350 cc

Bismillahirrahmanirrahim..

Finally! Jadi juga dah donor darah.

Jadi tadi, sambil nunggu ibu nyamperin ke RS, aku niatin donor darah. Biasanya kan di PMI Banyumas, yang di Sokaraja. Berhubung jauh dan nggak sempet ke sana, mendingan donor di samping RS deh.

Karena nggak punya partner in blood donation (partnernya udah di kota lain) akhirnya aku bbm sesama DI yang lagi tugas puskesmas buat nemenin aku. Sendirian bisa sih, cuma jaga-jaga siapa tahu aku pingsan (lagi) post donor. Tapi hari ini sih ngerasa sehat. Makan siang juga dimakan. Fit deh insyaAllah. Cuma khawatir Hb sama tensi nggak memenuhi. Udah gitu kalau tidur, memang selalu tengah malam, padahal harusnya cukup banget tidur kalo mau donor.

Enaknya nih borang donor diisiin, haha. Ga ngisi sendiri. Terus tadi dicek Hb, darahku lemot banget tenggelamnya di larutan cupri sulfat (itu loh, darah perifer dicemplungin ke larutan buat tahu Hb kita). Serem banget kalo sampe ngambang, artinya kita ga bisa donor. Hahaha. Kecewa berat tar. Tensi bagus.

Aku liat jadwal donorku sebelumnya, harusnya aku donor Januari 2013! Bayangkan, udah 1 tahun nggak donoor. Yah selain sibuk, kayaknya ada beberapa kali aku ditolak deh, ckck.

Akhirnya aku ditusuk jarum juga.. Grogi lagi karena udah lama gak merasakan sensasinya. Khawatir macem-macem. Biasanya kalo nusuknya susah, sakit, keluarnya lama, ujung-ujungnya ga enak. Tapi tadi sekali tusuk jadi sih, cuma dibenerin posisinya karena keluarnya lemot banget.

Tadinya seingetku kalo cewek cuma donor 250 cc, tapi ternyata sekarang hampir semuanya 350 cc. Berat badan minimal juga dinaikin jadi 47 kg. Nih hasil darahku.. pekat 😀

DSC_0130

12,1

Bismillahirrahmanirrahim…

12,1.

Pagi tadi ke PMI buat minta SKS, tensi OK, senyam-senyum. Pindah ke bagian donor darah.

“Nggak mau donor sabtu aja? Dapat tupperware lho..”

Mataku membola, tapi,”Enggak ah Bu, takutnya malah sabtu ngga bisa donor.”

Akhirnya si Ibu ngalah. Tensi, lolos. Hb… 12,1. Umm.. “Masih bisa kan Bu?” tanyaku dengan harapan karena 12 batas terendah Hb. “Untuk donor 12,5.”

Temanku, “Berarti memang harus donor sabtu, :D” Sementara dia sendiri gagal di Pemeriksaan Tekanan Darah.

Dan kami berdua pulang dengan hati dan tangan hampa.. eh.. ;p Doakan hari sabtu bisa donor yaa… rasanya gimanaaa gitu udah kelamaan nggak donor.

Donor Darah

Bismillahirrahmanirrahim…

Hayoo, siapa yang suka melakukan kegiatan ini? Aku suka deh, walaupun udah lebih dari 3 bulan belum donor lagi. Minimal kan jarak masing2 waktu donor 3 bulan tuh. Syaratnya udah pada tau kan ya? BB cukup lah, Hb ga rendah, Tensi oke, Tidur cukup, gak lagi sakit, gak lagi dapet, and blabla.

Tadi ada donor darah di RS, depan aula. Aku mupeng bener deh. Cuman sayang, lagi dispepsia ama semalem tidurnya pagi, hampir pasti aku ga bakal kuat donor, pengalaman buruk sih, hehe.

Apa ya yang kukangenin? Kalo abis donor kan dikasih asupan makanan tuh? Mie rebus, telor rebus, susu coklat, malah ada yang dikasih biskuit, kue, kadang aku kalo ada promo dikasih pocari sweat ama mi instan. Makanan biasa aja kan ya, tapi rasanya enaaakk gitu. Puas kali yaa.. Apalagi kalo darahnya lancar keluar dan gak lama-lama, seneng.

Perawat PMI dulu pernah curhat, kalo ambil donor di kedokteran, rata-rata nadinya susah diambil, kecil dan sembunyi. Aku banget lah. Pernah 2 kali tusuk. Jarang olahraga sih. Padahal nyapu ngepel sering juga kok, hehehe.

si pencuri bintang