Cook – Serial Sehat 6

Bismillahirrahmanirrahim

2 hari kemaren libur yak? Hihi. Ke rumah eyang soalnya. Hari ini pergi ke pasar buat ngisi persediaan kulkas 1 minggu. Kesiangan :3 Jadi nggak dapat banyak, banyaknya sayuran. Perginya nggak ke pasar besar sih. Dan habisnya lumayan banyak karena harganya mahalan.

Masak apa untuk resep rendah kolesterol kali ini?

SONY DSC

How?

Tumis Bawang Putih + Bawang Merah + Cabai di minyak zaitun sauprit, kasih air + daun salam + laos + gula + garam, masukkan kacang panjang dan potongan tempe. Tutup. Udah layu kacang panjangnya? Angkat 😀

SONY DSC

How?

Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih + kunyit + kemiri + garam, tambahkan bawang bombay, jahe keprek. Tuangi air, mendidih, masukkan duri ikan sisa fillet (sudah dikecrutin jeruk nipis ya), wortel, sereh, beri gula + merica + bubuk pala. Wortel matang? Masukkan sisa sayuran yaitu jamur merang + daun bawang + seledri. Matang semua? angkat.

Kids menu. 

SONY DSC

How?

Tentakel cumi ini udah sering kumasak begini. Bagian tintanya, kadang aku males bersihinnya, tapi justru bisa jadi penyedap masakan yang berbeda.

Tumis bawang putih + bombay + cabai. Masukkan cumi + saus tiram + saus tomat + garam + gula + merica. Angkat, cumi nggak perlu lama-lama dimasak.

 

Noted: postingan telat sehari

Cook – Serial Sehat 2

Bismillahirrahmanirrahim..

Menyambung serial sehat 1 di postingan sebelum ini ya. Hadeh, semoga istiqomah ini maaah.

Apa yang hari ini saya masak?

Ini menu buat si kecil yang doyannya sama goreng-gorengan. Ternyata salmon juga dia nggak begitu suka. -_- alamak..

Salmon Tepung

Salmon Tepung

Bahan :

  1. Salmon fillet (minta sama tukang ikannya, di-fillet)
  2. Jeruk nipis
  3. Tepung beras
  4. Telur kocok
  5. Garam+Merica

Cara:

  1. Kecrutin salmon pake jeruk nipis, kasi garam ama merica
  2. Cemplungin ke telur kocok
  3. Balurin ke tepung beras (enakan pake mangkok yang pinggiran tinggi, bisa dikocok dan lebih hemat tepung)
  4. Goreng di minyak panas sampe kecoklatan
  5. Angkat

Note: Lebih krispi pake campuran tepung terigu + tepung beras, atau bisa juga pake tepung maizena.

Menu Sehat SuperDad

Salmon Bumbu Kemiri

Salmon Bumbu Kemiri

Apa yang kamu lakukan untuk mendapatkan rasa seperti santan? Kemiri jawabannya. Bonusnya, kemiri ini bisa nurunin LDL alias kolesterol jahat.

Bahan:

  1. Salmon, off course. fillet
  2. Cabe merah + Bawang merah + Bawang putih + Garam + Kemiri : haluskan
  3. Jahe potong
  4. Laos
  5. Sereh
  6. Daun salam
  7. Gula

Cara:

  1. Tumis bumbu 2 dengan minyak sa’kecrut, atau dalam bahasa gaulnya sedikiiiit saja. Bisa juga tanpa minyak, pakai teflon.
  2. Tuangi air secukupnya.
  3. Masukkan jahe, laos, sereh keprek, daun salam, gula
  4. Masukkan ikan salmon
  5. Tunggu matang sambil diaduk
  6. Hasilnya? Enak, really.
Sup Oyong

Sup Oyong

Aduh, bosen amat sih sop mulu? Ya biaaarin dong, yang penting bahannya beda, hahaha.

Aduh, bosen juga nulis resep sopnyaaah.

Bahan:

  1. Oyong, potong
  2. Wortel, potong
  3. Tahu putih, potong
  4. Bihun
  5. Daun bawang + seledri (paketan nih, ga boleh lupa si sop)
  6. Pala halus (enakan kalo punya pala bubuk, ga usah ngulek)
  7. Bawang putih + merica + garam + gula (ini paketan sop, jangan lupaa)
  8. Mau gurih boleh tambah ebi (anti-msg cuy)

Cara:

  1. Tumis nomor bawang putih + ebi
  2. Tambah air secukupnya, tunggu mendidih
  3. Masukkan Oyong, wortel, tahu putih, bubuk pala, gula, garam. Tunggu matang.
  4. Yang nomer 3 udah mateng? Masukin daun bawang + seledri.
  5. Terakhir baru masukin bihun, gampang banget mateng, jadi cek konsistensinya.
  6. Angkat, sajikan. Masaknya bentar banget inih.
Tumis Buncis

Tumis Buncis

Aduh biasa banget ini makanan? Kali aja ada nubi yang pengen belajar masak buat suami ya. Aku pertama kali bisa masak itu sop. Tumis baru bisa setelah lama jadi ahli masak sop dan nasgor. Tenaang.

Bahan :

  1. Buncis, bisa dong cara ngebersihinnya? Potongin dah tuh kalo udah bersih dari serabut.
  2. Ayam fillet, potong panjang
  3. Bombay + Bawang merah + Bawang putih + Cabe (Paketan tumis simpel)
  4. Garam + gula (penyedap alami)
  5. Ebi (pengganti MSG)

Cara:

  1. Tumis nomer 3, pake minyak sayur sakecrut atau minyak zaitun/canola. Sekalian ebi kalo suka.
  2. Masukin ayam, tumis ampe warna putih
  3. Masukin garam ama gula
  4. Masukin buncisnya, aduk-aduk
  5. Tambahin air sedikit. Tutup. Biarin mateng.
  6. Mateng? Setengah mateng? Terserah mau seberapa tingkat kematangannya. Angkat, sajikan.

Pegel gak bacanya? Yang nulis lebih-lebih dah… Hehe.

Cook – Salmon Kukus & Sup Bakso Tahu

Bismillahirrahmanirrahim…

Since hasil lab. si bapak tinggi di kolesterol dan LDL, aku memutuskan jadi chef pribadi. Lumayan repot juga karena bikin menu ternyata nggak gampang. Apalagi si adek sukanya goreng-gorengan, jadi diusahakan ada 2 menu. Bikin makanan rendah kolesterol yang rasanya bisa diterima di lidah juga agak riweuh. Tapi masih mending karena nggak perlu ngurangi garam. Nggak yakin bisa bikin makanan enak tanpa garam dan gula, hiks.

Kalo orangnya mau sih gampang banget tinggal kasih rebus-rebusan. Tapi si bapak juga agak milih makanan ternyata 😮 Wortel aja suka ditinggal di mangkok -_-””’ Jadi aku beli buku resep rendah kolesterol, selain searching di internet dan eksperimen seperti biasa.

Menu kemarin, ini:

Salmon Kukus

Salmon Kukus

Tampilannya aneh deh, nggak kayak yang aku contek. Soalnya salmon ini bukan jenis salmon yang dagingnya merah muda, dagingnya merah tua. Beli di pasar. Salmon mengandung Omega 3, bagus banget buat orang dengan kolesterol tinggi. Aku rada nggak percaya sama rasanya, jadi cuma buat sedikit. Ngukusnya pake wadah tupperware. Ambil resepnya DI SINI.

Sup Bakso Tahu

Sup Bakso Tahu

Sup ini aku ambil resepnya di buku. Tapi dengan modifikasi. Agak ragu masukin garam dan gula karena nggak pengen terlalu banyak, tapi justru rasanya jadi agak hambar.

Bahan:

  1. Minyak zaitun extra light
  2. Wortel (potong)
  3. Tahu sutra
  4. Putih telur
  5. Brokoli (potong)
  6. Lobak (potong dadu)
  7. Daun bawang
  8. Seledri
  9. Bawang putih + bawang bombay + merica + garam + gula

Cara :

  1. Buat bakso tahu : haluskan tahu putih sutra, campur dengan putih telur, beri garam merica sedikit. Goreng sebentar.
  2. Panaskan air.
  3. Tumis bawang putih, bawang bombay, dengan minyak zaitun extra light sedikit saja di panci
  4. Masukkan air secukupnya, tunggu mendidih, beri garam dan merica
  5. Masukkan bakso tahu, wortel dan lobak, tunggu matang
  6. Masukkan brokoli, daun bawang, seledri, beri gula
  7. Angkat
  8. Untuk menambah rasa sedap, bisa ditambahkan ebi pada tahapan 3

Minyak zaitun  jadi kunci sekarang. Minyak ini mengandung campuran antioksidan yang menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar HDL (kolesterol baik). Paling baik mengonsumsi minyak zaitun extra virgin, sebanyak 2 sendok makan (dianjurkan oleh FDA-Badan Pengawas Makanan AS). Minyak zaitun jangan digunakan untuk menggoreng, karena bisa merubah zat yang terkandung menjadi berbahaya. Menumis, boleh. Minyak zaitun Ekstra Light ini yang paling murah namun tidak maksimal dalam khasiatnya. Aku pilih ini karena mau dipakai untuk menumis. Extra virgin bisa juga untuk menumis namun pada kadar panas yang tidak terlalu tinggi.

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiallahu’anha, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda: “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

Cook – Sup Krim Kentang

Bismillahirrahmanirrahim

Ini kesukaan adekku (dan aku juga sih, apa sih yang aku ga suka?). Berhubung punya kentang, terbersitlah niatan buat bikin sup krim kentang. Tapi bahan-bahan belum lengkap, yang ada nanti cuma kaya pure kentang buat MPASI lagi, hihi. Padahal sih memang mirip dan bisa dipake buat MPASI.

Jadi pagi tadi pas ke pasar di cuaca mendung, beli pelengkapnya. Beli ayam fillet, brokoli, pala, bombay. Yang kelupaan beli di warung aja : seledri, susu dancow fullcream.

Pada dasarnya resep ini udah banyak di internet, tinggal pilih lagi punya bahan apa di rumah.

SONY DSC

Bahan :

  1. Kentang, rebus.
  2. Ayam fillet
  3. Brokoli
  4. Pala
  5. Bawang bombay
  6. Bawang putih
  7. Seledri
  8. Susu fullcream/skim > pengennya sih skim, tapi adanya di warung aja
  9. Merica + Garam
  10. Keju
  11. Mentega
  12. Telur, kocok
  13. Maizena

Nah, berhubung aku pake bahan perkedel yang siap goreng, jadi aku tulis aja di sini ya.

Cara bikin perkedel :

  1. Kentang rebus dihaluskan
  2. Campur dengan bumbu garam + merica + bawang putih
  3. Campur dengan telur kocok
  4. Siap digoreng deh. Enak lagi kalo dikasih campuran kornet, seledri, dan/atau bawang merah goreng

Cara bikin Krim Sup:

  1. Rebus ayam fillet dengan tambahan garam + merica sedikit saja (kan sudah ada di adonan perkedel). Air secukupnya saja, gampang kalau nanti mau ditambah.
  2. Tumis bawang bombay cincang dan bawang putih cincang di mentega, sampai harum, sisihkan.
  3. Angkat ayam dari rebusan, kalau sudah matang, lalu sisihkan.
  4. Lalu masukkan adonan perkedel ke dalam air rebusan ayam. Aduk-aduk.
  5. Masukkan tumisan bawang ke dalamnya.
  6. Blender bubur perkedel di atas sampai halus, pure.
  7. Masukkan lagi ke dalam panci. Tambahkan susu yang sudah diencerkan, aduk.
  8. Tambahkan ayam rebus yang sudah dicincang halus, cincangan brokoli, dan seledri cincang
  9. Tambahkan juga parutan keju. Lalu bubuk pala sedikit.
  10. Sesaat sebelum diangkat, diberi maizena encer untuk mengentalkan (ini belum kulakukan karena nunggu pas mau dimakan nanti sore)
  11. Voila, c’est fini.