Cook – Pizza Thin

Bismillahirrahmanirrahim

Suatu detik tiba-tiba aku pengen banget masak. Oke, bakingPengen banget pie apel, tapi bahannya banyak dan ribet, males. Padahal punya apel ngendon di kulkas. Akhirnya bikin pizza aja deh. Nek wis karep, ya. Padahal aku tahu, yang cinta banget sama pizza (dan makanan italia lain) sedang nggak ada di rumah. Jadi aku bikin yang nggak terlalu buanyak.

Pake resep yang ini. Tapi pake separo je. Emang lebih suka makan pizza yang thin, meski yang kubuat tadi kurang thin.

pizza1

Bahan Bun:

  • 200 gr tepung cakra
  • 4 gr ragi instan fermipan
  • air secukupnya untuk menguleni
  • garam secukupnya
  • minyak kedelai (adanya ini)

Bahan Topping :

  • Saus tomat
  • Bombay separuh, potong besar
  • Paprika hijau separuh, potong melingkar
  • Jamur kancing
  • Keju melt
  • Keju cheddar
  • Garam . Gula . Merica
  • Air
  • Oregano

Cara :

  • Campur tepung, ragi, garam.. beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis
  • Setelah kalis, beri 2 sendok minyak (boleh olive oil), uleni lagi sampai elastis (disuruhnya 15 menit, aku 10 menitan aja kali, pegel)
  • Tutup dan diamkan adonan selama 45 menit (aku nggak sabar, 30 menit aku buka, terus aku tinggal beli keju quick melt jadi sama aja sih kaya 45 menit)
  • Selama menunggu adonan, aku bikin toppingnya
  • Topping : tumis margarin, masukkan bombay, paprika, jamur, beri air, garam, gula, merica, oregano, saus tomat, aduk sampai kental, angkat
  • Setelah adonan mengembang, tusukin pake garpu, biar kempes (bener ga sih ngempesinnya begitu?)
  • Templokin di loyang pizza ukuran 20 cm yang baru aku beli di Intisari (wowww, seneng banget aku, beli loyang pizza seharga 6000an ini, akhirnya aku punya loyang pizza)
  • Harusnya sih ditipisin pake gilingan gitu, tapi aku penyet-penyetin sambil ngepasin adonan yang masih berlebih meski udah seminimal mungkin bikinnya.
  • Akhirnya aku bikin tepiannya pake filling keju quick melt. Tadaaaaa. Setelah jadi, masukin dah tuh topping di atasnya, panggang di oven sampai keju meleleh dan pizza bun-nya mateng, harusnya sih agak coklat gitu kali ya?
step

1 > mulai nguleni 2 > masih nguleni 3 > mulai berbentuk, tutup, diamkan 4 > mengembang, hore

isian

1 > tumis topping 2 > siap panggang

Ada cerita di balik mozzarella.

Jadi, aku beli mozzarella yang potongan kecil di sebuah toko bahan makanan di sini. Udah aku bawa pulang deh tuh, kalau dihitung per harga sekitar 11 ribuan. Sampai rumah aku baru inget kalo aku nggak nanya itu merk apa, yang mana bikin aku ga tahu itu halal atau enggak. Syubhat dah tuh. Terjadi perdebatan dalam hati ini, haha. Kalo pake mozzarella, pizza bisa ada mulur2nya gitu, keren deh.

Motor terlanjur dimasukin, mau pake cheddar doang kok rasanya sayang… bikin cuma sekali-kali. Akhirnya minjem motor pak tukang, ke toko bahan makanan terdekat cari Quick Melt. Nihil! Ke alfamart terdekat, Nihil. Ke Rita, Nihil. Udah mulai kesel dan hampir nyerah, panas banget cuaca, mau balik ke Intisari (toko pertama yang aku datengin buat beli mozzarella) kejauhan. Akhirnya gambling ke Matahari, yang sebenernya biasanya suka gak lengkap. NEMU. Alhamdulillah. Bisa langsung ngacir ke rumah, nerusin bikin pizza yang terhambat karena mozzarella syubhat.

 

pizza2

pizza3

 

Tapi ini lumayan, empuk. Dan dasar bun-nya yang nggak tebal, juga nggak tipis, masih crisp.. tepiannya ada isian keju lumer. Dan aku cuma kuat makan 2 potong hari ini. Masih ada separo lebih masuk kulkas, karena temenku kusuruh dateng tapi kerjaannya belom kelar-kelar. Hihi. Anyone?

Pizza terdahulu nih. Sekarang udah pinteran dikit lah.. 

 

 

Cook – Tteokbokki by Me

Bismillahirrahmanirrahim..

Ada yang liat ga acara tadi siang di salah satu stasiun televisi, tentang kompetisi makanan supersuper pedas. Tadi aku nonton dong, terus, ga tau ada hubungannya atau engga tiba-tiba aku pengen (bikin) tteokbokki. Udah lama pengen bikin sih, tapi males deh. Eh, ndilalah liat postingan Teh Dewi ini, yang bisa ngeganti bahan utama pake otak-otak. Nah, tadi pagi belanja di aa sayur (-_-”) otak-otak deh.

Awalnya mau pake pasta cabe cap belibis (yang kupake waktu bikin Bibimbap) sebagai pengganti gochujang yang walaupun ada di toko Aroma tapi selain mahal juga agak kurang sreg karena ga ada halalnya, tapi aku juga males beli cabe belibis itu, akhirnya aku pake apa yang ada aja as always. Ternyata ada cara bikin gochujang (hot bean chilli pepper) nih, kalau mau repot bikinnya.

Jadi. Apa yang aku lakukan pertama kali?

Teok

  1. Tepung beras (aku nemu yang resep pakai 250 g, tapi aku pakai 200 g kurang, karena cuma mau bikin dikit. Dan ternyata itu jadinya lebih dari 1 porsi, kurangi lagi aja kalau mau icip-icip doang)
  2. Air panas secukupnya
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak wijen secukupnya

Cara buatnya gampang abis.

  1. Sekitar 50 g tepung beras diberi air panas secukupnya tapi jangan keenceran, cukup biar basah semua.
  2. Abis itu sisanya (200 g) dimasukkan ke adonan, tambahkan garam, uleni sampai jadi adonan kalis.
  3. Gulung memanjang, lalu kukus, angkat, potong-potong, lumuri minyak wijen supaya tidak lengket
Teok

Teok

Odeng > diganti otak-otak, potong, goreng

Campurannya > Wortel, Daun Bawang, Kobis (potong memanjang)

Saus

  1. Pasta cabai. (Beli di toko, atau kalau aku bikin manual. Caranya: cabai merah 2 tangkai dan 3 cabai rawit merah direbus. Blender dengan tambahan 2 bawang putih dan minyak, plus cabai bubuk, dan tauco)
  2. Bawang putih (kalau pakenya pasta cabai)
  3. Cabai bubuk
  4. Kecap asin (aku tadi pake kecap biasa, saus tiram, kecap ikan dalam porsi sedikit-sedikit)
  5. Garam Gula
  6. Air

Caranya: Campur semua bumbu saus, masukkan campuran sayur, setelah itu masukkan tteok, terakhir baru masukkan odeng. Sampai sausnya kental, angkat, hidangkaan.

Kalo menurutku ini enyaak! Nggak kaya cilok. Tapi aku lebih suka pake otak-otaknya lebih kerasa, haha. Teok-nya mah rasa beras aja gitu. Makanya kalo cuma pengen aja, bikinnya nggak usah banyak-banyak 😀

Ini yang aslinya dong, warnanya lebih cakep gitu. Katanya sih bubuk cabe korea emang lebih merah.

Tteokbokki asli

Cook – Daging Sapi Brokoli Nanas

Bismillahirrahmanirrahim..

Well, pagi ini dimulai dengan pergi ke GOR sama teman buat makan bubur ayam dan menjelajahi sunmor. Apa yang aku beli? Kentang ulir kepengenan si adek, tanaman bunga mawar putih, bros, kaos kaki 10ribu 3, kacamata baca. Sebenernya kalau aku pinter ngerawat hewan, bisa kubawa pulang juga ikan dan kura-kura, tapi engga, hehe.

Alhasil, jam 10 baru sampai rumah, dan baru berangkat ke pasar jam segitu. Aku pergi ke pasar kecil, yang lebih enak buat beli bahan makanan seminggu ke depan. Dan aku kesiangan. Cuma beli ayam dan daging. Ikan habis, tapi nggak papa, aku emang lagi males bersihin ikan atau cumi atau udang, lama bok.

Sampai rumah, masak salah satu makanan simpel ini. Dan baru kali ini melewatkan bawang putih sebagai bumbu masak, karena habis! Lupa ngecek bahan yang habis di rumah.

How to cook?

  1. Potong bawang bombay(separo saja, potong jadi 4)
  2. Potong daging (boleh dipresto dulu biar empuk), nanas, brokoli, wortel, dengan ukuran sesukanya.
  3. Tumis bombay dengan sedikit minyak di wajan anti lengket
  4. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna
  5. Masukkan garam, lada hitam, gula, aduk
  6. Masukkan kecap dan saus tomat
  7. Masukkan sayuran dan nanas
  8. Tumis hingga sayuran sedikit layu, angkat, sajikan
Daging Sapi Brokoli Nanas

Daging Sapi Brokoli Nanas

Oya, daging sapi benar-benar sedang mahal. Sekilonya 100 ribu. Jadi tadi aku cuma beli setengah, huuu… mahalnya. Dan katanya mau naik lagi.. Pantes aja ikan udah habis, laris manis..

Mata Roda

Description:
Bismillah

Tadinya kukira bulet2 klepon pink gede isi pisang itu namanya Mata Roda, ga taunya beda. Ni mata roda sering banget dibikin tante aku depan rumah. Ibuku suka ni makanan. Kalo aku lebih suka singkong goreng. Tapi berhubung lagi ada singkong dan panenan pisang, aku bikin aja ni makanan.

Ingredients:
Kalo mau takaran pastinya, search resep yang terpercaya aja yak, soalnya as always aku ngga pake takeran alias pake feeling.

1. singkong kupas, sekitar 4 buah diparut. kasi air, peres pake serbet. air peresannya diendapin sebentar, trus endapan acinya dicampurin lagi ke adonan singkong setelah airnya dibuang. (resep dari babe nih)

2. parutan kelapa + garem + kukus 10 menit > buat taburan

3. gula pasir, agar2 swallow 2 warna, vanili bubuk

4. daun pisang ama tusukannya dan PISANGNYA

5. kukusan

Directions:
1. Singkong yang udah diperes dan dicampur acinya sendiri + gula pasir + vanili, campurin, bagi dua

2. Separo adonan kasih agar2 warna merah, separo adonan kasih agar2 warna hijau

3. Siapin daun pisang, taro adonan merah, ratakan, taro pisang yang udah dikupas di atasnya, tumpuk pake adonan hijau sampe pisangnya ketutupan. Gulung dengan rapi. Tusuk pake tusukan.

4. Masukin tu gulungan ke panci kukus bekas ngukus parutan kelapa tadi, tunggu 30 menitan.

5. Buka daun pisangnya, potong miring2, taburi parutan kelapa.

6. Siap disantap dan dibagi ke tetangga.

Kepiting Cabe Madu

Description:
Hari ini emak pulang dari pasar bawa kepiting telur.. Disuruhlah aku masak, karena ibu alergian jadi kalo masak kepiting ga pake dicicip 😀 Aku sih seneng aja. Langsung kepikir masak kepiting saus padang. Beli cabe rawit merah dan bawang bombay di abang sayur.

Ingredients:
1. Kepiting 4 ekor, bersih, dipotong jadi dua. Harga: 50.000
2. Cabai merah 4+ cabai rawit merah 3+ garam = haluskan
3. Bawang putih keprek 3 butir, bawang bombay 1 belah jadi 4
4. Jahe keprek
5. Saus tiram 1 sachet, saus tomat
6. Madu 2 sendok makan, gula pasir
7. Lada hitam atau putih
8. Mentega
9. Jamur kancing (karena ibu mau tumis ni jamur, aku cemplungin aja)

Directions:
1. Tumis cabai + bawang dengan mentega secukupnya.
2. Masukkan kepiting, jahe keprek, saus tiram, guyur air 2 gelas besar
3. Masukkan lada secukupnya, madu 2 sendok, gula pasir, saus tomat
4. Masukkan jamur kancing
5. Bolak-balik kepiting, tunggu berubah warna dan air menyusut
6. Hidangkan deh 😀 Makin pedas makin mantap

Es Lidah Buaya

Description:

Tiba-tiba pengen es lidah buaya. Tapi yang bikin sendiri. Gimana yaaa?

Ingredients:
1. lidah buaya yang besar-besar
2. gula
3. vanili
4. daun pandan
5. garam

Directions:
1. Daun lidah buaya dibuang kulitnya sampai menyisakan isinya saja, biar gampang, kerok pake soled yang tajem, kalo pake pisau suka terlalu tipis. Setelah udah dikerok, potong kecil dadu

2. Setelah dipotong, cuci bersih, tambahkan garam. Ubek-ubek pake garam untuk menghilangkan lendir. Cuci bersih.

3. Masukkan lidah buaya ke air, tambah daun pandan, rebus sampai mendidih. Angkat, tiriskan.

4. Buat sirup: gula, vanili, air, daun pandan, rebus sampai mendidih. Masukkan lidah buaya tadi. Dinginkan.

5. Nikmati dengan es.

Nugget Salmon

Description:
Bismillahirrahmanirrahim

Masih soal salmon yang rasanya nggak gurih. Karena bingung, aku bikin nugget aja mumpung punya tepung roti sisaan. Bahan semua ada.

Ingredients:
1. 1 ekor Salmon ambil dagingnya, haluskan
2. Bawang putih, merica, garam, haluskan
3. Daun bawang potong halus
4. Tepung
5. Telur 2 butir
6. Keju melt in

Directions:
1. Bahan 1 dan 2 dicampur
2. Kocok lepas 1 butir telur, masukkan bahan campuran di atas, masukkan daun bawang, tambah tepung terigu secukupnya untuk memadatkan
3. Bentuk adonan di atas, sesuai selera, kecil saja, tambah potongan keju di tengahnya
4. Celupkan ke kocokan telur, balur dengan tepung roti, goreng,
5. Bisa ditaruh freezer juga buat persediaan, tinggal goreng

Risoles Isi Salmon Keju

Description:
Bismillahirrahmanirrahim

Nggak kapok juga aku beli ikan salmon, walaupun nggak ngerti enaknya masak apa yang sesuai lidah. Akhirnya aku bikin risoles. Pertama kali bikin kulit risol sendiri, resep dapet dari temen tapi tetep modif buat ngehemat bahan, hahaha… Biasa banget. Dan tetep pake feeling. Jadi di sini kucariin resep yang udah ada ya.
Ambil di sini cara bikin kulitnya : http://dapur-cantik.blogspot.com/2008/11/resep-dasar-kulit-risoles-anti-pecah.html

Ingredients:
KULIT RISOL

100 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur ayam, dikocok lepas
250 mL susu cair
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan minyak goreng

ISI
Keju melt in, potong2
1 Telur rebus, belah jadi banyak
2 Salmon potong kubus, tumis pakai bawang bombay dan bawang putih, plus garam

Directions:
KULIT

Siapkan mangkuk agak besar, masukkan semua bahan kulit risoles ke dalamnya.
Kemudian aduk hingga tercampur rata, jangan terlalu lama.
Panaskan wajan dengan sedikit minyak, cukup dioles saja.
Dengan ukuran sesendok sayur, dadar tipis-tipis adonan kulit risoles hingga habis.
Kemudian isi dengan bahan isi yang sesuai dengan selera atau keinginan Anda. > Kalo aku isi: tumis salmon, potongan keju, dan potongan telur
Setelah itu lumuri pake kocokan telur, celup di tepung panir/tepung roti
Goreng deh 😀

Cumi Saus Padang

Description:
Bismillahirrahmanirrahim…

Cumi sekilo 15.000, dipake separo buat masak ini. Yumm

Ingredients:
1. Cumi, bersihkan, buang tulang belakang, potong sesuai keinginan
2. bawang bombai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit merah
3. garam, gula, merica, saus tiram, saus tomat
4. tepung maizena (optional)

Directions:
1. haluskan cabai, keprek bawang putih, iris bambay dan bawang merah> tumis pakai mentega
2. masukkan cumi,
3. tambah garam, gula, merica, saus tiram, saus tomat > nggak perlu banyak2, secukupnya saja
4. masak sampai matang > jangan terlalu lama, nanti alot
5. saat mau diangkat, boleh tambahkan tepung maizena cair untuk mengentalkan kuah

Bolu Kukus Dalmatian

Description:
Bismillahirrahmanirrahim

Akhirnya, setelah sekian lama pengen bikin bolu kukus (lagi) kesampean juga.. Dulu waktu SMP bikin di rumah temen, pake sprite, tapi tadi gak pake.. Aku ambil resep paling simpel dari sini >> http://adekbayi.multiply.com/journal/item/4

Ingredients:
2 btr telur
1 sdt ovalet, 1 sdt baking powder
250 gr gula pasir
½ sdt vanili (lupa masukin, padahal bikin wangi)
300 gr terigu
3 sdm susu bubuk full cream / 3 sdm santan kental > pake susu emak 😀
220 ml air / susu cair > aku pake susu cair
75 gr meises > mumpung punya banyak
kopi/pasta coklat/bubuk coklat

Directions:
Panaskan dandang kukusan sampe mendidih dengan api besar
Kocok telur, gula pasir hingga berbusa, lalu masukkan ovalet, baking powder, kocok hingga putih dan kental
Masukkan bahan kering (Tepung) dan bahan cairan (Susu) bergantian, sambil dikocok dengan kecepatan sedang, setelah rata, langsung matikan mixer, jangan dikocok lagi terlalu lama yah.
Lalu langsung masukkan ke dalam cupcake yg sudah dialasi cetakan bolu kukus
Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan selama 15 menit. Jangan lupa tutupnya dialasin serbet biar air ga netes ke bolu.
Kalau sudah matang dan mekar, angkat deh, dinginkan.
Simpel kaan 😀
Aku juga bikin yang dicampur bubuk kopi sama pasta coklat (coki2)
Jangan lupa kirim tetangga 😀