bubble tea, bisa juga pake tepung sagu/tapioka.

SONY DSC

Pake resep yang ini nih. Cuma pengen pake isian, jadi ayam cincang dikasi bawang ama merica. Lupa kalau biar makin sip dikasi ulekan cabeee. Selain ayam, aku kasi juga potongan keju melt. Wiiihh. Oya, adonannya juga kutambahin cincangan daun bawang sama seledri.

Tadi pas awal-awal, karena takut ga kalis aku tambahin tepung terigunya kebanyakan dong. Padahal harusnya, misal tu adonan ga kalis dan masi lengket-lengket, pas mau dibuletin tambahin aja tepung sagunya biar ga nempel-nempel. Abis diisi ayam sama keju, cemplungin dah tuh ke minyak.

Adek sama ibu cemal-cemil tuh pas buka. Hihi. Ayo dicoba. Porsinya pas, nggak terlalu banyak.

Cook – Kentang Panggang Keju

Bismillahirrahmanirrahim

Sebuah pilihan untuk cemilan buka mungkin? 🙂 Masih dalam seri kentang. Sambungan dari sebelumnya. Bahan yang kupakai sama. Bubur kentang yang tidak diberi banyak susu bisa dimasak menjadi kentang panggang keju. Aku iseng bikin ini karena sudah punya wadah aluminium untuk memanggang di oven listrik kecil yang dulu pertama kali dibeli (loyangnya hilang).

SONY DSC

Bubur kentang (sebetulnya harusnya hanya adonan perkedel yang dicampur keju supaya tidak terlalu lembek) ditaburi keju melted lalu keju biasa, taburi gula pasir sedikit. Panggang sampai keju meleleh dan kecoklatan. Punyaku terlalu cokelat karena ditinggal sewaktu dipanggang tanpa perkiraan waktu hehe.

 

Cook – Due(L)t Making Spaghetti

Bismillahirrahmanirrahim

Tiba-tiba lidah lagi pengen digoyang pasta. Jadi tadi pas belanja, masukin spageti dan kawan-kawannya. Kebetulan lagi ada tuna di rumah. Kemarin beli 1 kg (isi 2 ekor) seharga 20K. Nah, mari kita masak. Kali ini chef-nya 2, aku sama adikku. Kami bikin dengan resep yang berbeda. Dia pake ayam, kalo aku pake tuna. Saus-ku dibikin sendiri, dia pake saus tomat instan.

Beberapa bahan-bahannya :

SONY DSC

Bahan-bahan

SONY DSC

Tumis-nya si Adek. Sausnya pake ayam, bawang bombay, keju melted

SONY DSC

SPAGHETTI TERENDAM ES

SONY DSC

Saus-ku : Tomat-Cabai-Rawit rebus, blender

SONY DSC

BAKED TUNA : kecrutin lemon, kasi garam + merica, tabur oregano

HASILNYA : 

SONY DSC

SPAGHETTI CHICKEN CHEESE SAUCE

SONY DSC

BAKED TUNA SPAGHETTI

Saus-ku :

  1. Tumis bawang bombay dengan Olive oil, masukkan daging tuna juga
  2. Tuang saus blender, tambahkan gula garam dan merica
  3. Supaya warnanya lebih merah, tadi kutambahkan saus tomat instan sedikit, padahal nggak ditambah juga nggak papa
  4. Tuangi maizena cair sedikit saja buat mengentalkan
  5. Tuang di atas spageti, taburi keju, sajikan dengan tuna panggang

Mudah kan? Sebetulnya nggak suka-suka amat makan pasta, makanya harus dalam kondisi lapar dan porsi secukupnya. Memasak pasta gampang-gampang susah karena harus al dente. Jadi harus dengan baik direbus, menggunakan minyak sedikit supaya tidak lengket, dan diangkat bila sudah matang. Langsung tiriskan dan beri es supaya pemanasan berhenti.

Tadi nyoba bikin saus sendiri, dan ternyata enak juga. Lebih sehat lagi. Tips-nya, tomat, cabai, rawit (kalau mau pedes) direbus dulu. Kulit tomat yang mengelupas dicopot, dan blender.

Selamat Memasak!

Cook – Karambi Udang

Bismillahirrahmanirrahim…

Yeay. Masak di hari pertama tahun 2013 (musti ngebiasain lagi nulis tahun yang baru). Belom punya kalender pula nih, biasanya mah pake kalender anak islam, moga-moga ada lagi di Gramedia.

Kemarin tuh liat WP-nya Ima, baru masak Karambi Udang, aku sendiri baru tau ada resep beginian katanya resep masakan padang. Dan kesukaan Ima, berarti enak kaan? Kebetulan lagi punya udang tuh, jadi ngga mikir lama lagi tinggal beli bahan yang dibutuhin terus dimasak deh. Mau liat resepnya juga? Mampir nih ke rumah Ima. Nggak persis sama, masaknya. Karena nggak pake daun kunyit, dan pakenya parutan kelapa bukan ampas, trus nggak diulek bareng bumbunya, trus minyaknya juga nggak terlalu banyak (kalo banyak pastinya lebih enak dan keluar rasanya). Tapi aku yakin rasanya nggak jauh beda, hihi. Baru nyicip dan enaakk. Abis bosen nggak sih masak udang gitu-gitu doang? Makasih Imaaa…

Ayo dicicipin! 😀

WP - Karambi Udang

WP – Karambi Udang

 

Cook – Rajungan Masak Pedas

Bismillahirrahmanirrahim…

Ini dia hasil bawaanku dari Cilacap sana. Rajungan seharga 40 rb sekilo. Dapat 2 yang besar dan 1 yang kecil. Dan ada 1 yang kayaknya baru ganti kulit, kulitnya agak lembek gitu. Langsung aja deh dimasak untuk menu siang tadi.

Step first

first step

Before - After

Before – After

Karena udah sering posting tentang masak kepiting, bumbunya sama aja sih. Cuma ini pake rajungan, bukan kepiting. Ni resep sebelumnya : kepiting cabe madu.

Cook – Daging Sapi Brokoli Nanas

Bismillahirrahmanirrahim..

Well, pagi ini dimulai dengan pergi ke GOR sama teman buat makan bubur ayam dan menjelajahi sunmor. Apa yang aku beli? Kentang ulir kepengenan si adek, tanaman bunga mawar putih, bros, kaos kaki 10ribu 3, kacamata baca. Sebenernya kalau aku pinter ngerawat hewan, bisa kubawa pulang juga ikan dan kura-kura, tapi engga, hehe.

Alhasil, jam 10 baru sampai rumah, dan baru berangkat ke pasar jam segitu. Aku pergi ke pasar kecil, yang lebih enak buat beli bahan makanan seminggu ke depan. Dan aku kesiangan. Cuma beli ayam dan daging. Ikan habis, tapi nggak papa, aku emang lagi males bersihin ikan atau cumi atau udang, lama bok.

Sampai rumah, masak salah satu makanan simpel ini. Dan baru kali ini melewatkan bawang putih sebagai bumbu masak, karena habis! Lupa ngecek bahan yang habis di rumah.

How to cook?

  1. Potong bawang bombay(separo saja, potong jadi 4)
  2. Potong daging (boleh dipresto dulu biar empuk), nanas, brokoli, wortel, dengan ukuran sesukanya.
  3. Tumis bombay dengan sedikit minyak di wajan anti lengket
  4. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna
  5. Masukkan garam, lada hitam, gula, aduk
  6. Masukkan kecap dan saus tomat
  7. Masukkan sayuran dan nanas
  8. Tumis hingga sayuran sedikit layu, angkat, sajikan
Daging Sapi Brokoli Nanas

Daging Sapi Brokoli Nanas

Oya, daging sapi benar-benar sedang mahal. Sekilonya 100 ribu. Jadi tadi aku cuma beli setengah, huuu… mahalnya. Dan katanya mau naik lagi.. Pantes aja ikan udah habis, laris manis..

Cook – Tentakel Cumi Lumur Saus Barbeque

Bismillahirrahmanirrahim..

Oke itu lebay banget namanya. Yang jelas, tadi karena pas pulang, udah ujan-ujan, kelaperan, di meja makan masakannya kurang memadai. Alhasil, aku keluarin 1 tupperware isi cumi yang kemarin udah kubersihin.

Karena porsi makan dan orang rumah baru pada pulang sore, aku cuma pake tentakel-tentakel + kepala cumi yang udah kubuang kantong tintanya. Dan berhubung punya saus barbekyu bejibun post adha kemaren, aku mo bikin pake doi.

Bahan:

  1. Tentakel + kepala cumi
  2. Bawang putih, bawang merah, cabai hijau (kreasikan, mau dikeprek atau dipotong terserah)
  3. Jahe keprek, potongan daun jeruk (biar ga amis)
  4. Garam, gula
  5. Saus barbekyu (kalo mau bisa ditambah kecap ikan, meski ga akan kerasa, hoho)

Masak deh:

  1. Tumis bumbu kedua, dengan minyak sedikiit aja
  2. Masukkan cumi
  3. Masukkan bumbu 3, 4, 5 (Saus barbekyunya kira-kira aja, nggak usah kebanyakan karena rasanya udah waw)
  4. Tumis ga perlu lama-lama, sampai matang aja, warnanya berubah putih.
  5. Angkat, sajikaan

Cumi Barbekyu

Cook – Nasi Goreng Ikan Asin

Bismillahirrahmanirrahim…

Haduh, gara-gara postingan mba yan tentang nasgorkansin, selalu terbayang dehh… Huhuhu. tanggung jawab deh mbak yant 😀

Nah, berhubung tadi siang menu-nya adalah sayur asam, ikan asin, sambal, pete (ups) trus malam ini pengen banget bikin nasgorkansin deeh. Asal sih resepnya, bahkan nggak bikin bumbu lagi. Cuma pake sambel terasi sisa tadi siang, trus ditambahin telor, toge sama ikan asin. Nyam. Minyak pake minyak zaitun sedikit aja, dan nggak pake kecap.

Makan pake timun dan kerupuk, alhamdulillah, nikmat..

 

Nasgor Ikan Asin