Cook – Kepiting Goreng Mentega

Bismillahirrahmanirrahim…

Sudah beberapa hari ini kepiting selalu membayangi di pikiran. Apalagi kemarin lihat di jalan ada yang jual kepiting besar hitam tapi sedang nggak bawa uang. Akhirnya tadi pagi belanja kepiting, dapat sih walau nggak besar. Niatnya pingin bikin mi aceh kepiting, tapi masih belum lengkap bumbunya. Jadi bikin kepiting goreng mentega saja deh, biasanya sih bikin yang saus padang-tiram gitu lah ya, tapi bosen.

Patokan buka jam 6 ternyata salah euy, alhasil sudah adzan masih ngublek di dapur. Dibikinin teh sama bapak, hihi sambil lanjut masak. Resep dapet googling sih, rata-rata sama, ambil yang paling simpel.

Bahan :

  1. Kepiting belah 2
  2. Telur
  3. Bawang merah putih + cabai + garam + merica = haluskan
  4. Jeruk nipis
  5. Mentega

Cara :

  1. Rebus air sampai mendidih. Matikan kompor. Cemplungin kepiting supaya setengah matang.
  2. Celupkan kepiting di campuran bumbu halus + perasan jeruk nipis + telur kocok
  3. Goreng kepiting di mentega yang sudah panas
  4. Angkat, sajikan

Berhubung sudah lapar dan males bikin foodography, asal aja deh, lagian berantakan banget penampilannya, hahaha…

Kepiting Goreng Mentega

Kepiting Goreng Mentega

Cook – Rajungan Masak Pedas

Bismillahirrahmanirrahim…

Ini dia hasil bawaanku dari Cilacap sana. Rajungan seharga 40 rb sekilo. Dapat 2 yang besar dan 1 yang kecil. Dan ada 1 yang kayaknya baru ganti kulit, kulitnya agak lembek gitu. Langsung aja deh dimasak untuk menu siang tadi.

Step first

first step

Before - After

Before – After

Karena udah sering posting tentang masak kepiting, bumbunya sama aja sih. Cuma ini pake rajungan, bukan kepiting. Ni resep sebelumnya : kepiting cabe madu.

Mie Aceh Kepiting Made by Lintang

Bismillahirrahmanirrahim….

Ibu beli kepiting! MySpaceYeay. Karena jarang-jarang, jadi aku minta sisain buat bikin mie Aceh. Sebenernya sih aku belum pernah makan mie aceh yang sebener-benernya. Pernah sekali, aku beli yang nggak berkuah, buatan orang yang aslinya Aceh tapi kayaknya lama di sini. Nggak terlalu suka. Nah, temen2 blog pada pamer soal mie Aceh kepiting, ngiler dooong… Hehe. Udah pernah bikin sekali, jadi aku bikin lagi deh.. Nih penampakannyaaaa…. Continue reading

Mie Aceh Kepiting

DSC01207

Description:
Bismillahirrahmanirrahim…

Berhubung kemaren abis beli kepiting+rajungan yang begitu murah… 25 ribu = 1 kepiting 3 rajungan, murah kaan? Jadi kepingin bikin Mie Aceh. Pernah makan sekali, mie aceh goreng, pengen yang berkuah. Setelah 1 kali ampe kebawa mimpi, akhirnya aku mendapatkan bahan terpentingnya… Harus ke supermarket, gara2 di warung sayur deket rumah ga ada 😦 . Btw aku ambil resep dari sini, kuganti jadi kepiting doang : http://resepmasakanindonesia.info/resep-masakan-mie-aceh/ Sebenernya aku nggak terlalu suka masak mie… suka ribet, tapi ternyata masak ini ga ribet, selain mie-nya gak gampang benyek, pake jepitan buat nyampur mie ama kuahnya… Dan inget, yang ALERGI jangan coba2… Aku lupa misahin kepitingnya, jadi ibu ga bisa ikut makan deh.. hehe

Ingredients:
# kepiting > kepiting yang kupake udah dimasak dulu..
# mie basah besar, berhubung ga punya, pake mie telor : rebus secukupnya, buang air, bilas pake air dingin, rendam di air es, buang air, lumuri pake minyak biar ga lengket
# 4 siung bawang putih
# 3 butir bawang merah
# 1 buah tomat, dipotong-potong
# kaldu sapi bubuk sedikit aja, campur air 1 gelas
# taoge
# kol, diiris
# 1 1/2 sendok makan kecap manis
# 1/2 sendok makan garam
# 1 sendok teh gula pasir
# 3 sendok makan minyak untuk menumis
# 1/2 sendok teh cuka
# 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm

Bumbu yang dihaluskan:

* 6 butir bawang merah
* 1 butir kapulaga
* 4 siung bawang putih
* 4 buah cabai merah besar, dibuang biji
* 2 cm kunyit, dibakar
* 1/4 sendok teh jinten
* 1/2 sendok teh merica

Bahan acar:

* 1 buah mentimun buang biji, wortel, bawang merah, cabe rawit dipotong-potong dadu
* 1 sendok teh gula pasir
* 1-2 sendok teh cuka
* 1/2 sendok teh garam

Directions:
Acar:
1. Sayur agak diremas
2. Tambah gula pasir, cuka, garam, aduk, simpan di wadah plastik
3. Masukkan kulkas, tunggu sekitar 1 jam
Mie Aceh

1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu yang telah dihaluskan sampai beraroma harum. Tambahkan kepiting. Aduk sampai rata.
2. Tambahkan tomat, taoge, dan kol. Aduk hingga layu.
3. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, kaldu sapi, dan cuka. Masak sampai meresap.
4. Masukkan mie. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, taburkan daun bawang. Aduk sampai rata.
5. Sajikan mi aceh dengan acar mentimun dan emping goreng.

Segerrrr rasanya 😉
Happy Cooking