Cook – Special Sunday

Bismillahirrahmanirrahim

Dari kemarin udah ngajakin ibu buat ke pasar ahad pagi, jadi sekitar jam 8 lebih kami ke pasar wage. Pengen banget belanja sayur dan ikan.

Sampe pasar ngiler banget liat sayur dan buah yang oke bangettt. Akhirnya yang terbeli. Untuk kategori lauk haha beli ikan salmon, ayam, udang, telur ikan tuna (gede bangeet). Kategori sayuran, beli pokcoi, tomat, wortel ostrali, lembayung, sayur entah apa, bombay, paprika, brokoli. Oya, trus dapet ampas tahu, dong.

Sampe rumah, bersihin ikan2an dan masukin tupperware. Lanjut masak. Pertama ngerebus telur tuna, buat disimpen dan nantinya digoreng balur telur aja. Kedua bikin sup ayam. Ni sup tadi jadinya setengah tawar dan setengah matang. Maksudnya aku ga masukin banyak2 bumbu, ga kucicip, dan sayuran sengaja ngga aku rebus lama2. Metode masak sop pasti udah pada paham semua deh. Cuma tadi aku bikin Bumbunya ditumis dulu pake minyak dikit, ples pake potongan bombay juga selain bawang putih. Di akhir pakein bawang merah goreng. Sadapp.

Yang agak nggak biasa aku masak sih. Tumis Udang Paprika Nanas

Pertama, tumis bawang putih merah bombay cabai di minyak kedelai. Langsung masukin udangnya, tambahkan garam merica gula minyak wijen saus tiram. Oseng. Berhubung aku ga punya saus tomat, aku blender separo tomat trus tuang deh barengan sama paprika, batang brokoli, potongan nanas. Kecilin api, angkat setelah sayuran cukup layu.

image

Satu lagi yang nggak biasa. Themlek or Ranjem.
Buat orang daerahku mungkin ga asing yaa. Makanan ini terbuat dari ampas tahu. Untuk campuran ampasnya kita haluskan bawang merah putih rawit garam gula jawa. Lalu setelah dicampur, balur dengan adonan tepung tempe ( ada yang belum tahu?) trus langsung goreeenggg. Yaaam. Dan ternyata kandungan ampas tahu ga main2 lhoo.. Please check on google, hihi.

image

Setelah semua tersedia di meja makan? Ternyata bapak-ibu ada kondangan, dan itu berarti… Makan siang sendirian. Ooooohhh…

image

Baking – Apple Pie

Bismillahirrahmanirrahim…

Apple hand pies yang gagal terlihat cantik, walaupun tetep enyak..

Apple hand pies yang gagal terlihat cantik, walaupun tetep enyak..

SONY DSC

Jujur, kalau ditanya makanan favorit, agak susah menjawab karena makanan itu bagiku ya 2 golongan. Enak dan sangat enak. Walaupun memang lebih memilih makanan Indo daripada luar. Makanan ini termasuk yang aku suka, meski makannya juga nggak setiap saat. Kalau ada bahan, dan kalau ada waktu. Total baru pernah buat 3 kali, seingatku. Yang pertama berhasil, kedua gagal, yang ketiga yang kemarin ini.

My first apple pie...

My first apple pie…

Susah-susah gampang. Karena teorinya, supaya enak kan kue seperti ini harusnya ngeprul. Jadi remahannya itu banyak. Kemarin praktek, dengan tidak menguleni, hanya diaduk pakai garpu, tapi begitu dibentuk malah susah. Hehe. Ternyata ini karena aku nggak nurut resep, as always. Seharusnya pakai mentega putih beku yang dipotong-potong, tapi karena nggak mau pakai mentega, aku pakai blue band baru yang aroma butter, tapi nggak beku. Hehe.

Niatnya pengen bikin apple hand pie, ya kayak McD apple pie, tapi karena terlalu ngeprul itu (masukin ke kulkasnya juga nggak selama yang seharusnya) jadi aku pakai aluminium. Tapi tetep enak. Betulann, hehe. Oya, lebih enak pakai apel granny smith yang hijau, atau apel malang gitu, dulu waktu pertama bikin pakai itu lebih enak. Ini karena adanya apel merah, ya pakai yang ada saja.

Ini resep yang aku pakai, dengan modifikasi.

Aneka pie.

Resep sukses pie apel.

Kalau Shinichi suka lemon pie, aku suka apple pie 🙂

 

 

Cook – Serial Sehat 6

Bismillahirrahmanirrahim

2 hari kemaren libur yak? Hihi. Ke rumah eyang soalnya. Hari ini pergi ke pasar buat ngisi persediaan kulkas 1 minggu. Kesiangan :3 Jadi nggak dapat banyak, banyaknya sayuran. Perginya nggak ke pasar besar sih. Dan habisnya lumayan banyak karena harganya mahalan.

Masak apa untuk resep rendah kolesterol kali ini?

SONY DSC

How?

Tumis Bawang Putih + Bawang Merah + Cabai di minyak zaitun sauprit, kasih air + daun salam + laos + gula + garam, masukkan kacang panjang dan potongan tempe. Tutup. Udah layu kacang panjangnya? Angkat 😀

SONY DSC

How?

Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih + kunyit + kemiri + garam, tambahkan bawang bombay, jahe keprek. Tuangi air, mendidih, masukkan duri ikan sisa fillet (sudah dikecrutin jeruk nipis ya), wortel, sereh, beri gula + merica + bubuk pala. Wortel matang? Masukkan sisa sayuran yaitu jamur merang + daun bawang + seledri. Matang semua? angkat.

Kids menu. 

SONY DSC

How?

Tentakel cumi ini udah sering kumasak begini. Bagian tintanya, kadang aku males bersihinnya, tapi justru bisa jadi penyedap masakan yang berbeda.

Tumis bawang putih + bombay + cabai. Masukkan cumi + saus tiram + saus tomat + garam + gula + merica. Angkat, cumi nggak perlu lama-lama dimasak.

 

Noted: postingan telat sehari

Cook – Cireng Ayam Keju

Bismillahirrahmanirrahim

 

Tiba-tiba JEGEEERR, pengen bikin cireng. Perasaan punya tepung kanji. Pas dilihat, udah semangat-semangat, abis masak tadi, ternyata yang dipunyai tepung ketan -_-” Eniwei, ternyata setelah diliat ada tepung sagu yang tadinya mau dibikin pearl buat bubble tea, bisa juga pake tepung sagu/tapioka.

SONY DSC

Pake resep yang ini nih. Cuma pengen pake isian, jadi ayam cincang dikasi bawang ama merica. Lupa kalau biar makin sip dikasi ulekan cabeee. Selain ayam, aku kasi juga potongan keju melt. Wiiihh. Oya, adonannya juga kutambahin cincangan daun bawang sama seledri.

Tadi pas awal-awal, karena takut ga kalis aku tambahin tepung terigunya kebanyakan dong. Padahal harusnya, misal tu adonan ga kalis dan masi lengket-lengket, pas mau dibuletin tambahin aja tepung sagunya biar ga nempel-nempel. Abis diisi ayam sama keju, cemplungin dah tuh ke minyak.

Adek sama ibu cemal-cemil tuh pas buka. Hihi. Ayo dicoba. Porsinya pas, nggak terlalu banyak.

Cook – Serial Sehat 2

Bismillahirrahmanirrahim..

Menyambung serial sehat 1 di postingan sebelum ini ya. Hadeh, semoga istiqomah ini maaah.

Apa yang hari ini saya masak?

Ini menu buat si kecil yang doyannya sama goreng-gorengan. Ternyata salmon juga dia nggak begitu suka. -_- alamak..

Salmon Tepung

Salmon Tepung

Bahan :

  1. Salmon fillet (minta sama tukang ikannya, di-fillet)
  2. Jeruk nipis
  3. Tepung beras
  4. Telur kocok
  5. Garam+Merica

Cara:

  1. Kecrutin salmon pake jeruk nipis, kasi garam ama merica
  2. Cemplungin ke telur kocok
  3. Balurin ke tepung beras (enakan pake mangkok yang pinggiran tinggi, bisa dikocok dan lebih hemat tepung)
  4. Goreng di minyak panas sampe kecoklatan
  5. Angkat

Note: Lebih krispi pake campuran tepung terigu + tepung beras, atau bisa juga pake tepung maizena.

Menu Sehat SuperDad

Salmon Bumbu Kemiri

Salmon Bumbu Kemiri

Apa yang kamu lakukan untuk mendapatkan rasa seperti santan? Kemiri jawabannya. Bonusnya, kemiri ini bisa nurunin LDL alias kolesterol jahat.

Bahan:

  1. Salmon, off course. fillet
  2. Cabe merah + Bawang merah + Bawang putih + Garam + Kemiri : haluskan
  3. Jahe potong
  4. Laos
  5. Sereh
  6. Daun salam
  7. Gula

Cara:

  1. Tumis bumbu 2 dengan minyak sa’kecrut, atau dalam bahasa gaulnya sedikiiiit saja. Bisa juga tanpa minyak, pakai teflon.
  2. Tuangi air secukupnya.
  3. Masukkan jahe, laos, sereh keprek, daun salam, gula
  4. Masukkan ikan salmon
  5. Tunggu matang sambil diaduk
  6. Hasilnya? Enak, really.
Sup Oyong

Sup Oyong

Aduh, bosen amat sih sop mulu? Ya biaaarin dong, yang penting bahannya beda, hahaha.

Aduh, bosen juga nulis resep sopnyaaah.

Bahan:

  1. Oyong, potong
  2. Wortel, potong
  3. Tahu putih, potong
  4. Bihun
  5. Daun bawang + seledri (paketan nih, ga boleh lupa si sop)
  6. Pala halus (enakan kalo punya pala bubuk, ga usah ngulek)
  7. Bawang putih + merica + garam + gula (ini paketan sop, jangan lupaa)
  8. Mau gurih boleh tambah ebi (anti-msg cuy)

Cara:

  1. Tumis nomor bawang putih + ebi
  2. Tambah air secukupnya, tunggu mendidih
  3. Masukkan Oyong, wortel, tahu putih, bubuk pala, gula, garam. Tunggu matang.
  4. Yang nomer 3 udah mateng? Masukin daun bawang + seledri.
  5. Terakhir baru masukin bihun, gampang banget mateng, jadi cek konsistensinya.
  6. Angkat, sajikan. Masaknya bentar banget inih.
Tumis Buncis

Tumis Buncis

Aduh biasa banget ini makanan? Kali aja ada nubi yang pengen belajar masak buat suami ya. Aku pertama kali bisa masak itu sop. Tumis baru bisa setelah lama jadi ahli masak sop dan nasgor. Tenaang.

Bahan :

  1. Buncis, bisa dong cara ngebersihinnya? Potongin dah tuh kalo udah bersih dari serabut.
  2. Ayam fillet, potong panjang
  3. Bombay + Bawang merah + Bawang putih + Cabe (Paketan tumis simpel)
  4. Garam + gula (penyedap alami)
  5. Ebi (pengganti MSG)

Cara:

  1. Tumis nomer 3, pake minyak sayur sakecrut atau minyak zaitun/canola. Sekalian ebi kalo suka.
  2. Masukin ayam, tumis ampe warna putih
  3. Masukin garam ama gula
  4. Masukin buncisnya, aduk-aduk
  5. Tambahin air sedikit. Tutup. Biarin mateng.
  6. Mateng? Setengah mateng? Terserah mau seberapa tingkat kematangannya. Angkat, sajikan.

Pegel gak bacanya? Yang nulis lebih-lebih dah… Hehe.

Cook – Sambal Kerang

Bismillahirrahmanirrahim..

Kemarin pas ke pasar sebenernya aku naksir berat sama udang, gede-gede banget coy. Tapi mahal, sekilonya 60 ribu kalo ga salah. Akhirnya aku beli kerang, walaupun nggak terlalu suka tapi penasaran bikin masakan biar suka. Akhirnya setelah searching ke detikfood, aku nemu resep sambal kerang yang dulu pernah bikin aku penasaran.

Resepnya modif sesuai bahan aja sih

  1. Kerang, sudah direbus dan dikupas waktu beli, secukupnya. Beli setengah kilo, dimasak 1/3 nya
  2. Bawang merah 1 siung, bawang putih 1 siung, iris
  3. Cabai merah > haluskan
  4. Serai keprek 1 bh, jahe (aku ga ada), daun jeruk diremas
  5. Garam, minyak, madu, saus tiram

Caranya?

  1. Tumis cabai merah halus, bawang, sampai layu
  2. Masukkan kerang, serai, jahe, daun jeruk
  3. Beri garam, saus tiram, madu
  4. Tunggu sampai meresap
  5. Angkat

Tres bien! Sadaaappp ;p

Sambal kerang

Sambal kerang

Cook – Tumis Bunga Pisang

Bismillahirrahmanirrahim

Tadi pagi ikut ibu ke pasar, terus nemu bunga pisang / jantung pisang kapok, beli deeeh. Pengen ditumis. Selama ini kalo beli kan dimasak santan, jadi sekarang pengen nyoba kaya yang di tipi ituu 😀

Tumis Bunga Pisang

Tumis Bunga Pisang

Bahan :

  1. Jantung pisang, ambil bagian bunganya. Lembaran-lembaran putihnya tetep disimpen buat dilodeh.
  2. Bawang merah putih, iris
  3. Garam
  4. Minyak
  5. Kecap pedas / atau kecap pakai irisan cabe rawit

Cara:

  1. Tumis bumbu sampai layu dan berkembang eh wangi
  2. Masukin bunga pisangnya, tambah garem sama kecap
  3. Oseng sampe layu dan matang
  4. Nikmatin deeeh 😀

Tadi abis masak ini, aku cemilin tu, enakkk. Pake nasi pasti enak banget, tapi sayangnya aku kondangan jadi makan di sono deh. Haha. Selamat mencobah.