Cook – Daging Sapi Brokoli Nanas

Bismillahirrahmanirrahim..

Well, pagi ini dimulai dengan pergi ke GOR sama teman buat makan bubur ayam dan menjelajahi sunmor. Apa yang aku beli? Kentang ulir kepengenan si adek, tanaman bunga mawar putih, bros, kaos kaki 10ribu 3, kacamata baca. Sebenernya kalau aku pinter ngerawat hewan, bisa kubawa pulang juga ikan dan kura-kura, tapi engga, hehe.

Alhasil, jam 10 baru sampai rumah, dan baru berangkat ke pasar jam segitu. Aku pergi ke pasar kecil, yang lebih enak buat beli bahan makanan seminggu ke depan. Dan aku kesiangan. Cuma beli ayam dan daging. Ikan habis, tapi nggak papa, aku emang lagi males bersihin ikan atau cumi atau udang, lama bok.

Sampai rumah, masak salah satu makanan simpel ini. Dan baru kali ini melewatkan bawang putih sebagai bumbu masak, karena habis! Lupa ngecek bahan yang habis di rumah.

How to cook?

  1. Potong bawang bombay(separo saja, potong jadi 4)
  2. Potong daging (boleh dipresto dulu biar empuk), nanas, brokoli, wortel, dengan ukuran sesukanya.
  3. Tumis bombay dengan sedikit minyak di wajan anti lengket
  4. Masukkan daging, tumis sampai berubah warna
  5. Masukkan garam, lada hitam, gula, aduk
  6. Masukkan kecap dan saus tomat
  7. Masukkan sayuran dan nanas
  8. Tumis hingga sayuran sedikit layu, angkat, sajikan
Daging Sapi Brokoli Nanas

Daging Sapi Brokoli Nanas

Oya, daging sapi benar-benar sedang mahal. Sekilonya 100 ribu. Jadi tadi aku cuma beli setengah, huuu… mahalnya. Dan katanya mau naik lagi.. Pantes aja ikan udah habis, laris manis..

Advertisements

[Cook] Soto Bandung

Bismillahirrahmanirrahim…

Suatu kali temenku cerita, ibunya yang pinter masak itu masakin soto daging pakai lobak. Wow, keliatannya enaak. Apalagi aku lagi suka-sukanya sama lobak. Akhirnya aku search, ada soto bandung yang komposisinya demikian itu. Karena belum persiapan bahan masakan, jadi setelah sholat ied tadi aku pergi ke pasar langganan.

Semua bahan aku dapet, termasuk bahan rendang yang ibu butuhin. Tapi lobaknya nggak ada! Lobaknya nggak datang dari bandung katanya. Kalau di pasar besar nggak ada, biasanya di sini juga nggak ada. Huwaa, pupuskah harapanku? Aku pergi ke pasar besar, memang sepi, nggak seperti hari biasa. Dan nggak kulihat lobak yang biasanya bertebaran. Aku pulang, mampir ke warung dekat rumah berharap masih ada lobak sisa kemarin, nihil. Itu belum jam sembilan, supermarket belum buka.

Di rumah, setelah nyuci piring dan nyapu, aku mulai nyiapin bahan soto bandung. Bapak-Ibu sibuk di pemotongan qurban. Dan bahan utama belum ada dong, daging + lobak. Aku bergegas ke supermarket terdekat, alhamdulillah banyak lobaaak. Dan kali ini untuk sekian kali aku makin cinta kotaku. Berangkat-beli lobak dkk-pulang hanya sekitar 10 menit saja, karena rumahku memang di tengah kota dan jalanan sepi.

Karena aku malas nulis resep, silahkan klik RESEP ini. Resep yang menurutku simpel untuk sebuah soto. Jadi pertama aku menggoreng kacang kedelai, tidak banyak karena kami tidak terlalu suka kacang ini. Lalu memotong-motong daun bawang, seledri, jeruk nipis, serta mempersiapkan bumbu. Untuk bawang goreng, aku beli yang sudah jadi bungkusan. Lobak dipotong-potong dan direbus.

Daging datang. Langsung saja kubersihkan dan kumasukkan ke panci presto. Nggak sabar rasanya menunggu, setelah seharian pegal masakan belum juga jadi. Bapak-ibu makan di RT-an. Akhirnya setelah kusangka empuk–masih kurang lama ternyata merebusnya–aku angkat dan kupotong besar-besar–meniru salah satu soto enak di sini.

Nah, kaldu-nya siap untuk dijadikan kuah. Kebetulan lemaknya tidak terasa terlalu banyak. Gurihnya cukup, dan rasanya segar. Langsung saja setelah dicapture seadanya, aku dan adikku makan soto + nasi ini. Segaar. Coba kawanku yang di Bandung, miripkah penampilannya? Hehe.

Soto Bandung

Sapi Paprika Keju tabur Tempe

Description:
Hadeh, namanya gak banget daaahhh….

Kemaren malem lauk udah abisbis.. jadi ya bikin aja dulu… karena adanya cuma daging ama tempe, ya udah, dibikin ae

Ingredients:
1. daging sapi
2. tempe, hancurkan
3. paprika merah *nyomot punya si adek,
4. bombay, garlic, garem, merica, cabe rawit
5. kecap manis n saus tiram
6. potongan keju *udah membeku di kulkas,

Directions:
1. tumis bombay, garlic, kasih garem, merica *pake olive oil mumpung punya
2. masukin daging, ama tempe, tumis ampe berubah warna
3. tuang kecap ama saus tiram
4. masukin cabe rawit ama paprika
5. kalo kecap udah meresap ama paprika udah melayu, masukin potongan keju
6. angkat pas keju udah mulai meleleh

Tumis Daging Paprika

Description:
Bismillahirrahmanirrahim….

Ini makanan yang gampang bianget.. jadi cuma butuh daging, ama paprika.. karena ahad kemaren udah beli daging 1/2 kilo ama paprika 2 biji, 1 merah 1 ijo.. bisa buat masak bolak2 karena masaknya sedikit-sedikit.. hwhw

Ingredients:
1. Daging sapi, potong memanjang
2. Bawang bombay, bawang merah, bawang putih, garam, merica
3. Paprika merah dan hijau, potong
4. Kecap

Directions:
1. Tumis bumbu bawang-bawangan… sampai harum
2. Masukkan potongan daging, aduk-aduk sampai berubah warna
3. Tabur garam dan merica
4. Tambahkan kecap secukupnya
5. Masukkan paprika
6. Tumis sampai paprika setengah matang
7. Angkat, sajikan, makan deh,